Kitab wahyu adalah kitab terakhir dalam perjanjian baru.penulis nya di klaim para kaum konservatif kristen kolot sebagai tulisan sang Rasul Yohanes bin zebedeus…..padahal klaim itu masih di ragukan dan simpang siur bahwa tulisan itu tulisan Rasul Yohanes.apa sebenar nya isi kitab wahyu itu?

1)Kitab wahyu di klaim wahyu Allah dan yesus

1. Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.2. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya(wahyu 1:1-2)

2)Kitab wahyu di klaim pengelihatan dari Yohanes

2. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya(Wahyu 1:2)

11. katanya: “Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia.”(wahyu 1:11)

19. Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.(wahyu 1:+19)

3)Kitab wahyu di klaim sebagai Nubuat yang telah dekat

3. Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat(Wahyu 1:3)

1. Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

7. Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin(wahyu 1:7)

9. Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.(Wahyu 1:9)

Jadi penulis kitab wahyu yang bernama Yohanes sedang menunggu kedatangan yesus di pulau Patmos….mereka meyakini Yesus,akhir zaman dan kerajaan Yesus,anak manusia akan datang pada masa generasi mereka di abad ke 1 masehi…..sayang nubuatan ini gagal……sehingga seorang paus Roma pada masa itu kecewa akan nubuatan meleset ini.

Jadi menurut ayat-ayat injil di hubungkan kitab wahyu di atas,segala pengelihatan Yohanes tentang masa depan terutama tentang datang nya yesus(anak domba)terjadi pada masa generasi 12 Rasul..

4)Kitab wahyu di klaim pengelihatan Yohanes untuk masa ini dan masa depan

19. Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.(wahyu 1:4)

1. Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.(Yohanes 4:1)

5)Penulis kitab wahyu mengklaim ia naik(mikraj)ke sorga

1. Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.

2. Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.(wahyu 4:1-2)

Berikut Kronologis Kitab wahyu yang di klaim di tulis oleh Yohanes,saya menulis kronologis nya singkat saja untuk membahas sesuatu?apa itu?lihat saja di bawah nanti…

1)Yohanes melihat kedatangan yang di klaim sebagai Yesus yang telah mati dan bangkit(Wahyu 1:12-20)

2)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Ephesus(Wahyu 2:1-7)

3)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Smirna(Wahyu 2:8-17)

4)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Tiatira(Wahyu 2:18-29)

5)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Sardis(wahyu 3:1-6)

6)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Filadelfia(Wahyu 3:7-13)

7)Yohanes di suruh menulis buat jemaat di Laodikia(wahyu 3:14-22)

8)Yohanes naik ke sorga untuk di perlihat kan apa yang akan terjadi(Wahyu 4:1)

9)Muncul tokoh seekor anak domba seperti telah di sembelih(wahyu 4:6)

10)anak domba itu menerima gulungan kitab(Wahyu 4:7)

11)Anak domba membuka materai yang pertama dari kitab(Wahyu 6:1)

1. Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai(wahyu 5:1)

1. Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dan aku mendengar yang pertama dari keempat makhluk itu berkata dengan suara bagaikan bunyi guruh: “Mari!”(Wahyu 6:1

12)Anak domba membuka materai yang ke dua(wahyu 6:3)

13)Anak domba membuka materai yang ke tiga(Wahyu 6:5)

14)Anak domba membuka materai yang ke empat(wahyu 6:7)

15)Anak domba membuka materai yang ke lima(wahyu 6:8)

16)Anak domba membuka materai yang ke enam(wahyu 6:12)

17)Anak domba membuka materai yang ke tujuh…..nanti di bawah

18)Yohanes melihat 4 malaikat di 4 penjuru bumi yang bertugas merusak bumi dan laut(wahyu 7:1-3))

19)Di materai kan di dahi 144.000 dari semua suku israel(Wahyu 7:3-8)

20)kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. (wahyu 7:9)

21)semua malaikat berdiri mengelilingi takhta dan tua-tua dan keempat makhluk itu; mereka tersungkur di hadapan takhta itu dan menyembah Allah, (wahyu 7:10)

22)Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka(wahyu 7:22)

23)Aanak domba membuka materai yang ke tujuh(Wahyu 8:1)

24)7 malaikat di beri 7 sangkakala(wahyu 8:2)

25)7 malaikat bersiap-siap meniup sangkakala(wahyu 8:6)

26)Sangkakala pertama di tiup(wahyu 8:7)

27)Sangkakala kedua di tiup(wahyu 8:8)

28)Sangkakala ketiga di tiup(wahyu 8:10)

29)Sangkakala ke empat di tiup(wahyu 8:12)

30)Sangkakala kelima di tiup(wahyu 9:1)

31)Sangkakala ke enam di tiup(wahyu 9:13)

32)Sangkakala ke tujuh di tiup(wahyu 9:15)

33)Dua nabi yang menjadi siksaan bagi semua orang yang diam di muka bumi(wahyu 11:10)

34)Malaikat ke tujuh meniup sangkakala(wahyu 11:15)

35)Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: “Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.” (wahyu 11:15)

36)orang2 mati di hakimi(wahyu 11:18)

37)NAGA

1. Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

2. Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

3. Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

4. Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.

5. Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.

6. Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.(Wahyu 12:1-6)

38)Peperangan di sorga Michael dan malaikat2 nya  melawan naga(wahyu 12:7)

40)Naga,ular besar iblis satan menyesatkan seluruh dunia di lempar kan ke bumi bersama malaikat2 nya(wahyu 12:9)

41)elah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya,(wahyu 12:10)

42) celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.” (wahyu 12:11)

43)Naga di bumi memburu perempuan yang melahir kan anak laki-laki itu(wahyu 12:13)

44)(12-18) Dan ia tinggal berdiri di pantai laut. (13-1) Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. (Wahyu 13:1)

45)BINATANG DI SEMBAH SELURUH BUMI

4. Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: “Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?”

5. Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.

6. Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

7. Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

8. Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.(wahyu 13:4-8)

46)Binatang lain keluar dari dalam bumi menyebab kan seluruh manusia di bumi menyembah binatang pertama(wahyu 13:12)

46)binatang kedua mengadakan tanda2 dahsyat bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang(Wahyu 13:13)

47)BINATANG 666

14. Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

15. Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

16. Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

17. dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

18. Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.(wahyu 13:14-18)

48)Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya. (wahyu 14:1)

49)malaikat terbang di tengah2 langit bawa injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, (wahyu 14:6)

50)dan ia berseru dengan suara nyaring: “Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.”(wahyu 14:7)

51)Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.” (wahyu 14:8)

52)MENYEMBAH BINATANG DAN PATUNG NYA

9. Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,

10. maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.

11. Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya.”(Wahyu 14:9-11)

53)Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: “Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.” “Sungguh,” kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.” (wahyu 14:13)

54)Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya. (wahyu 14:14)

55)7 malaikat dan 7 malapetaka terakhir,berakhir murka Allah(wahyu 15:1)

56)7 malaikat tumpahkan 7 cawan murka Allah(wahyu 16:1)

57)malaikat pertama tumpah kan cawan ke bumi maka timbullah bisul yang jahat dan yang berbahaya pada semua orang yang memakai tanda dari binatang itu dan yang menyembah patungnya. (wahyu 16:2)

58)malaikat kedua tumpah kan cawan ke laut(wahyu 16:3)

59)Dan malaikat yang ketiga menumpahkan cawannya atas sungai-sungai dan mata-mata air(wahyu 16:4)

60)Dan malaikat yang keempat menumpahkan cawannya ke atas matahari(wahyu 16:8)

61)Dan malaikat yang kelima menumpahkan cawannya ke atas takhta binatang itu dan kerajaannya menjadi gelap(wahyu 16:10)

62)Dan malaikat yang keenam menumpahkan cawannya ke atas sungai yang besar, sungai Efrat, lalu keringlah airnya,(wahyu 16:12)

63)HAMARGEDON

13. Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak.

14. Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa.

15. “Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”

16. Lalu ia mengumpulkan mereka di tempat, yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon.(wahyu 16:13-16)

64)Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. (wahyu 16:17)

65)GELAP BUMI DAN LAIN NYA

18. Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.

19. Lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.

20. Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.

21. Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.(wahyu 16:18-21)

66)Babel(wahyu 17:1-18)

67)Berperang melawan anak domba(wahyu 17:14)

68)Binatang di beri pemerintahan sampai segala firman Allah telah digenapi. (wahyu 17:17)

69)BABEL SUDAH RUBUH

1. Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya.

2. Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci,

3. karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya.”(wahyu 18:1-3)

70)Mereka akan berdiri jauh-jauh karena takut akan siksaannya dan mereka akan berkata: “Celaka, celaka engkau, hai kota yang besar, Babel, hai kota yang kuat, sebab dalam satu jam saja sudah berlangsung penghakimanmu!” (wahyu 18:10)

71)Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: “Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan dengan keras ke bawah, dan ia tidak akan ditemukan lagi. (wahyu 18:21)

72)Anak domba kawin(Wahyu 19:7)

73)Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang. (wahyu 19:20)

74)NAGA,ULAR TUA,IBLIS DAN SATAN DI TANGKAP DI IKAT 1000 TAHUN

1. Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;

2. ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

3. lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.(Wahyu 20:1-3)

75)PEMERINTAHAN 1000 TAHUN DAN KEBANGKITAN PERTAMA

4. Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

5. Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

6. Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

7. Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,(Wahyu 21:4-7)

76)PEMERINTAHAN 1000 TAHUN BERAKHIR IBLIS DI LEPAS KAN DARI PENJARA DAN GOG MAGOG

7. Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,

8. dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.

9. Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,

10. dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.(wahyu 20:7-10)

77)LANGIT DAN BUMI LENYAP DAN HARI PENGHAKIMAN

11. Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

12. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

13. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

14. Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

15. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

78)Yohanes melihat langit baru dan bumi baru,yang pertama telah berlalu(wahyu 21:1)

79)Yerusalem baru turun dari sorga(wahyu 21:2-22)

80)TAHTA ALLAH DAN TAHTA ANAK DOMBA ADA DI DALAM YERUSALEM BARU

3. Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,

4. dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.(wahyu 22:3-4)

Demikian point-point yang saya ambil dari kitab wahyu yang menurut saya penting buat kajian kita kedepan….karena pengaruh kitab wahyu ini pada abad ke 2 M muncul aliran yang di nyatakan sesat yang bernama Montanisme. pendiri nya menyatakan desa pepuza tempat untuk yerusalem baru.

Priska(seorang wanita rekan montanus,montanus pendiri montanisme) mengaku bahwa Kristus menampakkan diri kepadanya dalam rupa seorang perempuan. Ketika ia dikucilkan, ia berseru, “Aku diusir seperti serigala dari antara domba-domba. Aku bukan serigala: Aku adalah firman dan roh dan kuasa.”

Pada abad ke-6, atas perintah Kaisar Yustinianus, Yohanes dari Efesus memimpin ekspedisi ke Pepuza untuk menghancurkan tempat-tempat suci Montanis di sana, yang berbasis di sekitar makam Montanus, Priskila dan Maksimilia.

Seperti saya jabar kan di atas,penulis kitab wahyu ini masih kontoversi bahkan di tulis orang tak di kenal.di dalam kitab ini banyak hal-hal aneh yang membuat pikiran pusing dan kusut,jika di tafsir kan sangat sulit dan rumit bahkan satu tafsiran hanya bersifat spekulatif saja.

Penginjil Agnostic Robert G. Ingersoll mengatakan Kitab Wahyu adalah buku “paling sinting” dari semua Kitab yang ada. Buku itu ditulis oleh orang gila, yang berkhayal terlampau tinggi dan tidak mampu menjelaskan arti khayalannya.

 

 

 

 

 

Iklan