Surat Ibrani 1:7-12 pada naskah Papirus 114,

Orang-orang kristen pasti mengetahui ada nya surat ibrani dalam perjanjian baru yang kini di yakini para kristen di tulis oleh Paulus tarsus.tapi benarkah demikian?mungkin banyak kristen tidak tahu sejarah gelap surat ibrani hingga menjadi kanon di Alkitab perjanjian baru.berikut fakta-fakta bagi surat Ibrani:

banyak link ke wikipedia tidak saya matikan agar pembaca muslim giat mempelajari asal muasal terbentuk nya ke kristenan hingga dapat melakukan kritik tajam atas historitas kitab-kitab kristen dan sejarah awal kristen

EUSEBIUS MERAGUKAN SURAT IBRANI TULISAN PAULUS

Eusebius dari Kaisarea(260/265-339/340)meragukan bahwa surat ibrani di tulis oleh Paulus( Sources )“beberapa telah menolak Surat Ibrani, mengatakan bahwa itu dibantah oleh gereja Roma, dengan alasan bahwa itu tidak ditulis oleh Paul

Tak hanya surat ibrani,Eusebius juga mengutip dari Dionysius yang meragukan kitab wahyu sebagai kitab suci.penisbatan kepada yohanes merupakan kekeliruan fatal.pengarang kitab itu bukan 12 rasul atau seorang salih,tpi seorang kafir dan mulhid yang menisbatkan karangannya kepada yohanes.meskipun demikian ,dionysius mengaku tak dapat menghilangkan kitab itu dari dftar kitab suci.lantaran banyak penganut kristen pada jamannya mengagung agungkan kitab itu.EUSEBIUS SENDIRI PERTAMA MENYANGKA kitab itu karangan orang yang beroleh ilham.nyatanya bukan

MODERN BIBLICAL SCHOLARSHIP MENGANGGAP SURAT IBRANI PENULIS NYA TIDAK DI KETAHUI

Keilmuan Alkitab modern menganggap bahwa surat ibrani tak di ketahui siapa penulis nya( Alan C. Mitchell,Ibrani(Liturgi Press, 2007) halaman 6.)

mungkin ditulis dalam imitasi yang disengaja dari gaya Paul(Bart Erhman dalam buku nya: Writing in the Name of God–Why the Bible’s Authors Are Not Who We Think They Are (HarperCollins, 2011) page 23.) dan juga oleh Clare K. Rothschild,dalam buku nya :Hebrews as Pseudepigraphon: The History and Significance of the Pauline Attribution of Hebrews (Mohr Siebeck, 2009) page 4.

PADA AKHIR ABAD PERTAMA TAK ADA KONSENSUS SIAPA PENULIS SURAT IBRANI

Pada akhir abad pertama tidak ada konsensus mengenai identitas penulis. Clement dari Roma , Barnabas , Rasul Paulus , dan nama lain yang diusulkan. Lainnya kemudian menyarankan Lukas Penginjil , Apolos dan Priscilla mungkin penulis.

Hippolytus (170-236 M) dari Roma membantah itu ditulis oleh Paulus.

 MESKI SURAT IBRANI TAK BERNAMA,VERSI ASLI ALKITAB KING JAMES VERSION MEMBERI JUDUL :SURAT RASUL PAULUS KEPADA ORANG IBRANI

Meskipun tidak ada penulis bernama, asli King James Version dari Alkitab berjudul pekerjaan “Surat Paulus Rasul Ibrani”. Namun, atribusi KJV untuk Paul hanya menebak, dan saat ini dibantah oleh penelitian terbaru.  jauh gaya yang berbeda, fokus teologis yang berbeda, pengalaman spiritual yang berbeda, berbeda Yunani kosakata-semua diyakini membuat kepenulisan Paulus Ibrani semakin tidak dapat dipertahankan.

SURAT IBRANI TERMMASUK GOLONGAN ANTILEGOMENA

Antilegomena , langsung transliterasi dari Yunani ἀντιλεγόμενα , mengacu pada teks tertulis yang keaslian atau nilai yang disengketakan

antilegomena atau “tulisan sengketa” yang banyak dibaca dalam Gereja Awal dan termasuk Surat Yakobus , yang Surat Yudas , 2 Petrus , 2 dan 3 YohanesKitab Wahyu , yang Injil Ibrani , yang Surat IbraniWahyu PetrusKisah PaulGembala Hermas , yang Surat Barnabas dan Didache . Istilah “sengketa” itu tidak boleh disalahpahami berarti “palsu” atau “sesat.” Ada ketidaksepakatan dalam Gereja Awal pada apakah atau tidak teks masing pantas Status kanonik.

Begitu wikipedia menulis

Saya katakan:justru kesesatan kodifikasi kitab kristen hanya dengan keputusan manusia bentuk dari kesesatan kristen selama ini,di mana wahyu Tuhan di putus kan benar atau tidak nya dari Tuhan hanya dengan rembukan dan keputusan manusia.

AKHIR NYA DENGAN KEPUTUSAN MANUSIA SURAT ITU DI MASUK KAN DALAM KANON

Wikipedia menulis:

Akhirnya diterima sebagai kitab suci karena teologi suara, presentasi fasih, dan faktor intrinsik lainnya( Powell, Mark A. Introducing the New Testament: a historical, literary, and theological survey. Baker Academic, 2009)

Pada dewan dari Carthage (397 & 419 CE) itu diterima bahwa Ibrani adalah Pauline dan ditegaskan dalam dewan Trent (1545-1563) (Vincent, 1886)..namun penerimaan itu penerimaan buta dan dusta tampa argument.

ABAD KE 4 JEROME DAN AGUSTINUS HIPPO MENDUKUNG SURAT IBRANI TULISAN PAULUS

Wikipedia menulis:

In the 4th century, Jerome and Augustine of Hippo supported Paul’s authorship

Itulah kekonyolan penetapan apakah ini kitab suci atau bukan hanya dari keputusan manusia yang hidup jauh setelah surat itu di tulis.jadi wahyu atau tidak di tentukan oleh manusia.dari surat yang tak di ketahui siapa penulis nya pun bisa menjadi kitab suci hanya dengan keputusan manusia….itulah sejarah tragis penetapan susunan perjanjian baru.

PERDEBATAN BERLANJUT

Wikipedia menulis:

Banyak sarjana sekarang percaya bahwa penulis adalah salah satu murid Paulus atau rekan, mengutip perbedaan gaya antara Ibrani dan yang lainnya surat-surat Paulus . penelitian terbaru telah disukai gagasan bahwa penulis mungkin seorang pemimpin jemaat yang didominasi Yahudi kepada siapa ia menulis.

Sarjana Alkitab sekarang mulai meraba-raba siapa penulis surat ibrani,setelah tak mengetahui siapa nama penulis sesungguh nya.jika analisa di atas benar maka sudah selayak nya alkitab PB modern mengeluar kan surat ibrani dari perjanjian baru

KEBINGUNGAN BERLANJUT:PENULIS SURAT IBRANI BUKAN PAULUS,TETAPI PRISCILLA

Priscilla adalah pengikut Paulus…dan selalu bekerja dan mengikuti paulus.nama suami nya adalah Akwila.(Roma 16:3)………..a juga dianggap oleh beberapa orang sebagai penulis anonim dari Surat Ibrani( Hoppin, Ruth. Priscilla’s Letter: Finding the Author of the Epistle to the Hebrews. Lost Coast Press, 2000)

Percaya penulis adalah Priscilla, Hoppin berpendapat bahwa nama itu dihilangkan baik untuk menekan kepenulisan perempuan, atau untuk melindungi surat itu sendiri dari penindasan… Harnack percaya surat itu ditulis di Roma-tidak kepada Gereja, tetapi untuk lingkaran dalam.

Donald Guthrie ‘s komentar Surat kepada orang Ibrani (1983) menyebutkan Priscilla dengan nama sebagai penulis yang disarankan.

ORIGENES MENGATAKAN HANYA ALLAH SAJA YANG TAHU PENULIS SURAT IBRANI

Origenes menulis sebuah surat:

Who wrote the epistle is known to God alone( Siapa yang menulis surat itu hanya diketahui Tuhan)

Itulah kelucuan pembentukan kanon Alkitab perjanjian baru.banyak kitab-kitab dan surat-surat di pilih berdasar dugaan-dugaan manusia.Bapa-bapa gereja mendapat kan salinan surat ini tetapi tidak di ketahui siapa yang menulis.lalu di pakai,di pertentangkan dan akhir nya di terima dengan keputusan manusia juga

DAN KINI SURAT IBRANI MASUK DALAM TULISAN PAULUS DALAM PERJANJIAN BARU

Perjanjian baru kini memasuk kan surat ibrani sebagai tulisan Paulus.itu adalah bentuk pembohongan dan pembodohan dalam agama kristen,di mana surat yang bukan tulisan Paulus bahkan tak bernama lalu secara dusta di anggap sebagai tulisan Paulus.anda dapat melihat dalam daftar kitab suci perjanjian baru,surat ibrani di masuk kan dan secara dusta di nisbat kan kepada Paulus sebagai penulis.

Dan lucu nya,status suatu kitab suci di tentukan oleh pemilihan manusia,dan tampa argument yang memuas kan.seperti kasus kitab wahyu,Dionysius sudah mengetahui kitab wahyu bukan lah kitab suci,tetapi berhubung banyak orang kristen mengagung kan kitab itu maka ia tak dapat menghilang kan nya.jadi kitab tampa kejelasan siapa yang menulis itu memasuki PB karena hanya pengagungan,bukan karena argument yang memuas kan.

Contoh lagi Comma Johannenum di hilang kan Erasmus dalam edisi pertama Textus Receptus tahun 1516…Tidak adanya Comma dari dua edisi pertama mendapat respon tajam dari gereja dan cendekiawan

Menghadapi kritik itu Erasmus berjanji akan memasuk kan koma jika ia menemukan nya dalam satu naskah Yunani jika ada.dalam edisi tahun 1522 koma di masuk kan lagi dengan catatan kaki  panjang tentang kecurigaan mengenai ayat itu.

Perubahan ini masuk ke dalam Textus receptus,lalu menjadi sumber utama King James Version…demikian cara pembentukan kitab suci kristen,berangkat dari praduga,desakan,pengagungan,pilihan dan dukungan manusia dll tampa argument yang memuaskan.

Iklan