peta arab

Saya mempertanyakan klaim kristen bahwa Mekkah tak di kenal dalam era pra Islam.tak ada catatan mengenai mekkah dalam sejarah pra islam yang di ungkap oleh para ahli geografi non arab.tak ada prasasti dan lain nya yang menunjuk kan Mekkah itu ada pada zaman pra islam.jadi kota Mekkah itu tak ada pada zaman pra islam dan kakbah tak pernah di bangun Ibrahim dan ismail,jadi keperdian Abraham ke arabia tak pernah ada

Tapi kristen melupakan wikipedia inggris yang membicarakan mekkah,salah satu nya adalah link di bawah ini:

https://en.wikipedia.org/wiki/Mecca

PERTAMA:KESAKSIAN DIODORUS SICULUS(HIDUP SEKITAR 60SM DAN 30SM)

Also the Greek historian Diodorus Siculus who lived between 60 BCE and 30 BCE writes about the isolated region of Arabia in his work Bibliotheca historica describing a holy shrine that Muslims see as referring to the Kaaba at Mecca “And a temple has been set up there, which is very holy and exceedingly revered by all Arabians”.  Ptolemy has sometimes been alleged to have called the Mecca “Macoraba”, though this identification is controversial. (

Terjemahan:

Juga sejarawan Yunani Diodorus Siculus yang hidup antara 60 SM dan 30 SM menulis tentang wilayah yang terisolasi dari Arabia dalam karyanya Bibliotheca historica menggambarkan sebuah kuil suci umat Islam lihat sebagai merujuk ke Ka’bah di Mekah “Dan sebuah kuil telah dibentuk di sana, yang sangat suci dan sangat dihormati oleh semua orang Arab “. Ptolemy kadang-kadang diduga telah disebut Mekkah “Macoraba”, meskipun identifikasi ini kontroversial

Jadi Mekkah dan kakbah sudah ada pada tahun sebelum masehi.maka para pengkritik mekkah seperti nya dengan licik melewat kan fakta ini.

BUKTI PRASATI TSAMUD

Some Thamudic inscriptions which were discovered in south Jordan contained names of some individuals such as ” Abd Mekkat ” which means in English “Servant of Mecca”.

There were also some other inscriptions which contained personal names such as ” Makky ” which means “The Meccan”, but Professor Jawwad Ali from the University of Baghdad suggested that there’s also a probability of a tribe named “Mecca”

Terjemahan:

Prasasti Thamudic

Beberapa kaum Tsamud prasasti yang ditemukan di selatan Yordania terdapat nama-nama beberapa individu seperti “Abd Mekkat” yang berarti dalam bahasa Inggris “Hamba Mekah”.

Ada juga beberapa prasasti lain yang terkandung nama pribadi seperti “Makky” yang berarti “The Mekah”, tetapi Profesor Jawwad Ali dari Universitas Baghdad menyarankan bahwa ada juga kemungkinan suku bernama “Mekkah”.

Dari prasasti Tsamud jelas Mekkah adalah eksis.dan di bicarakan pada suku arab kuno itu.Kaum Tsamud adalah salah satu suku Arab kuno pra islam.

The Tsamud ( Arab : ثمود) adalah sebuah peradaban kuno di Hijaz , yang berkembang dari 3000 SM sampai 200 SM. Penelitian arkeologi terakhir mengungkapkan banyak kaum Tsamud tulisan batu dan gambar.

Mereka disebutkan dalam sumber-sumber seperti Alquran , tua puisi Arab , Assyria sejarah (Tamudi), di kuil Yunani prasasti dari laut Hijaz dari 169 CE, di abad ke-5 Bizantium sumber dan di Old North Arab grafiti dalam Tayma .

Mereka disebutkan dalam sejarah kemenangan Neo-Asyur Raja, Sargon II (abad ke-8 SM), yang mengalahkan orang-orang ini dalam kampanye di Arabia utara. Orang-orang Yunani juga menyebut orang-orang sebagai “Tamudaei”, yaitu “Tsamud”, dalam tulisan-tulisan Aristoteles , Ptolemy , dan Pliny . Sebelum kebangkitan Islam , kurang lebih antara 400-600 CE, kaum Tsamud benar-benar menghilang

 

prasasti Thamudic

Prasasti Thamudic dari wadi Rum selatan Yordania

Apakah kristen mau berani jujur mengutip fakta-fakta di atas?.yang mengheran kan mereka pura-pura buta pada fakta di atas.atau mereka tidak tahu fakta ini,dan akan malu setelah melihat fakta ini.

THEODOR MOMSEN:EKSPEDISI AELIUS GALLUS JUGA MENAHLUK KAN THE VILLAGE OF MEKKE

https://en.wikipedia.org/wiki/Romans_in_Arabia

Theodor Mommsen wrote that Aelius Gallus sailed with 10,000 legionaries from Egypt and landed at Leuce Kome, a trading port of the Nabateans in the northwestern Arabian coast.He then conquered without difficulty Iathrib (actual Medina ) and the village of Mekke (actual Mecca ). [ citation needed ] From there he made a march of nearly one thousand km to the south until Marib , but was forced to abandon those conquests -according to Mommsen- not only because of diseases and epidemies, but even because he had overextended his line of supplies from Egypt in a land full of deserts.

Terjemahan

Theodor Mommsen menulis bahwa Aelius Gallus berlayar dengan 10.000 legiun dari Mesir dan mendarat di Leuce Kome, pelabuhan perdagangan dari Nabatean di pantai barat laut Arab. Dia kemudian menaklukkan tanpa kesulitan Iathrib (sebenarnya Medina ) dan desa Mekke (sebenarnya Mekkah ). [ rujukan? ] Dari sana ia membuat march dari hampir seribu km ke selatan sampai Marib , tetapi terpaksa meninggalkan mereka penaklukan -menurut untuk Mommsen- bukan hanya karena penyakit dan epidemies, tapi bahkan karena ia telah berlebihan line pasokan dari Mesir di tanah penuh gurun.

yang aneh dari wikipedia,wikipedia masih meminta rujukan,padahal sudah jelas rujukan nya yang menulis Theodor Mommsen.maka sapa bilang ekspedisi Auleus gallus tak mencapai mekkah?jika pun ia tak mrncapai dan mencacat mekkah misal nya(jika ia mencatat)bukan berarti mekkah itu tidak ada.tetapi luput dan terlewat dari catatan.

KESAKSIAN STRABO YANG DI PERKUAT ANALISA JHON PHILBY

https://jalanibrahim.wordpress.com/2010/05/05/perjalanan-bapa-abraham-nabi-ibrahim-ke-tanah-arab-dalam-alkitab/

Dalam bukunya The Geographie, (Sumber buku online ada di sini ) Strabo, seorang ahli pemetaan Geologi abad pertama,  menyebutkan sebuah daerah yang disebut Tujuh Sumur atau Hepta Phreata yang terletak diantara Yaman dan pelabuhan Jeddah di Saudi Arabia bagian barat. Ketika Jenderal Romawi kiriman Kaisar Augustus, Aelius Gallus dan tentaranya pulang kembali dari ekspedisinya ke Yaman yang gagal,  dan kemudian menyusuri perjalanan pulang melalui Arabia Barat pada tahun 24 SM, mereka beristirahat pada sebuah tempat yang disebut Hepta Phreata yang berarti Seven Wells atau Tujuh Sumur karena ditemukan tujuh sumur di tempat itu.

John Philby, seorang sejarawan Arabia, dalam bukunya Arabian Highland, meyakini bahwa tempat yang dimaksud Aelius tentulah suatu daerah yang dalam bahasa Arab dinamakan sebagai Bi’r Sab’ah atau Beersheba atau Bersyeba yang mempunyai arti Tujuh Sumur. Pada buku tersebut, Philby mengatakan bahwa pada saat pada setidaknya ada sebuah daerah di Arabia barat yang dinamakan Beersheba, perbukitan yang terletak di antara Yaman dan Jeddah..

Yang mengheran kan pihak kristen menyangkal strabo  mencatat tentang sinyalir ada  nya mekkah.dan fakta mengejut kan nya adalah ternyata Bersheba juga ada di darrah aranbia.