Sarapan pagi mencoba membebas kan ayat ini dari kerancuan nya:

Kejadian 1:30
“Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Tulisan ini terkait dengan tulisan sebelum nya.kali ini saya meng komentari Apologia Sarapan pagi secara agak mendalam.Apolgia itu di tulis oleh BP di kategori “menjamu tuduhan dan salah paham”.yang saya Quote adalh kutipan dari sarapan pagi kemudia saya komentari:

Jawab:

Memang ada banyak cara untuk menuduh untuk berusaha menyatakan Alkitab kami adalah salah. Namun menelaah ayat tentu saja tidak dapat diajukan dengan 1-2 ayat dan kemudian dipakai untuk cemooh kepada Alkitab. Memahami Alkitab harus secara keseluruhan. Dan terlebih dari itu adalah keimanan.

Apabila si pencemooh Alkitab yang memang sama sekali tidak mengimani Alkitab kami, tentu saja ybs. akan menemukan banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam Alkitab kami untuk dijadikan bahan-bahan tuduhan.

Maka terlepas dari tuduhan tsb. Di bawah ini saya jelaskan dari sudut pemahaman Alkitabiah kami sebagai umat yang mengimani Alkitab adalah Firman Allah

KOMENTAR

Umat Hindu pun mungkin ada kerancuan dan kesalahan dalam kitab mereka.seperti menurut Zakir naik Weda mengatakan matahari mengelilingi bumi( Sources ).namun umat hindu cukup mengimani Weda maka Weda bebas dari kesalahan.apakah begitu?Dalam Alkitab banjir Nuh meliputi seluruh Dunia…apakah hanya dengan Iman bible menjadi benar dengan klaim banjir Universal itu?.kesalahan Alkitab sayang nya banyak sekali…seperti nya BP punya PR yang banyak sekali.

Manusia-pun pada mulanya juga direkomendasikan oleh Allah hanya memakan tumbuh-tumbuhan:………..
Allah yang memberikan tumbuh-tumbuhan sebagai makanan manusia (Kejadian 1:29), namun adalah Allah yang sama juga memberikan daging dan tumbuhan untuk dimakan: 

KOMENTAR

Mohon maaf ayat2 n ya saya potong karena ketika saya copas menjadi error pada postingan.BP mengutip ayat-ayat ini:

(27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.(28) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”(29) Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.( kejadian 1:27-29)

(1) Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi.(2) Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan.(3) Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.(4) Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.(Kejadian 9:1-4)

Jadi menurut BP ayat ini menjadi bukti Adam dan Eva dan turunan awal nya di rekomendasi kan hanya memakan tumbuhan.saya katakan:wajar manusia pada awal nya memakan tumbuhan.ketika Adam dan Eva keluar dari taman Eden kita tak tahu apa yang mula2 di makan.apakah tumbuhan atau daging?…..wajar manusia bisa dari memakan tumbuhan lalu berpindah dengan cepat memakan daging hewan.sebab manusia itu pemakan segala nya.namun dengan binatang kita tak menemukan bukti Harimau,singa,elang,nyamuk,dll dulu nya memakan tumbuhan hijau lalu berpindah menjadi hanya memakan daging.kita tak pernah menemukan bukti ilmiyah nya.

Jadi menurut BP manusia dan semua binatang di rekomendasi kan tuhan memakan tetumbuhan.terutama semua binatang di beri tetumbuhan hijau.lalu manusia dan sebagian binatang menjadi juga memakan daging.Apologia BP itu terlalu naif.wajar manusia pada mula nya memakan tumbuhan lalu berobah cepat memakan binatang ketika manusia pertama berburu.sebab manusia tercipta memakan segala nya.bukti nya manusia kini penyuka daging mudah pula memakan tumbuhan.dan sebalik nya.

Tetapi dengan harimau,singa,Elang,dll kini tak akan bisa di paksa memakan tumbuhan hijau karena ciptaan awal mereka adalah Karnivora.tak ada bukti ilmiyah singa,harimau,elang dll zaman Adam dan Eva dan sebelum Adam dan Eva terkena dosa memakan tumbuhan hijau.malah jutaan tahun sebelum Adam dan Eva tercipta 30% Dinosourus(yg juga termasuk hewan) adalah Karnivora.

Seandainya vegetarianisme adalah perintah Alkitab, maka tentu saja Allah tidak akan mengucapkan firman sebagaimana dalam Kejadian 9:2-3! Hal yang sama tentu juga terjadi pada binatang.

Apa yang dituliskan dalam Kitab Kejadian pasal 1 memberikan bukti-bukti Alkitabiah yang menunjukkan bahwa tidak ada binatang pemakan daging sebelum kejatuhan manusia ke dalam dosa. Menurut Kejadian 1:29-30, makanan mula-­mula manusia dan segala binatang adalah “segala tumbuh-tumbuhan hijau.”

KOMENTAR

Bp mengatakan sebelum Adam dan Eva jatuh ke dalam Dosa makanan mula2 manusia dan hewan adalah tumbuhan hijau.jadi BIOLOGI ALKITAB mengatakan ketika Adam dan Eva ada di taman Eden waktu itu singa,harimau,elang,nyamuk,paus,hiu,dll makan tumbuhan hijau.hebat sekali……jutaan tahun sejak pertama hewan2 tercipta dalam bentuk pertama nya lalu ber evolusi mereka jutaan tahun semua memakan tumbuhan hijau.padahal penelitian dan bukti fosil menunjuk kan 30 persen dinosourus adalah Karivora.seperti Tyranosaurus adalah Dinosourus ganas bergigi tajam pemakan daging yang hidup jutaan tahun sebelum Adam dan Eva tercipta dan jatuh ke dalam dosa.konon Tyranosourus ini turunan nya kini menjadi burung kini dan bahkan menjadi ayam kalkun.

Maka tulisan Bp yang menyatakan bukti-bukti Alkitabiah yang menunjukkan bahwa tidak ada binatang pemakan daging sebelum kejatuhan manusia ke dalam dosa adalah salah total dari segi  Sains.sebelum Adam dan Eva jatuh ke dalam dosa jutaan tahun lalu Tyranosourus sudah memakan daging bahkan melakukan Kanibalisme sesama.

Tapi mengapa kemudian ada hewan-hewan pemakan daging (karnivora)?

    Dari pengertian kita sekarang mengenai binatang pemakan daging, kelihatannya tidak mungkin bagi mereka untuk hidup dengan makanan vegetaris (tanpa daging). Karnivora (pemakan daging) adalah bagian penting dari “rantai makanan” dalam sistem lingkungan hidup (ekosistem) kita. Binatang pemakan bangkai adalah merupakan sistem pembuangan sampah–mereka menolong membersihkan bangkai-bangkai binatang yang sudah mati. Tetapi tidaklah demiki­an halnya pada mulanya. Ini menunjukkan bahwa perubahan telah terjadi dalam dunia tumbuh-tumbuhan dan dunia binatang, perubahan yang terjadi di luar pengeta­huan kita sekarang

KOMENTAR

Jadi menurut BP burung pemakan bangkai mula2 memakan tumbuhan hijau.lalu ber evolusi menjadi pemakan bangkai.jika leluhur segala burung adalah Tyranosourus,tentu Bp telah melakukan kesalahan analisa.sebab Tyranosourus adalah pemakan daging yang ganas…bahkan mereka melakukan kanibalisme sesama.menurut ilmu biologi ala BP atau Alkitab burung pemakan bangkai mula2 memakan tumbuhan hijau tampa memberi bukti ilmiyah nya.sedang kan leluhur burung yang merupakan Tyranosaurus memakan daging jutaan tahun sebelum Adam dan Eva melakukan dosa ada bukti ilmiyah nya berupa fosil dengan bentuk gigi tajam.

Apa yang menyebabkan perubahan itu?

Tentu perubahan keadaan ini terjadi setelah kejatuhan manusia kedalam dosa, dimana terjadi kerusakan tatanan dari kesempurnaan yang sudah ditunjukkan di dalam Taman Eden.

KOMENTAR

Jadi menurut ilmu Biologi ala BP atau ala Alkitab,perobahan Harimau,hiu,singa,nyamuk,dll memakan tumbuhan hijau menjadi memakan daging dan darah(pada nyamuk)setelah Adam dan Eva terjatuh ke dalam dosa.ketika Adam dan Eva ada di taman Eden lalu jatuh ke dalam dosa lalu BLARRRR :mrgreen …tiba2 Harimau entah terkena rasukan apa dari memakan tumbuhan hijau jadi memakan kijang,rusa,dll.tiab2 menjadi buas dan ganas karena Adam dan hawa jatuh dalam dosa.

Lelucon apa ini?

Itulah ilmu Biologi ala Pak BP atau Alkitab.bahkan bukan manusia saja terasuk DOSA WARISAN ADAM DAN HAWA….tetapi juga Dunia binatang tiba2 menjadi ganas dengan dosa waris ini.inilah DONGENG asal mula binatang menjadi Karnivora menurut Alkitab.jika Richard Dawkinz membaca ini tentu ia akan tertawa.jika Martin luther membaca ukasan BP ini maka ia tentu akan merasa heran berlipat ganda di mana dosa waris menjalar pula ke dunia binatang:

Ajaran yg mentertawakan dan menanyakan apa yg lebih mentertawakan dari suatu ajaran yg mengatakan bahwa menggigit sebuah apel yg dilakukan adam harus memberi hasil yg mengerikan dgn menyebabkan manusia diseluruh dunia mati??
(martin luther,luther werke,8 hal 1240)

Adam tidak melakukan pembunuhan atau berzina,ia tidak merampok dan tidak mengumpat tuhan.tidak juga melakukan dosa2 yg menakutkan dunia sekarang.tetapi ia hanya memakan apel setelah ia di goda dan ditipu melalui seorang wanita.akal berkata,apakah kita harus menganggap apel ini begitu penting sehingga seluruh dunia harus di korbankan untuknya dan begitu banyak rakyat yg bijaksana ,molek dan baik sekali,ya,bahkan anak tuhan sendiri serta merta semua nabi2,bapa2 gereja dan orang2 suci harus mati??

(martin luther,luther werke,8 hal 1528)

Oleh karena dosa manusialah sehingga “sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin” (Roma 8:22). Demikianlah penderitaan dan kematian diwariskan, bukan saja kepada manusia, tetapi juga kepada binatang-binatang.” Hubungan Adam dengan binatang-binatang tidak begitu berbeda dari hubungan seorang raja dengan rakyatnya. Dalam hal ini, binatang-binatang adalah “rakyatnya.” Bahwa bilamana raja-raja atau pemimpin lain benar, maka rakyat cenderung mengikut mereka dalam kebenaran. Tetapi, jika para pemimpin bertindak jahat maka rakyat pun akan mengikuti mereka dalam kejahatan. Allah menunjukkan (Roma 8: 8-22) bahwa pendertiaan binatang dihubungkan secara langsung dengan kejatuhan manusia ke dalam dosa.

KOMENTAR

Tulisan itu cuma bualan BP saja……Oleh karena dosa manusialah sehingga “sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin” (Roma 8:22).

Karena Dosa lah dunia binatang menderita dalam dunia karnivora.tentu ulasan BP ini SALAH TOTAL DAN MEMALUKAN…..karena Dosa apa jutaan tahun sebelum Adam dan Eva tercipta Tyranosourus saling melakukan kanibalisme sesama?dan Tyranosourus melakukan memangsa Dinosourus lain nya?

 menurut Para peneliti mengklaim bahwa Tyrannosaurus Rex digunakan otot rahang dan leher untuk memenggal Triceratops sebelum makan itu. Ilmuwan yang dipimpin oleh ahli paleontologi Denver Fowler dari Museum of the Rockies melihat 18 Triceratops spesimen fosil dari Hell Creek Formation Montana, semua dengan bukti tanda gigi Tyrannosaurus. Mereka percaya Tyrannosaurus Rex menggunakan proses empat langkah untuk mencapai tujuannya. Pada langkah pertama, Tyrannosaurus akan mendapatkan pegangan dari frill tulang. Maka akan dilanjutkan untuk merobek kepala Triceratops dari. Langkah ketiga yang terlibat menggigit pada tender daging dari wajah. Pada langkah keempat, T-Rex akan makan daging leher tersembunyi di balik pelindung tubuh.

Zaman Tyranosourus Rex Adam dan Eva belum jatuh ke dalam Dosa tetapi Tyranosorus telah memangsa sesama dengan cara kejam dengan memenggal nya.menurut Legenda BP binatang adalah rakyat dari manusia dan menjadi Karnivora karena manusia  memakan sebuah apel.

Manusia pertama — sama seperti para binatang — pernah tercatat mengalami krisis, dan krisis yang pertama adalah kejatuhan manusia ke dalam dosa. Bagaimana kita menghubungkannya dengan timbulnya orientasi karnivora pada binatang ini?

Setelah manusia di usir dari taman yang paling indah di dunia, manusia diberikan pakaian dari kulit binatang — setelah mereka mengetahui mereka sebenarnya telanjang. Ini adalah petunjuk terbaik kita sampai sekarang, bahwa saat itu untuk pertama kalinya terjadi pengorbanan darah yang pertama yang dilakukan dalam kehidupan manusia. Maka, zaman perburuan pun dimulai — akibat pertumpahan darah yang pertama itu. Manusia berburu hewan untuk dijadikan pakaian, makanan, perkakas dan lain-lain.

KOMENTAR

Keluar nya manusia dari taman Eden dengan telanjang lalu butuh pakaian…..tentu membutuhkan kulit binatang untuk buat pakaian.manusia harus membunuh binatang agar bisa membuat pakaian.lalu menggelikan nya ini di hubung kan dengan kejatuhan manusia ke dalam dosa.membunuh binatang untuk pakaian adalah kebutuhan dan tak bisa di hubung kan dengan jatuh nya manusia ke dalam dosa.

Dunia yang semula baik yang sudah ditampakkan dalam taman Eden yang paling indah itu (yang adalah prototype kehidupan bumi awal masa penciptaan), kemudian berubah citranya. Krisis pertama yang terjadi di bumi, yaitu Kejatuhan manusia ke dalam dosa (Kejadian pasal 3) mengawali banyak krisis yang terjadi selanjutnya, baik itu kepada manusia maupun kepada hewan. Orientasi karnivora pun mulai berkembang, karena dengan demikianlah para binatang karnivora lolos seleksi alam. Evolusi dan revolusi besar menandai perubahan zaman sejak saat itu. Bahkan kehidupan kejahatan yang buas dan memangsa-pun dimulai.

KOMENTAR

Penjabaran Sarapan pagi di atas lagi-lagi mengulang kesalahan tulisan sejak awal….ketika manusia jatuh ke dalam dosa orentiasi karnivora berkembang.kehidupan kejahatan yang busa dan memangsa di mulai sejak manusia jatuh ke dalam dosa.ITULAH ILMU SAINS/BIOLOGI ALA ALKITAB ATAU ALA BAMBANG PRAMONO.padahal memangsa yang buas sudah di mulai jutaan tahun bahkan ratusan juta tahun sebelum Adam dan Eva jatuh ke dalam dosa.

Jelas bahwa semuanya merujuk kepada satu peristiwa, yaitu Kejatuhan Adam ke dalam dosa! Adam (manusia) pertama bertanggung jawab akan perubahan situasi yang cukup drastis itu. Apa yang dituliskan dalam Kitab Kejadian ini dapat kita lihat “kronologi”-nya: makanan manusia dan hewan adalah bersifat vegetaris (Kejadian 1), terjadi peristiwa Kejatuhan manusia yang juga menimbulkan kerusakan tatanan alam selanjutnya (Kejadia 3), kemudian terjadi perubahan pola makan dari manusia dan hewan (Kejadian 9).

Namun apakah Adam mampu mempertanggung-jawabkan kejatuhannya? Dapatkan ia membereskan sendiri segala kesalahannya sehingga dia dapat diselamatkan dari konsekwensi dosa? Tidak! Semuanya hanya melalui inisyatif Allah yang pada mulanya telah mengajarkan manusia untuk hidup untuk kebaikan dengan diciptakan “Hukum Taurat” sebagai pengenalannya, dan akhirnya digenapi oleh “Sang Adam Akhir.”

KOMENTAR

Yang saya bold biru BP mengulangi kaset rusak dengan dramatis kronologis.ia menegas kan bahwa anak manusia yang jatuh ke dalam dosa itu adalah Adam.karena kejatuhan Adam ini lah Adam bertanggung jawab atas perubahan drastis sebagian binatang berobah menjadi pemakan daging.perobahan pola makan menjadi karnivora pada binatang tertentu karena Adam jatuh ke dalam Dosa.tentu ini lelucon BP.ketika singa makan tumbuhan hijau ketika Adam jatuh ke dalam dosa tiba2 BLARRRRRR  :mrgreen ….entah apa yang merasuki singa tiba2 menjadi doyan daging.mungkin gigi2 nya singa dulu tidak tajam…ketika Adam jatuh ke dalam dosa tiba2 gigi singa memanjang.SUATU TEORI EVOLUSI ALA ALKITAB ATAU ALA BAMBANG PRAMONO :mrgreen

Tampa bosan saya katakan bahwa orentiasi karnivora di mulai sejak Adam jatuh ke dalam dosa adalah OMONG KOSONG PAK BAMBANG PRAMONO yang berusaha menambal sulam ayat yang salah agar terlihat benar.padahal orentiasi karnivora sudah ada ratusan juta tahun sebelum Adam dan Eva jatuh ke dalam dosa pada Dinosourus karnivora.