Tablet berisi kisah Adapa

Myth of adapa,atau jg dikenal sebagai kisah adapa dan makanan kehidupan adalah kisah manusia pertama dalam legenda bangsa sumeria sekaligus merupakan kisah yg menjelaskan penyebab manusia gagal menjadi abadi seperti dewa/tuhan.

kisah adapa menyebar di peradaban bangsa lain, salinan kisahnya jg ditemukan pada periode kasite,1400 sebelum masehi di tel-al-armana, mesir, dan di perpustakaan ashurabanipal milik peradaban asyria 2000 sebelum masehi,seperti epos sumeria umumnya,kisah ini ditulis dalam bentuk puisi.

kisah dimulai dengan penjelasan dewa kebijaksanaan yg bernama ea(enki) menciptakan manusia pertama,yg ia beri nama adapa,yg diciptakan dengan kebijaksaan luar biasa setara dewa,tapi tidak dengan keabadian.adapa adalah manusia setengah dewa,pemimpin utk umat manusia.

pada suati hari adapa sedang mencari ikan dengan kapalnya,sampai muncul gangguan angin dari selatan yg menganggu kapalnya,angin ini merupakan representasi dari dewa ninlil,bawahan dewa anu,sang penguasa langit.adapa yg terganggu menjadi marah dan mematahkan sayap ninlil,sehingga angin berhenti berhembus ke selatan selama 7 hari.

kejadian ini diketahui oleh ea,yg kemudian menganjurkan agar adapa meminta maaf dengan tulus kepada dewa anu,namun apabila dewa anu mengundangnya makan bersama,maka adapa harus menolak makanan dan minuman yg ditawarkan.
,karena ea tahu bahwa makan dan minuman yg ditawarkan anu akan membuat adapa menjadi abadi sehingga tidak akan ada lagi perbedaan antara adapa dengan dewa lainnya(kebijaksanaan dan abadi),dan hal ini lah yg tidak dikehendaki karena ia tidak ingin manusia ciptaan nya menjadi sejajar dengan dirinya,oleh karena itu dewa ea menipu adapa dengan mengatakan bahwa kelak roti dan minuman yg ditawarkan dewa anu adalah racun sebagai hukuman ia mematahkan sayap ninlil.

anu yg terkesan dengan ketulusan adapa kemudian mengundangnya utk jamuan makan,adapa memang menerima undangan dewa anu,namun ia menolak makanan dan minuman yg disajikan atas saran dewa ea, penciptanya.anu yg kebingungan terpaksa harus menerima keputusan adapa yg menyebabkannya gagal mejadi abadi.

akhir kisah ditutup dengan dewa anu menghukum ea karena telah memperdaya adapa,namun keakuratan kisah penutup ini sulit dipastikan karena tablet ketiga,sekaligus tablet terakhir kisah ini mengalami kerusakan parah.

*kisah adapa mngkn mengingatkan kita tentang ayat alkitab ini :

“Behold, the man is become as one of us, to know good and evil; and now, lest he put forth his hand and take also of the tree of life, and eat, and live forever; Therefore the Lord God sent him forth from the garden of Eden”(Genesis 3:22-23)

ketika adam dan hawa tertipu oleh ular yg menganjurkan mereka makan buah pengetahuan/terlarang sehingga diusir tuhan dr taman eden dan kehilangan keabadian,maka adapa tertipu enki sehingga kehilangan kesempatan jd abadi( Sumber )

Adapa , yang pertama dari tujuh orang bijak Mesopotamia ( apkallu [a] ), adalah tokoh mitos yang tanpa sadar menolak karunia keabadian . Kisah ini pertama kali dibuktikan pada periode Kassite (abad ke-14 SM), di tablet fragmentaris dari Tell el-Amarna , dan dari Assur , dari milenium kedua SM. Mitos Mesopotamia menceritakan tentang tujuh orang bijak kuno , yang dikirim oleh Ea , dewa Eridu yang bijaksana, untuk membawa seni peradaban kepada umat manusia. Yang pertama, Adapa, juga dikenal sebagai Uan, nama yang diberikan sebagai Oannes oleh Berossus

Adapa adalah seorang manusia fana dari garis keturunan yang saleh, putra Ea ( Enki di Sumerian), dewa kebijaksanaan dan kota kuno Eridu , yang membawa seni peradaban ke kota itu (dari Dilmun , menurut beberapa versi) . Dia mematahkan sayap Ninlil the South Wind, yang telah membalikkan perahu nelayannya, dan dipanggil untuk bertanggung jawab di hadapan Anu . Ea, dewa pelindungnya, memperingatkan dia untuk meminta maaf dengan rendah hati atas tindakannya, tetapi tidak untuk mengambil makanan atau minuman ketika dia di surga, karena itu akan menjadi makanan kematian. Anu, terkesan oleh ketulusan Adapa, menawarkan makanan abadi, tetapi Adapa mengindahkan nasihat Ea, menolak, dan karena itu melewatkan kesempatan untuk keabadian yang akan menjadi miliknya.

Paralel samar dapat ditarik ke kisah Kejadian, di mana Adam dan Hawa diusir dari Taman Eden oleh Yahweh, setelah mereka makan dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat , sehingga mendapatkan kematian.  Paralel juga jelas (pada tingkat yang lebih besar) dengan kisah Persephone yang mengunjungi Hades, yang diperingatkan untuk tidak mengambil apa-apa dari kerajaan itu. Stephanie Dalley menulis “Dari Erra dan Ishum kita tahu bahwa semua orang bijak dibuang … karena mereka membuat marah para dewa, dan kembali ke Apsu, di mana Ea tinggal, dan … ceritanya … berakhir dengan pengusiran Adapa( Wikipedia )

KRONOLOGI CERITA ADAPA

Kita urut kan cerita kronologi Adapa:

1) Dewa kebijaksanaan yg bernama ea(enki) menciptakan manusia pertama,yg ia beri nama adapa,yg diciptakan dengan kebijaksaan luar biasa setara dewa,tapi tidak dengan keabadian.adapa adalah manusia setengah dewa,pemimpin utk umat manusia.

2)pada suati hari adapa sedang mencari ikan dengan kapalnya,sampai muncul gangguan angin dari selatan yg menganggu kapalnya,angin ini merupakan representasi dari dewa ninlil,bawahan dewa anu,sang penguasa langit.adapa yg terganggu menjadi marah dan mematahkan sayap ninlil,sehingga angin berhenti berhembus ke selatan selama 7 hari.

3)kejadian ini diketahui oleh ea,yg kemudian menganjurkan agar adapa meminta maaf dengan tulus kepada dewa anu

4)namun apabila dewa anu mengundangnya makan bersama,maka adapa harus menolak makanan dan minuman yg ditawarkan.

5)oleh karena itu dewa ea menipu adapa dengan mengatakan bahwa kelak roti dan minuman yg ditawarkan dewa anu adalah racun sebagai hukuman ia mematahkan sayap ninlil.

6)anu yg terkesan dengan ketulusan adapa kemudian mengundangnya utk jamuan makan,adapa memang menerima undangan dewa anu,namun ia menolak makanan dan minuman yg disajikan atas saran dewa ea, penciptanya.anu yg kebingungan terpaksa harus menerima keputusan adapa yg menyebabkannya gagal mejadi abadi.

7)akhir kisah ditutup dengan dewa anu menghukum ea karena telah memperdaya adapa,namun keakuratan kisah penutup ini sulit dipastikan karena tablet ketiga,sekaligus tablet terakhir kisah ini mengalami kerusakan parah.

8) Stephanie Dalley menulis “Dari Erra dan Ishum kita tahu bahwa semua orang bijak dibuang … karena mereka membuat marah para dewa, dan kembali ke Apsu, di mana Ea tinggal, dan … ceritanya … berakhir dengan pengusiran Adapa

DI JIPLAK PENULIS  TORAH

Kisah di atas di klaim Atheist di jiplak oleh penulis Torah Musa yakni ayat:

Behold, the man is become as one of us, to know good and evil; and now, lest he put forth his hand and take also of the tree of life, and eat, and live forever; Therefore the Lord God sent him forth from the garden of Eden”(Genesis 3:22-23)

22. Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

23. Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

Namun penulis Torah mengembang kan cerita dengan susunan lebih lanjut.ada nya ular penggoda,yang terpedaya Adam dan Eva.

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN KISAH ADAPA DAN ALKITAB

1)Adapa di ciptakan Dewa Ea/Enki====)Alkitab Adam di ciptakan Yahweh

2)Adapa mencari ikan di ganggu angin Dewa Ninlil bawahan Anu=====)Adam berada di dalam surga

3)Adaba mematah kan sayap ninlil======)tidak ada keserupaan dengan Adam

4)Ea/enki menyuruh Adapa meminta maaf pada dewa Anu=====)tidak ada keserupaan dengan Adam Alkitab

5)namun apabila dewa anu mengundangnya makan bersama,maka adapa harus menolak makanan dan minuman yg ditawarkan=====)Alkitab berkata Yahweh yang melarang makan buah

6)5)oleh karena itu dewa ea menipu adapa dengan mengatakan bahwa kelak roti dan minuman yg ditawarkan dewa anu adalah racun sebagai hukuman ia mematahkan sayap ninlil.====)Alkitab:Yahweh melarang namun tidak di sebut menipu

7)anu yg terkesan dengan ketulusan adapa kemudian mengundangnya utk jamuan makan,adapa memang menerima undangan dewa anu,namun ia menolak makanan dan minuman yg disajikan atas saran dewa ea, penciptanya.anu yg kebingungan terpaksa harus menerima keputusan adapa yg menyebabkannya gagal mejadi abadi.=====)Alkitab yang menyaran kan Yahweh….Anu penjamu dalam Alkitab ular penggoda.

8)akhir kisah ditutup dengan dewa anu menghukum ea karena telah memperdaya adapa====)Dalam Alkitab yang memperdaya Adam ular…dan ular itu di hukum juga

9)Stephanie Dalley menulis “Dari Erra dan Ishum kita tahu bahwa semua orang bijak dibuang … karena mereka membuat marah para dewa, dan kembali ke Apsu, di mana Ea tinggal, dan … ceritanya … berakhir dengan pengusiran Adapa=====)Adam dan Eva di usir

TEORI ASAL CERITA

Teori ini oleh Atheist di sebut Asumsi…atau asumsi bukan teori?….setidak nya saya ber teori bahwa cerita Adapa mengambil ide dari cerita yang lebih tua.yakin cerita Adam di larang Allah makan buah Khuldi….tetapi Adam melanggar nya dengan godaan iblis hingga di usir dari surga….cerita ini di ceritakan Adam dan Hawa pada anak-anak nya hingga menjadi cerita oral saat itu.hingga cerita ini di sumeria di obah dengan cerita setting lain nya.cerita ini di karang oleh ahli-ahli bidat dan ahli  cerita yang merusak agama Tauhid.atau cerita ini sudah simpang siur lalu di karang setting lain  nya dengan Adapa mencari ikan.jadi melenceng jauh dari kisah asli nya.

TAURAT ASLI MUSA BAGAI MANA?

Kembali pada teori….Taurat asli Musa tentu nya Taurat yang beda dengan Taurat kita yang sekarang ini.

Al-Baqarah / Madinah (2:53)

53. Dan (ingatlah), ketika Kami berikan kepada Musa Al Kitab (Taurat) dan keterangan yang membedakan antara yang benar dan yang salah, agar kamu mendapat petunjuk.

Kisah Adam dan hawa tentu nya sama dengan Quran tentang di goda Iblis….tetapi ketika Taurat asli Musa hilang penulis ulang Taurat kehilangan narasi asli maka mereka menulis yang teringat saja dari generasi sebelum nya dan juga menyalin nya dari Sumeria dengan anggapan cerita ini ada kecocokan dengan yang ada pada israel….wallahualam.

JIKA SAMAWI MENJIPLAK ADAPA

Maka efek Domino nya tidak ada Tuhan pencipta di alam semesta ini…agama hanya hasil jiplak menjiplak dari kebudayaan sebelum nya.contoh Alkitab menjiplak Adapa….quran menjiplak Alkitab….Quran menjiplak juga zoroaster….jadi jiplak menjiplak beruntunan.

Apakah sesederhana itu kesimpulan nya?saya tidak sependapat….sebab alam semesta teratur dan hebat serasi penciptaan nya mustahil tidak ada Tuhan pencipta nya.bukti-bukti kenabian Muhammad seperti Mukjizat dan nubuat bukti Allah itu ada dan menyampai kan pesan Nya pada manusia.hingga saat ini Quran kitab paling bertahan hidup di banding kitab zoroaster,kitab agama-agama kuno lain nya di iringi dengan mukjizat mudah di hapal hingga anak kecil sekalipun.ketahanan islam tidak hancur total walau di serbu Mongol dan di jajah berabad-abad.

Jadi justru Adapa menjiplak kisah Adam tetapi di modif dengan bentuk cerita settingan lain.nampak nya orang-orang zaman itu hiburan nya hanya dengan kisah-kisah dongeng bualan yang mengambil ide dari kisah yang memang nyata…jika kita membaca Tablet lengkap Gilgamesh kita mendapati pengarang nya punya daya imajinasi tinggi mengarang cerita dengan salah satu nya mengambil cerita nyata Nuh…isi nya miskin pendidikan moral dan Akhlak dan ada bagian yang mesum…menunjuk kan otak mesum pun ada pada penulis-penulis dongeng dari bangsa Sumeria.

CERITA ADAM DAN HAWA VERSI MANA YANG PALING BENAR?

Sebagai muslim saya yakin cerita Adam dan hawa versi quran versi yang paling benar dari cerita Adam dan hawa sejak di surga hingga di lempar ke bumi.cerita versi quran lebih menakjub kan di sertai cerita tujuan manusia di ciptakan dan ada nya protest dari malaikat.cerita ini harus nya menjawab Atheist mengapa Tuhan tidak adil menciptakan alam penuh pertumpahan darah dan penderitaan?

Jadi cerita versi Sumeria dan Torah tulisan ulang adalah versi cerita yang salah.bukti kesalahan dua versi cerita itu cerita itu sama-sama bercerita banjir adalah global .maka dua sumber itu tentu tidak akurat….versi quran lah yang paling akurat…sejarah Adam dan Hawa yang paling benar hanya pada quran