Pihak kristen dan Ateist mengkritik ayat ini tak selaras dengan BIGBANG walau pun muslim sering mengutip nya:

Allah berfirman :

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS Al-Anbiya’ : 30).

Mereka pada umum nya menyanggah dengan mengatakan ayat itu tak selaras dengan teori Big bang karena ayat itu mengatakan langit dan bumi jadi satu lalu terpisah.kesalahan nya adalah dalam ayat itu bumi sudah tercipta waktu materi alam mengumpul,lalu bola bumi terpental berpisah dari langit.

Padahal bumi baru terbentuk setelah ledakan dahsyat……dan usia langit/galaksi lebih tua dari bumi.bumi baru terbentuk kl 4 milyar tahun lalu .Bumi diperkirakan terbentuk akibat akresi yang terjadi pada masa itu.akresi adalah bertumbuhnya sebuah objek yang besar di mana gravitasi objek tersebut menarik lebih banyak materi.

JAWAB

Di tulisan disini sudah saya jawab maksud langit dan bumi menyatu dengan kalimat:

langit dan bumi dulu nya satu padu lalu kami pisah kan antara kedua nya.bukan berarti bumi sudah tercipta masa padat dan panas nya alam semesta.namun arti ayat di atas seakan Allah berkata:….langit dan tempat kedudukan bumi kamu ini dulu nya satu padu,lalu kami pisah kan tempat kedudukan bumi kamu dengan langit.lalu ketika sudah terpisah di cipta bumi selama 4 masa di tempat kedudukan nya yang sudah terpisah dari langit

Kini saya mempunyai tafsiran yang lain mengenai ayat di atas….maksud langit dan bumi dulu nya satu padu lalu kami pisah kan bukan berarti bumi sudah terbentuk sebelum pemisahan.maksud nya materi-materi bumi yang kamu tinggali dulu nya dalam keadaan bersatu dengan langit.jadi unsur bumi yang kamu tinggali kini dulu nya bersatu dengan langit lalu di pisah kan.bukan berarti bola bumi sudah tercipta sebelum ledakan.

bukan berarti bola bumi terpental pada saat Big bang.tapi unsur2 bakal materi bumi dulu nya bersatu dengan langit.tafsiran tempat kedudukan bumi juga tepat.jadi ayat nya seakan Allah berkata:

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan(unsur-unsur pembentuk materi) bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS Al-Anbiya’ : 30).

Bisa juga tempat kedudukan Bumi.jadi unsur2 pembentuk Bumi dulu satu padu dengan langit lalu di pisah kan Allah.jadi bukan berarti Bumi sudah tercipta pada saat satu padu dengan langit.hal ini di dukun ayat Quran lain nya bahwa penciptaan bumi terjadi setelah peristiwa pemisahan itu:

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”. Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.  Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS Al Fusilat : 9-12)

Dari ayat itu jelas Bumi tercipta setelah pemisahan:

1)langit/alam semesta masih berupa Asap

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap,

Jadi sebelum langit di cipta menjadi 7 lapis,langit itu masih berupa asap.mungkin masih pada tahap awal setelah Big bang masih menyisakan panas.perihal mana yang di ciptakan langit atau bumi dulu silahkan baca di sini .

2)Di ciptakan bumi

Langit baru berupa asap belum terbentuk dan di susun harmoni oleh Allah.mungkin panas pasca Big bang atau asap dengan makna lain nya,kita tak tahu apa yang terjadi milyaran tahun lalu.lalu setelah Big bang selang beberapa milyar tahun baru Allah menciptakan bumi

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”. Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

Jadi jelas di ciptakan bumi dalam Quran bukan pada saat alam semesta masih menyatu dan merapat,tetapi setelah Big bang.

3)Lalu langit di ciptakan

perlu di ketahui langit/alam semesta sudah ada dalam ayat quran sebelum bumi tetapi berupa asap.setelah di ciptakan bumi maka langit yang berupa asap itu mulai di ciptaka(di susun secara harmoni)atau mungkin juga di jadikan menjadi 7 lapis langit

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.  Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya.

Nah maksud nya adalah ketika alam semesta/langit masih berupa asap milyaran tahun lalu setelah Big bang,Allah menciptakan bumi selah beberapa milyar tahu setelah Big bang….lalu bumi tercipta langit/alam semesta masih berupa asap.lalu Allah ciptakan langit itu dalam 2 masa,dalam arti nya menghilang kan asap-asap itu yang menutupi alam semesta,lalu menjadikan 7 lapis langit harmonis,lalu mengatur urusan-urusan langit

Dari dalil quran di atas jelas quran menunjuk kan bumi belum tercipta pada saat kerapatan alam semesta.hanya tercipta setelah Big bang.wallahualam.dan hanya Allah yang maha tahu apa terjadi milayarn tahun lalu.

 

Iklan