Mezbah baru bagi dunia

Mezbah baru bagi dunia

Pada bagian pertama tulisan saya,saya membahas hal ini juga.namun hanya terbatas dalam taurat saja.dan ayat yang saya kutip juga tak seluruh nya mengingat banyak kesamaan tujuan ayat.pada kesempatan kali ini penulis akan menunjuk kan kepada semua sidang pembaca bahwa setelah zaman taurat,israel tetap lah beribadat kepada Allah dengan menghadap Kiblat.dalam hal ini adalah Mezbah.ini menunjukkan israel sesungguh nya mempunyai kiblat dalam beribadat seperti hal nya umat islam,kiblat itu adalah sebagai arah kesatuan ibadat dan syarat sah ibadat. kakbah

kakbah2

kakbah3

Cemoohan sembrono itu bukt bahwa mereka tak mengetahui Alkitab mereka sendiri tentang kiblat ibadat.apakah Israel berani melakukan korban bakaran,penghapus dosa dan lain nya tidak di atas mezbah Tuhan?tetapi di atas menara benteng?atau di atas bukit-bukit yang tak di tunjuk oleh Tuhan?.ini menunjuk kan penulis komentar tak mengetahui Alkitab nya sendiri. Nah,berikut beberapa bukti ayat bahwa setelah zaman taurat,israel kerap beribadat menghadap mezbah,melanjutkan aturan taurat mengenai hal itu:

SUKU-SUKU ISRAEL PASCA MUSA ZAMAN YOSUA MEMELIHARA IBADAT SELALU MENGHADAP SUATU KIBLAT/MEZBAH

Yosua 22:27 tetapi supaya mezbah itu menjadi saksi antara kami dan kamu, dan antara keturunan kita kemudian, bahwa kami tetap beribadah kepada TUHAN di hadapan-Nya dengan korban bakaran, korban sembelihan dan korban keselamatan kami. Jadi tidaklah mungkin anak-anak kamu di kemudian hari berkata kepada anak-anak kami: Kamu tidak mempunyai bagian pada TUHAN. Dari ayat itu jelas,suku-suku israel setelah zaman Musa tetap melestarikan ibadat menghadap suatu kiblat,dalam hal ini mezbah.kata NYA dalam ayat di atas seharus nya dengan n kecil.karena yang di maksud nya adalah mezbah itu sendiri.jika n itu adalah Tuhan,tak menggugur kan fakta bahwa ibadat israel soal korban bakaran dan lain nya harus menghadap,hadir dan dekat di mezbah,dalam hal ini di atas mezbah.

ZAMAN SAMUEL TETAP IBADAT KORBAN MENGHADAP MEZBAH

1 Samuel 2:28 Dan Aku telah memilihnya dari segala suku Israel menjadi imam bagi-Ku, supaya ia mempersembahkan korban di atas mezbah-Ku, membakar ukupan dan memakai baju efod di hadapan-Ku; kepada kaummu telah Kuserahkan segala korban api-apian orang Israel.

ZAMAN DAUD TULAH BERHENTI MENIMPA ISRAEL KETIKA DAUD MENDIRIKAN MEZBAH DAN IBADAT KORBAN MENGHADAP PADA MEZBAH ITU

2 Samuel 24:18 Pada hari itu datanglah Gad kepada Daud dan berkata kepadanya: “Pergilah, dirikanlah mezbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Arauna, orang Yebus itu.” 2 Samuel 24:21 Bertanyalah Arauna: “Mengapa tuanku raja datang kepada hambanya ini?” Jawab Daud: “Untuk membeli tempat pengirikan ini dari padamu dengan maksud mendirikan mezbah bagi TUHAN, supaya tulah ini berhenti menimpa rakyat.” 2 Samuel 24:25 Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Maka TUHAN mengabulkan doa untuk negeri itu, dan tulah itu berhenti menimpa orang Israel Apakah si Firman itu berani berkata bahwa tulah israel akan berhenti tampa mendirikan mezbah dan tampa ibadat korban menghadap kepada mezbah itu?cukup dengan membakar korban di sembarang tempat saja?

SAAT TAKUT PUN ISRAEL ZAMAN SOLOMO MEMEGANG TANDUK-TANDUK MEZBAH

(50) Takutlah Adonia kepada Salomo, sebab itu ia segera pergi memegang tanduk-tanduk mezbah.(51) Lalu diberitahukanlah kepada Salomo: “Ternyata Adonia takut kepada raja Salomo, dan ia telah memegang tanduk-tanduk mezbah, serta berkata: Biarlah raja Salomo lebih dahulu bersumpah mengenai aku, bahwa ia takkan membunuh hambanya ini dengan pedang.”(52) Lalu kata Salomo: “Jika ia berlaku sebagai kesatria, maka sehelai rambutpun dari kepalanya tidak akan jatuh ke bumi, tetapi jika ternyata ia bermaksud jahat, haruslah ia dibunuh.”(53) Dan raja Salomo menyuruh orang menjemput dia dari mezbah itu. Ketika ia masuk, sujudlah ia menyembah kepada raja Salomo, lalu Salomo berkata kepadanya: “Pergilah ke rumahmu.”(1 Raja-raja 1:50-53) (28) Ketika kabar itu sampai kepada Yoab–memang Yoab telah memihak kepada Adonia, sekalipun ia tidak memihak kepada Absalom–maka larilah Yoab ke kemah TUHAN, lalu memegang tanduk-tanduk mezbah.(29) Kemudian diberitahukanlah kepada Salomo, bahwa Yoab sudah lari ke kemah TUHAN, dan telah ada di samping mezbah. Lalu Salomo menyuruh Benaya bin Yoyada: “Pergilah, pancung dia.(30) Benaya masuk ke dalam kemah TUHAN serta berkata kepadanya: “Beginilah kata raja: Keluarlah.” Jawabnya: “Tidak, sebab di sinilah aku mau mati.” Lalu Benaya menyampaikan jawab itu kepada raja, katanya: “Beginilah kata Yoab dan beginilah jawabnya kepadaku.”(31) Kata raja kepadanya: “Perbuatlah seperti yang dikatakannya; pancunglah dia dan kuburkanlah dia; dengan demikian engkau menjauhkan dari padaku dan dari pada kaumku noda darah yang ditumpahkan Yoab dengan tidak beralasan.(32) Dan TUHAN akan menanggungkan darahnya kepadanya sendiri, karena ia telah membunuh dua orang yang lebih benar dan lebih baik dari padanya. Ia membunuh mereka dengan pedang, dengan tidak diketahui ayahku Daud, yaitu Abner bin Ner, panglima Israel, dan Amasa bin Yeter, panglima Yehuda.(33) Demikianlah darah mereka akan ditanggungkan kepada Yoab dan keturunannya untuk selama-lamanya, tetapi Daud dan keturunannya dan keluarganya dan takhtanya akan mendapat selamat dari pada TUHAN sampai selama-lamanya.”(34) Maka berangkatlah Benaya bin Yoyada, lalu memancung dan membunuh Yoab, kemudian dia dikuburkan di rumahnya sendiri di padang gurun.(1 Raja-raja 2:28-34)

SOLOMO MEMPERSEMBAHKAN 1000 KORBAN DENGAN MENGHADAP MEZBAH

1 Raja Raja 3:4 Pada suatu hari raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan korban, sebab di situlah bukit pengorbanan yang paling besar; seribu korban bakaran dipersembahkan Salomo di atas mezbah itu. 2 Tawarikh 1:6 Salomo mempersembahkan korban di sana di hadapan TUHAN di atas mezbah tembaga yang di depan Kemah Pertemuan itu; ia mempersembahkan seribu korban bakaran di atasnya. Berani kah orang yang bernama firman itu berkata bahwa jika saat itu solomo membakar 1000 korban nya di atas bukit biasa hal itu sah dan di terima Tuhan israel saat itu?

SOLOMO BEDOA MENGHADAP MEZBAH

1 Raja Raja 8:22 Kemudian berdirilah Salomo di depan mezbah TUHAN di hadapan segenap jemaah Israel, ditadahkannyalah tangannya ke langit, 1 Raja Raja 8:54 Ketika Salomo selesai memanjatkan segala doa dan permohonan itu kepada TUHAN, bangkitlah ia dari depan mezbah TUHAN setelah berlutut dengan menadahkan tangannya ke langit. 2 Tawarikh 6:12 Kemudian berdirilah ia di depan mezbah TUHAN di hadapan segenap jemaah Israel, lalu menadahkan tangannya; doa

BERSUMPAH PUN MENGHADAP MEZBAH

1 Raja Raja 8:31 Jika seseorang telah berdosa kepada temannya, lalu diwajibkan mengangkat sumpah dengan mengutuk dirinya, dan dia datang bersumpah ke depan mezbah-Mu di dalam rumah ini, 2 Tawarikh 6:22 Jika seseorang telah berdosa kepada temannya, lalu diwajibkan mengangkat sumpah dengan mengutuk dirinya, dan ia datang bersumpah ke depan mezbah-Mu di dalam rumah ini,

TIGA KALI SETAHUN SOLOMO MEMPERSEMBAHKAN KORBAN BAKARAN DAN KORBAN KESELAMATAN MENGHADAP MEZBAH

1 Raja Raja 9:25 Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan korban-korban bakaran dan korban-korban keselamatan di atas mezbah yang didirikannya bagi TUHAN, dan ia membakar korban api-apiannya di hadapan TUHAN. Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu. Ayat lain nya yang hampir serupa: 2 Tawarikh 8:12 Lalu Salomo mempersembahkan korban-korban bakaran bagi TUHAN di atas mezbah TUHAN yang didirikannya di depan balai Bait Suci,

HINGGA MASA HIZKIA IBADAH DENGAN BERSUJUD KEPADA TUHAN PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH TUHAN

Juru minum agung Raja Asyur berkata: 2 Raja Raja 18:22 Dan apabila kamu berkata kepadaku: Kami berharap kepada TUHAN, Allah kami, –bukankah Dia itu yang bukit-bukit pengorbanan-Nya dan mezbah-mezbah-Nya telah dijauhkan oleh Hizkia sambil berkata kepada Yehuda dan Yerusalem: Di depan mezbah yang di Yerusalem inilah kamu harus sujud menyembah! 2 Tawarikh 32:12 Bukankah Hizkia ini yang menjauhkan segala bukit pengorbanan dan mezbah TUHAN itu, dan berkata kepada Yehuda dan Yerusalem: Hanya di depan satu mezbah kamu harus sujud menyembah dan membakar korban di atasnya? Yesaya 36:7 Dan apabila engkau berkata kepadaku: Kami berharap kepada TUHAN, Allah kami, –bukankah Dia itu yang bukit-bukit pengorbanan-Nya dan mezbah-mezbah-Nya telah dijauhkan oleh Hizkia sambil berkata kepada Yehuda dan Yerusalem: Di depan mezbah inilah kamu harus sujud menyembah!

HARUN DAN ANAK-ANAK NYA WAJIB JIKA IBADAT KORBAN BAKARAN UNTUK MENGHADAP MEZBAH

1 Tawarikh 6:49 Tetapi Harun dan anak-anaknya berkewajiban membakar korban di atas mezbah korban bakaran dan di atas mezbah pembakaran ukupan, dan melakukan segala pekerjaan di tempat maha kudus serta mengadakan pendamaian bagi orang Israel, tepat seperti yang diperintahkan Musa, hamba Allah itu. Pada ayat lain dan kondisi zaman lain: 1 Tawarikh 16:40 supaya pagi dan petang tetap dipersembahkan korban bakaran kepada TUHAN di atas mezbah korban bakaran, dan supaya dikerjakan segala yang tertulis dalam Taurat TUHAN yang diperintahkan-Nya kepada orang Israel

SOLOMO DAN JEMAAT MEMINTA PETUNJUK TUHAN DENGAN PERGI  MENGHADAP MEZBAH

2 Tawarikh 1:5 Namun mezbah tembaga yang dibuat Bezaleel bin Uri bin Hur masih ada di sana di depan Kemah Suci TUHAN. Maka ke sanalah Salomo dan jemaah itu meminta petunjuk TUHAN.

RAJA HIZKIA MEMPERSEMBAHKAN KORBAN PENGHAPUSAN DOSA UNTUK DIRI DAN KELUARGA NYA MENGHADAP MEZBAH

(20) Maka pagi-pagi raja Hizkia mengumpulkan pemimpin-pemimpin kota, dan pergi ke rumah TUHAN.(21) Mereka membawa tujuh ekor lembu jantan, tujuh ekor domba jantan, tujuh ekor domba muda dan tujuh ekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa untuk keluarga raja, untuk tempat kudus dan untuk Yehuda. Ia memerintahkan anak-anak Harun, yakni para imam, untuk mempersembahkannya di atas mezbah TUHAN.(2 Tawarikh 29:20-21)

IMAM-IMAM MASA RAJA HIZKIA MENYIRAM DARAH KORBAN DI MEZBAH

2 Tawarikh 29:22 Lalu mereka menyembelih lembu-lembu itu; para imam menerima darahnya dan menyiramkannya pada mezbah. Kemudian mereka, menyembelih domba-domba jantan dan menyiramkan darahnya pada mezbah. Sesudah itu mereka menyembelih domba-domba muda dan menyiramkan darahnya pada mezbah. Apakah si firman itu berani berkata bahwa imam-imam itu tetap sah ibadat nya jika menyiram darah korban itu tidak pada mezbah?tetapi menyiram nya di perisai,di batu biasa dan seterus nya? Aturan menyiram ini banyak di ajar kan dalam Taurat musa seperti yang telah kita bahas sebelum nya.

KORBAN PENGHAPUSAN DOSA ISRAEL OLEH RAJA HIZKIA MENGHADAP MEZBAH

2 Tawarikh 29:24 Dan para imam menyembelihnya dan mempersembahkan darahnya di atas mezbah sebagai korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagi seluruh Israel. Sebab raja telah memerintahkan untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban penghapus dosa itu bagi seluruh Israel. 2 Tawarikh 29:27 Lalu Hizkia memerintahkan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah. Pada saat persembahan korban bakaran dimulai, mulailah pula dinyanyikan nyanyian bagi TUHAN dan dibunyikan nafiri, dengan iringan alat-alat musik Daud, raja Israel.

MASA RAJA YOSIA KORBAN BAKARAN MENGHADAP MEZBAH

2 Tawarikh 35:16 Demikianlah seluruh upacara ibadah bagi TUHAN disiapkan pada hari itu untuk merayakan Paskah dan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah TUHAN sesuai dengan perintah raja Yosia.

HINGGA ZAMAN EZRA IBADAT KORBAN HARUS MENGHADAP PADA MEZBAH

Ezra 3:2 Maka mulailah Yesua bin Yozadak beserta saudara-saudaranya, para imam itu, dan Zerubabel bin Sealtiel beserta saudara-saudaranya membangun mezbah Allah Israel untuk mempersembahkan korban bakaran di atasnya, sesuai dengan yang ada tertulis dalam kitab Taurat Musa, abdi Allah. Ezra 3:3 Mereka mendirikan mezbah itu di tempatnya semula, sungguhpun mereka ketakutan terhadap penduduk negeri, lalu mereka mempersembahkan di atasnya korban bakaran kepada TUHAN, korban bakaran waktu pagi dan waktu petang.

RAJA KUFUR PERSIA PUN TAHU BAHWA IBADAT ISRAEL ITU HARUS MENGHADAP KE SUATU KIBLAT(MEZBAH)

Ezra 7:17 maka oleh karena itu haruslah engkau dengan seksama memakai uang itu untuk membeli lembu-lembu jantan, domba-domba jantan, anak-anak domba dengan korban sajiannya dan korban curahannya, dan haruslah semuanya itu kaupersembahkan di atas mezbah di rumah Allahmu yang ada di Yerusalem. Raja Arthasastha(Arthaxerxes)adalah raja dinasti Archeamenid yang terkenal salah satu raja nya,Xerxes(Khashayarsha) meng infasi yunani besar-besaran.

ZAMAN NEHEMIA KORBAN BAKARAN HARUS TETAP MENGHADAP MEZBAH SESUAI HUKUM TAURAT

Nehemia 10:34 Pula dengan membuang undi kami, yakni para imam, orang-orang Lewi dan kaum awam, menetapkan suatu cara untuk menyediakan kayu api. Kayu itu harus dibawa ke rumah Allah kami secara bergilir oleh kaum-kaum keluarga kami pada waktu-waktu tertentu setiap tahun, supaya di atas mezbah TUHAN Allah kami ada api yang menyala, seperti tertulis dalam kitab Taurat. Apakah orang yang bernama firman itu berani berkata israel tetap sah jika api menyala itu di nyalakan pada unggun biasa,tidak pada(menghadap)di atas mezbah?

DAUD PUN BERIBADAT THAWAF PADA MEZBAH

Mazmur 26:6-7 Aku membasuh tanganku tanda tak bersalah, lalu berjalan mengelilingi mezbah-Mu, ya TUHAN,(7) sambil memperdengarkan nyanyian syukur dengan nyaring, dan menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib.

MENGHADAP MEZBAH BERARTI MENGHADAP ALLAH

Mazmur 43:4 Maka aku dapat pergi ke mezbah Allah, menghadap Allah, yang adalah sukacitaku dan kegembiraanku, dan bersyukur kepada-Mu dengan kecapi, ya Allah, ya Allahku!

 IBADAT KORBAN MENGHADAP MEZBAH ADALAH ATURAN TUHAN

Yehezkiel 43:18 Lalu Ia berfirman kepadaku: “Hai anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH: Beginilah peraturan mengenai mezbah itu: Ketika sudah selesai dibuat dan hendak mempersembahkan korban bakaran di atasnya dan menyiramkan darah padanya,

IBADAT PEMBUBUHAN DARAH KORBAN MENGHADAP MEZBAH

Yehezkiel 43:20 Dan ambillah sedikit dari darah itu dan bubuhlah itu pada keempat tanduk mezbah itu dan pada keempat sudut jalur keliling itu dan pada tepinya sekeliling; dengan demikian engkau menyucikan mezbah itu dan mengadakan pendamaian baginya. Yehezkiel 43:22 Pada hari kedua engkau harus mempersembahkan seekor kambing jantan yang tidak bercela sebagai korban penghapus dosa dan orang harus menyucikan mezbah itu seperti sudah disucikan dengan lembu jantan. ayat lain Yehezkiel 45:19 Imam harus mengambil sedikit dari darah korban penghapus dosa dan membubuhnya pada tiang-tiang Bait Suci dan pada keempat sudut jalur keliling yang ada pada mezbah dan pada tiang-tiang pintu gerbang pelataran dalam.

IBADAT KORBAN MENGHADAP MEZBAH ADALAH ATURAN FIRMAN TUHAN

Yehezkiel 43:27 Sesudah hari-hari itu berakhir, maka pada hari kedelapan dan seterusnya imam-imam akan mengolah korban-korban bakaranmu dan korban-korban keselamatanmu di atas mezbah itu dan Aku akan berkenan kepada kamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

HINGGA ZAMAN YESUS IBADAT MENGHADAP MEZBAH TETAP BERLAKU

(23) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,(24) tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.(25) Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.(Matius 5:23-25)

HINGGA ZAMAN YESUS MEZBAH ADALH KIBLAT IBADAT KORBAN YAHUDI SEBAGAI SYARAT SAH KORBAN

Matius 23:19 Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu? Perhatikan….ayat ini jelas menjadi dalil syarat sah ibadat korban israel adalah mesti menghadap mezbah,yakni membakar korban diatas nya.apakah jika korban di bakar di atas api unggun maka kayu nya akan meng kudus kan persembahan itu?tentu jawaban nya TIDAK MUNGKIN.yang mengkuduskan persembahan adalah mezbah Tuhan.maka ibadat korban menghadap mezbah adalah syarat sah dari pengorbanan itu.

ZAMAN ZAKARIA IBADAT MENGHADAP MEZBAH TETAP BERLAKU

Lukas 1:11 Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. Demikan lah banyak bukti-bukti bahwa ibadat israel sesungguh nya menghadap suatu kiblat untuk syarat sah ibadat itu.oleh sebab itu hendak nya kristen radikal hendak nya malu jika mengejek jika muslim selalu menghadap kiblat dalam salat,doa,wudhu,memakam kan janazah,dan seterus nya.pembahasan ini menunjuk kan bahwa syariat islam hampir sama persis dengan syariat umat-umat terdahulu.mengapa?karena Allah yang datang pada israel adalah Allah nya kakbah di mekkah,kakbah adalah mezbah baru baru dunia.datang nya syariat islam adalah rahmat bagi manusia hingga yahudi.untuk ibadat,tak perlu lagi rumit dan repot membakar korban di atas mezbah,tetapi cukup dengan salat 5 waktu menghadap kiblat.untuk mengahpus kesalahan,tak perlu rumit menyembelih hewan korban dan membakar hewan korban di atas nya,cukup bertaubat langsung pada Allah.tak perlu ada darah,hewan,kotoran an sampah korban,asap,api,arang dan lain nya karena korban bakaran dan keseamatan di atas mezbah. “Allah menghendaki kemudahan bagi kamu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (QS. 2:185). “Sesungguhnya Allah Swt. tidak mengutusku untuk mempersulit atau memperberat, melainkan sebagai seorang pengajar yang memudahkan” (HR. Muslim). Kami tidak menurunkan Al-Qur’an ini kepada kamu supaya kamu menjadi susah” (QS. 20:2). “Allah menghendaki kemudahan bagi kamu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (QS. 2:185) Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (QS. Al-Baqarah:286). alam sebuah riwayat, ketika sedang menjalankan ibadah haji, Rasulullah Saw memperhatikan ada sahabat yang terlihat sangat capek, lemah, dan menderita. Maka beliau pun bertanya apa sebabnya. Ternyata, menurut cerita para sahabat yang lain, orang tersebut bernadzar akan naik haji dengan berjalan kaki dari Madinah ke Mekkah. Maka Rasulullah Saw langsung memberitahukan: “Sesunguhnya Allah tidak membutuhkan tindakan penyiksaan diri sendiri, seperti yang dilakukan oleh orang itu” (HR. Bukhâri dan Muslim, dari Anas ra.).