mezbah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Mezbah dalam Alkitab.ramai mayoritas Kristen radikal menghujat perihal kakbah dan hajar aswad,dua benda mati yang terlihat oleh mereka di sembah umat Islam.padahal dua benda itu di sucikan Allah bukan untuk di sembah,tetapi sebagai sarana ibadat dan sebagai arah Salat(pada kakbah).silahkan melihat INI untuk lebih jelas nya.sekarang kita membuka Alkitab.ternyata syariat penyucian benda-benda mati oleh Allah untuk peribadatan,memadati banyak bagian dari Alkitab.sekarang saya mau membahas tentang MEZBAH dalam Alkitab.kita akan melihat,perlakuan Israel atas mezbah hampir serupa dengan kakbah dan hajar aswad dalam hal penyucian,ibadat yang harus menghadap benda yang di sucikan,dan seterus nya.karena pembahasan terlalu luas,saya tulis dulu perihal mezbah dalam Taurat kontemporer kekinian.

KATA MEZBAH PERTAMA DALAM ALKITAB,MEZBAH YANG DI DIRIKAN NUH SETELAH BANJIR BESAR

(20) Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu.(21) Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.(Kejadian 8:20-21)

Setelah banjir besar surut,Nuh mendirikan Mezbah bagi Tuhan.Dalam menafsirkan surah Ali Imran [3] ayat 96, Al-Qurthubi, seorang ahli tafsir, mengatakan bahwa orang yang pertama kali membangun Baitullah adalah Nabi Adam AS.Baitullah ini bisa bermakna Mezbah,atau baitullah itu sendiri.saya tidak tahu,apakah riwayat Al-Qurtubi itu sahih atau tidak.jika sahih,mengapa Alkitab cuma menceritakan Mezbah yang di bangun Nuh?.jawaban nya mudah saja:Alkitab tak lengkap memuat semua cerita,dan kitab itu banyak hasil tulisan ulang tangan manusia yang tentu ke akuratan nya di ragukan.dan tak semua mesti Allah ceritakan dalam Alkitab,cerita itu akan Allah buka pada Rasul penutup-Nya.dan mezbah Nuh hanya di khusus kan pada kaum Nuh saja,tak mencakup untuk umat manusia seluruh nya.

NUH MELETAKKAN KORBAN BAKARAN DARI BINATANG DAN BURUNG TIDAK HARAM DI ATAS MEZBAH

(20)Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu.(21) Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.(Kejadian 8:20-21)

Ayat di atas menjadi dalil bahwa benda-benda mati dapat di sucikan oleh Allah untuk tempat ibadat manusia.lalu ibadat mesti di lakukan di benda mati yang telah di sucikan itu.dalam hal ini Nuh meletakan hewan dan burung yang tak haram,lalu di bakar di atas Mezbah sebagai bentuk ibadat.lalu Tuhan mencium aroma bakaran itu yang harum sehingga Dia ridha.

KORBAN BAKARAN MENJADI HARUM JIKA DI BAKAR DI ATAS MEZBAH

(20)Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu.(21) Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.(Kejadian 8:20-21)

Ini menunjuk kan benda mati yang di sucikan Allah menjadi salah satu syarat penerimaan ibadat korban bakaran.apakah korban bakaran itu akan menjadi harum pada Tuhan jika membakar nya di tempat-tempat dosa?ini menunjuk kan pengagungan dan penyucian benda-benda mati oleh Allah sebagai sarana ibadat bagi manusia.

ALLAH MEMERINTAH KAN ABRAM MENDIRIKAN MEZBAH BAGI-NYA,

(7) Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.(8) Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.(Kejadian 12:7-8)

Tradisi pendirian Mezbah di terus kan oleh Abram(sebelum menjadi Abraham).di mana Allah memerintah kan langsung Abram untuk mendirikan Mezbah bagi-Nya.tradisi pendirian bangunan suci ini di teruskan Abram/Ibrahim ketika ia berada di Mekkah.di situ Allah juga memerintah kan Ibrahim untuk mendirikan Rumah Allah yang suci,yang kelak akan di persiap kan untuk tempat ibadat bagi seluruh manusia.

Al-Baqarah:125

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةًۭ لِّلنَّاسِ وَأَمْنًۭا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّۭى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim  tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i`tikaf, yang ruku` dan yang sujud”.

ABRAM SELESAI MEMBANGUN MEZBAH MEMANGGIL NAMA TUHAN

(7) Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.(8) Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.(Kejadian 12:7-8)

(4) ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.(Kejadian 13:4)

Pihak kristen menghina ibadat umat Islam yang mengelilingi kakbah sambil mengucap kan:”labbaikallahumma labbaik…..”

Mereka menghina:seruan itu menunjuk kan kakbah itulah tuhan umat Islam.buktinya sambil berkeliling,umat islam menyeru nama tuhan di samping kakbah.ini menunjuk kan tuhan muslim adalah kakbah itu sendiri.

Tentu pikiran itu sangat picik.seruan itu hanya untuk Allah Tuhan langit dan bumi di langit sana.kakbah cuma sarana untuk ibadat.kristen seharus nya malu,ayat di atas pun menunjuk kan Abram setelah membangun Mezbah,juga menyeru namaTuhan di samping mezbah itu.apakah berarti Mezbah benda mati itu adalah Tuhan?

MEZBAH PERTAMA ABRAM DI NEGRI PALESTINA?

Kejadian 12:8 Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.

Dalam ayat di atas itu kali pertama Abram di sebut mndirikan Mezbah bagi Tuhan.

LALU ABRAM MENDIRIKAN MEZBAH LAGI BAGI TUHAN DI MEMRE DEKAT HEBRON

Kejadian 13:18 Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.

Dari ayat di atas jelas bahwa tradisi membuat bangunan suci bagi Tuhan adalah kebiasaan Nabi Abram/Ibrahim.maka tak heran jika kelak Ibrahim ini mendirikan bangunan suci bagi Tuhan di Mekkah.

MENYEMBELIH PUN DI LAKUKAN DI ATAS MEZBAH

Kejadian 22:9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

Ayat di atas jelas menjelaskan bahwa tradisi beribadat melalui bangunan suci adalah hal biasa sejak masa dulu pada masa Israel.apakah kristen berani berkata bahwa Mezbah itu adalah tuhan nya Abram hanya karena menyembelih pun harus di atas mezbah?di mana Abram menganggap mezbah itu tuhan nya sehingga segala sesuatu ibadat itu harus di lakukan di dekat benda mati itu?

ISHAQ MENDIRIKAN MEZBAH LALU MEMANGGIL NAMA TUHAN

Kejadian 26:25 Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

Lagi-lagi ayat ini tamparan keras bagi kristen yang menuduh ketika muslim datang ke kakbah lalu menyeru labbaikallahumma labbaik berarti kakbah itu tuhan nya muslim.tentu tuduhan itu picik dan serampangan.apakah Ishaq menyeru nama Tuhan pada mezbah yang ia buat berarti mezbah itu tuhan?

TUHAN YAKUB MEZBAH?

(18) Dalam perjalanannya dari Padan-Aram sampailah Yakub dengan selamat ke Sikhem, di tanah Kanaan, lalu ia berkemah di sebelah timur kota itu(19) Kemudian dibelinyalah dari anak-anak Hemor, bapa Sikhem, sebidang tanah, tempat ia memasang kemahnya, dengan harga seratus kesita.(20) Ia mendirikan mezbah di situ dan dinamainya itu: “Allah Israel ialah Allah.”(Kejadian 33:18-20)

Jika kita mengkuti logika picik para penghujat kristen ucapan talbiyah berarti kakbah tuhan nya muslim….maka tuhan nya yakub adalah mezbah.di mana yakub menamai mezbah yang ia dirikan:”Allah israel ialah Allah”.apakah kristen tidak malu mengulang-ulang tuduhan basi seperti itu?

ALLAH MEMERINTAH KAN YAKUB MENDIRIKAN MEZBAH DI BETEL

Kejadian 35:1 Allah berfirman kepada Yakub: “Bersiaplah, pergilah ke Betel, tinggallah di situ, dan buatlah di situ mezbah bagi Allah, yang telah menampakkan diri kepadamu, ketika engkau lari dari Esau, kakakmu.”

YAKUB MENDIRIKAN MEZBAH DI BETEL SEBAGAI UNGKAPAN RASA SYUKUR PADA ALLAH

Kejadian 35:3 Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel; aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh

Kejadian 35:7 Didirikannyalah mezbah di situ, dan dinamainyalah tempat itu El-Betel, karena Allah telah menyatakan diri kepadanya di situ, ketika ia lari terhadap kakaknya.

TUHAN MUSA MEZBAH?

Keluaran 17:15 Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: “Tuhanlah panji-panjiku!”

Jika kristen masih ngotot bahwa muslim menyeru labbaikallahumma labbaik di kakbah,lalu mengatakan berarti kakbah tuhan nya muslim,maka ayat di atas adalah tamparan tambahan buat mereka.jika demikian,maka tuhan musa adalahh mezbah.di mana musa menamai mezbah nya sebagai tuhan panji-panji nya.

MEZBAH TERBUAT DARI TANAH

Keluaran 20:24 Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu sapimu. Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau.

Dari dalil di atas jelas,bahan mezbah terbuat dari tanah.maka tuhan jika di logika kan dengan logika absurd kristen,bahwa muslim tuhan nya kakbah karena menyeru Allah di samping kakbah,maka tuhan nya israel dan kristen adalah tanah,atau mezbah yang terbuat dari tanah,di mana musa menyeru di samping Mezbah:”tuhan lah panji-panjiku”

SEGALA KORBAN HEWAN BAIK KORBAN BAKARAN DAN KESELAMATAN HENDAK LAH DI TARUH DI ATAS MEZBAH

Keluaran 20:24 Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu sapimu. Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau.

(4) Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.(5) Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN.(6) Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu.

Jika kristen tak henti-henti mengatakan kakbah(atau dan Hajar aswad)sebagai tuhan nya mslim,karena berbagai ritual yang di lakukan di dekat nya(menyeru,berkeliling,ibadat dll).maka kita mengatakan juga mezbah adalah tuhan nya israel dan kristen,di mana korban ibadat pun mesti di taruh dan di persembah kan di mezbah itu.

MEZBAH JUGA TERBUAT DARI BATU

(25) Tetapi jika engkau membuat bagi-Ku mezbah dari batu, maka jangan engkau mendirikannya dari batu pahat, sebab apabila engkau mengerjakannya dengan beliung, maka engkau melanggar kekudusannya.(26) Juga jangan engkau naik tangga ke atas ke mezbah-Ku, supaya auratmu jangan kelihatan di atasnya.”(Keluaran 20:25-26)

Ulangan 27:5 Juga haruslah kaudirikan di sana mezbah bagi TUHAN, Allahmu, suatu mezbah dari batu yang tidak boleh kauolah dengan perkakas besi.

Ulangan 27:6 Dari batu yang tidak dipahat haruslah kaudirikan mezbah TUHAN, Allahmu, itu dan di atasnya haruslah kaupersembahkan korban bakaran kepada TUHAN, Allahmu.

Apakah tuhan israel dan kristen adalah batu?mengingat umat israel menyeru tuhan di dekat mezbah,daud mengelilingi mezbah,bahkan ada yang sujud ke arah mezbah?.seharus nya kristen malu melontar kan tuduhan-tuduhan basi setelah membaca ayat-ayat tentang mezbah ini.

MEZBAH TAK BOLEH DI BUAT DARI BATU PAHAT DAN DENGAN BELIUNG,KARENA MELANGGAR KEKUDUSAN MEZBAH….MENGAPA?

(25) Tetapi jika engkau membuat bagi-Ku mezbah dari batu, maka jangan engkau mendirikannya dari batu pahat, sebab apabila engkau mengerjakannya dengan beliung, maka engkau melanggar kekudusannya.(26) Juga jangan engkau naik tangga ke atas ke mezbah-Ku, supaya auratmu jangan kelihatan di atasnya.”(Keluaran 20:25-26)

JANGAN MENAIKI MEZBAH DENGAN TANGGA KARENA KHAWATIR AURAT TERLIHAT

(26) Juga jangan engkau naik tangga ke atas ke mezbah-Ku, supaya auratmu jangan kelihatan di atasnya.(Keluaran 20:26)

Aturan menjaga Aurat ini bagus,bukti bahwa syariat samawi manapun mengajarkan agar menjaga Aurat.namun timbul pertanyaan:jika naik ke atas mezbah tak boleh dengan tangga,dengan apa pula untuk naik ke atas mezbah itu?.namun aneh nya dalam kitab yehezkiel,mezbah mempunyai tangga:

Yehezkiel 43:17 Jalur yang mengelilingi perapian itu panjangnya empat belas hasta dan lebarnya empat belas hasta, jadi empat persegi juga. Sekeliling mezbah itu ada parit, yang satu hasta lebarnya dan sekeliling parit itu ada tepinya, yang setengah hasta lebarnya. Tangga mezbah itu adalah sebelah timur.

AMBIL PEMBUNUH DARI MEZBAH,BUNUH LAH IA

Keluaran 21:14 Tetapi apabila seseorang berlaku angkara terhadap sesamanya, hingga ia membunuhnya dengan tipu daya, maka engkau harus mengambil orang itu dari mezbah-Ku, supaya ia mati dibunuh.

MEZBAH DI DIRIKAN DENGAN 12 TUGU

(4) Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.(5) Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN.(6) Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu.(Keluaran 24:4-6)

Dari ayat di atas jelas bahwa bahan mezbah terkadang tanah,batu,hingga batu tugu.apakah jika israel sujud ke arah mezbah berarti Tuhan israel adalah batu atau tugu?think smart para penghujat islam……

RITUAL IBADAT MENYIRAM DARAH HEWAN KORBAN PADA MEZBAH

(4) Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.(5) Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN.(6) Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu..(Keluaran 24:4-6)

Imamat 1:5 Kemudian haruslah ia menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN, dan anak-anak Harun, imam-imam itu, harus mempersembahkan darah lembu itu dan menyiramkannya pada sekeliling mezbah yang di depan pintu Kemah Pertemuan.

Imamat 3:2 Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala persembahannya itu, dan menyembelihnya di depan pintu Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun, imam-imam itu haruslah menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Imamat 4:7 Kemudian imam itu harus membubuh sedikit dari darah itu pada tanduk-tanduk mezbah pembakaran ukupan dari wangi-wangian, yang ada di hadapan TUHAN di dalam Kemah Pertemuan, dan semua darah selebihnya harus dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah korban bakaran yang di depan pintu Kemah Pertemuan.

Imamat 4:25 Kemudian haruslah imam mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban penghapus dosa itu, lalu membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah korban bakaran. Darah selebihnya haruslah dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah korban bakaran.

Imamat 8:30 Dan lagi Musa mengambil sedikit dari minyak urapan dan dari darah yang di atas mezbah itu, lalu dipercikkannya kepada Harun, ke pakaiannya, dan juga kepada anak-anaknya dan ke pakaian anak-anaknya. Dengan demikian ditahbiskannyalah Harun, pakaiannya, dan juga anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.

BENTUK MEZBAH DAN ATURAN RUMIT DALAM MEMBUAT NYA

(1) Haruslah engkau membuat mezbah dari kayu penaga, lima hasta panjangnya dan lima hasta lebarnya, sehingga mezbah itu empat persegi, tetapi tiga hasta tingginya.(2) Haruslah engkau membuat tanduk-tanduknya pada keempat sudutnya; tanduk-tanduknya itu haruslah seiras dengan mezbah itu dan haruslah engkau menyalutnya dengan tembaga.(3) Juga harus engkau membuat kuali-kualinya tempat menaruh abunya, dan sodok-sodoknya dan bokor-bokor penyiramannya, garpu-garpunya dan perbaraan-perbaraannya; semua perkakasnya itu harus kaubuat dari tembaga.(4) Haruslah engkau membuat untuk itu kisi-kisi, yakni jala-jala tembaga, dan pada jala-jala itu haruslah kaubuat empat gelang tembaga pada keempat ujungnya.(5) Haruslah engkau memasang jala-jala itu di bawah jalur mezbah itu; mulai dari sebelah bawah, sehingga jala-jala itu sampai setengah tinggi mezbah itu.(6) Haruslah engkau membuat kayu-kayu pengusung untuk mezbah itu, kayu-kayu pengusung dari kayu penaga dan menyalutnya dengan tembaga.(7) Kayu-kayu pengusungnya itu haruslah dimasukkan ke dalam gelang-gelang itu dan kayu-kayu pengusung itu haruslah ada pada kedua rusuk mezbah itu waktu mezbah itu diangkut.(8) Mezbah itu harus kaubuat berongga dan dari papan, seperti yang ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu, demikianlah harus dibuat mezbah itu.”(Keluaran 27:1-8)

Perhatikan bahwa mezbah,layak nya kakbah berbentuk 4 persegi.

MEZBAH ITU TEMPAT KUDUS, DI DATANGI UNTUK MENYELENGGARAKAN KEBAKTIAN

Keluaran 28:43 Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya.”

Seperti hal nya kakbah dan di datangi buat menyelenggarakan ibadat,begitu juga mezbah di datangi untuk hal itu.syariat para nabi itu pararel satu sama lain.maka picik jika mengatakan ibadat di kakbah atau juga hajar aswad berarti kakbah dan hajar aswad itu tuhan.

LAGI,IBADAT MENCURAH DAN MENYIRAM MEZBAH DENGAN DARAH

Keluaran 29:12 Haruslah kauambil sedikit dari darah lembu jantan itu dan kaububuh dengan jarimu pada tanduk-tanduk mezbah, dan segala darah selebihnya haruslah kaucurahkan pada bagian bawah mezbah.

Keluaran 29:16 Haruslah kausembelih domba jantan itu dan kauambillah darahnya dan kausiramkan pada mezbah sekelilingnya.

Keluaran 29:20 Haruslah kausembelih domba jantan itu, kauambillah sedikit dari darahnya dan kaububuh pada cuping telinga kanan Harun dan pada cuping telinga kanan anak-anaknya, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, dan darah selebihnya kausiramkanlah pada mezbah sekelilingnya.

Keluaran 29:21 Haruslah kauambil sedikit dari darah yang ada di atas mezbah dan dari minyak urapan itu dan kaupercikkanlah kepada Harun dan kepada pakaiannya, dan juga kepada anak-anaknya dan pada pakaian anak-anaknya; maka ia akan kudus, ia dan pakaiannya, dan juga anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.

mamat 3:13 Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala kambing itu dan menyembelihnya di depan Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun harus menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Imamat 5:9 Sedikit dari darah korban penghapus dosa itu haruslah dipercikkannya ke dinding mezbah, tetapi darah selebihnya haruslah ditekan ke luar pada bagian bawah mezbah; itulah korban penghapus dosa.

Imamat 8:15 Lembu itu disembelih, lalu Musa mengambil darahnya, kemudian dengan jarinya dibubuhnyalah darah itu pada tanduk-tanduk mezbah sekelilingnya, dan dengan demikian disucikannyalah mezbah itu dari dosa; darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah. Dengan demikian dikuduskannya mezbah itu dan diadakannya pendamaian baginya.

Imamat 8:24 Musa menyuruh anak-anak Harun mendekat, lalu membubuh sedikit dari darah itu pada cuping telinga kanan mereka, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, lalu Musa menyiramkan darah selebihnya pada mezbah sekelilingnya.

Imamat 8:19 Domba itu disembelih, lalu Musa menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Imamat 9:9 Anak-anak Harun menyampaikan darah lembu itu kepadanya, dan Harun mencelupkan jarinya ke dalam darah itu dan membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah. Darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah.

MEMBAKAR HEWAN KORBAN DI ATAS MEZBAH,MERUPAKAN PERSEMBAHAN YANG HARUM BAGI TUHAN

Keluaran 29:13 Kemudian kauambillah segala lemak yang menutupi isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang dan segala lemak yang melekat padanya, dan kaubakarlah di atas mezbah.

Keluaran 29:18 Kemudian haruslah kaubakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah; itulah korban bakaran, suatu persembahan yang harum bagi TUHAN, yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Keluaran 29:25 Kemudian haruslah kauambil semuanya dari tangan mereka dan kaubakar di atas mezbah, yaitu di atas korban bakaran, sebagai persembahan yang harum di hadapan TUHAN; itulah suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Imamat 3:5 Anak-anak Harun harus membakarnya di atas mezbah, yakni di atas korban bakaran yang sedang dibakar di atas api, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Imamat 4:19 Segala lemak harus dikhususkannya dari lembu itu dan dibakarnya di atas mezbah.

Imamat 6:15 Setelah dikhususkan dari korban sajian itu segenggam tepung yang terbaik dengan minyak, serta seluruh kemenyan yang di atas korban sajian itu, maka haruslah semuanya dibakar di atas mezbah sehingga baunya menyenangkan sebagai bagian ingat-ingatannya bagi TUHAN.

Imamat 8:16 Diambillah segala lemak yang melekat pada isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang serta lemaknya, lalu Musa membakarnya di atas mezbah.

Imamat 8:21 Tetapi isi perut dan betisnya dibasuh dengan air, lalu Musa membakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah. Itulah korban bakaran, yang baunya menyenangkan; yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Imamat 8:28 Kemudian Musa mengambil semuanya dari telapak tangan mereka, lalu dibakarnya di atas mezbah, yaitu di atas korban bakaran. Itulah persembahan pentahbisan untuk menjadi bau yang menyenangkan; itulah suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Imamat 17:6 Imam harus menyiramkan darahnya pada mezbah TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan dan membakar lemaknya menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN.

SUCIKAN MEZBAH DAN URAPI UNTUK MENG KUDUS KAN NYA

Keluaran 29:36 Tiap-tiap hari haruslah engkau mengolah seekor lembu jantan menjadi korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian dan haruslah kausucikan mezbah itu, dengan mengadakan pendamaian baginya; haruslah engkau mengurapinya untuk menguduskannya.

ORANG YANG KENA MEZBAH AKAN MENJADI KUDUS

Keluaran 29:37 Tujuh hari lamanya haruslah engkau mengadakan pendamaian bagi mezbah itu; haruslah engkau menguduskannya, maka mezbah itu akan menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepada mezbah itu akan menjadi kudus.”

Ini tamparan bagi kristen yang kerap menghina muslim bahwa hajar aswad menyerap dosa.ternyata mezbah pun bisa mengudus kan israel dari dosa hanya dengan terkena mezbah itu saja.seperti hal nya hajar aswad benda mati,begitu juga mezbah yang kadang terbuat dari batu,kayu,tugu dan seterus nya.

OLAHAN HEWAN KORBAN DI ATAS MEZBAH

Keluaran 29:38 Inilah yang harus kauolah di atas mezbah itu: dua anak domba berumur setahun, tetap tiap-tiap hari.

lanjut kan membaca peraturan2 itu di keluaran 29 .

Imamat 8:16 Diambillah segala lemak yang melekat pada isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang serta lemaknya, lalu Musa membakarnya di atas mezbah.

Imamat 9:13 Juga diserahkan merekalah kepadanya korban bakaran itu menurut bagian-bagian tertentu beserta dengan kepalanya, lalu dibakarnya di atas mezbah.

Imamat 9:14 Isi perut dan betisnya dibasuhnya dan dibakarnya dengan korban bakaran di atas mezbah.

Imamat 9:16 Kemudian dibawanyalah korban bakaran ke mezbah, dan diolahnya sesuai dengan peraturan..

Imamat 9:20 segala lemak itu diletakkan mereka di atas dada kedua korban itu, lalu Harun membakar segala lemak itu di atas mezbah.

Imamat 9:24 Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah.

Imamat 14:20 Kemudian imam harus mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian di atas mezbah. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu, maka ia menjadi tahir.

Imamat 16:25 Kemudian ia harus membakar lemak korban penghapus dosa di atas mezbah.

Bilangan 23:4 Maka Allah menemui Bileam, lalu Bileam berkata kepada-Nya: “Ketujuh mezbah itu telah kuatur, dan kupersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah.”

Ulangan 12:27 engkau harus mengolah korban bakaranmu, daging dan darahnya, di atas mezbah TUHAN, Allahmu, dan darah korban sembelihanmu haruslah dicurahkan ke atas mezbah TUHAN, Allahmu, tetapi dagingnya boleh kaumakan.

Ulangan 27:6 Dari batu yang tidak dipahat haruslah kaudirikan mezbah TUHAN, Allahmu, itu dan di atasnya haruslah kaupersembahkan korban bakaran kepada TUHAN, Allahmu.

Ulangan 33:10 mereka mengajarkan peraturan-peraturan-Mu kepada Yakub, hukum-Mu kepada Israel; mereka menaruh ukupan wangi-wangian di depan-Mu dan korban yang terbakar seluruhnya di atas mezbah-Mu.

ALLAH MENGKUDUS KAN MEZBAH

Imamat 9:17 Selanjutnya dibawanyalah korban sajian dan diambilnya segenggam dari padanya, lalu dibakarnya di atas mezbah, di samping korban bakaran pada waktu pagi.

Keluaran 29:44 Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.

BERBAGAI HAL YANG HARUS DI LAKUKAN PADA MEZBAH

(1) Haruslah kaubuat mezbah, tempat pembakaran ukupan; haruslah kaubuat itu dari kayu penaga;(2) sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, sehingga menjadi empat persegi, tetapi haruslah dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya haruslah seiras dengan mezbah itu.(3) Haruslah kausalut itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang-bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Haruslah kaubuat bingkai emas sekelilingnya.(4) Haruslah kaubuat dua gelang emas untuk mezbah itu di bawah bingkainya; pada kedua rusuknya haruslah kaubuat gelang itu, pada kedua bidang sisinya, dan haruslah gelang itu menjadi tempat memasukkan kayu pengusung, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut.(5) Haruslah kaubuat kayu pengusung itu dari kayu penaga dan kausalutlah dengan emas.(6) Haruslah kautaruh tempat pembakaran itu di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum, di mana Aku akan bertemu dengan engkau.(7) Di atasnya haruslah Harun membakar ukupan dari wangi-wangian; tiap-tiap pagi, apabila ia membersihkan lampu-lampu, haruslah ia membakarnya.(8) Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan TUHAN di antara kamu turun-temurun.(9) Di atas mezbah itu janganlah kamu persembahkan ukupan yang lain ataupun korban bakaran ataupun korban sajian, juga korban curahan janganlah kamu curahkan di atasnya.(10) Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi TUHAN.”(Keluaran 30:1-10)

BERWUDHU KETIKA DATANG KE MEZBAH UNTUK MENYELENGGARAKAN KEBAKTIAN

(17) Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:(18) Haruslah engkau membuat bejana dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.(19) Maka Harun dan anak-anaknya haruslah membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.(20) Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki dengan air, supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN,(21) haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Itulah yang harus menjadi ketetapan bagi mereka untuk selama-lamanya, bagi dia dan bagi keturunannya turun-temurun.(Keluaran 30:17-21)

Keluaran 40:7 Kautaruhlah bejana pembasuhan di antara Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu kautaruhlah air ke dalamnya.

Keluaran 40:30 Ditempatkannyalah bejana pembasuhan di antara Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu ditaruhnyalah air ke dalamnya untuk pembasuhan.

(30) Ditempatkannyalah bejana pembasuhan di antara Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu ditaruhnyalah air ke dalamnya untuk pembasuhan.(31) Musa dan Harun serta anak-anaknya membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.(32) Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan dan apabila mereka datang mendekat kepada mezbah itu, maka mereka membasuh kaki dan tangan–seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.(keluaran 40:30-32)

Ayat di atas jelas sesungguh nya syariat Quran ada beberapa nya juga merupakan syariat kitab-kitab suci terdahulu seperti firman Allah:

وَإِنَّهُۥ لَفِى زُبُرِ ٱلْأَوَّلِينَ

Dan sesungguhnya Al Qur`an itu benar-benar (tersebut) dalam Kitab-kitab orang yang dahulu.

MEZBAH HARUS DI BERI MINYAK URAPAN SUPAYA MENJADI KUDUS

(22) Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:(23) Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,(24) dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.(25) Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.(26) Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,(27) meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;(28) mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.(29) Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.(Keluaran 30:22-29)

Keluaran 40:10 Juga kauurapilah mezbah korban bakaran itu dengan segala perkakasnya; demikianlah engkau harus menguduskan mezbah itu, sehingga mezbah itu maha kudus.

LAGI-LAGI TERKENA MEZBAH YANG DI URAPI MEMBUAT SESEORANG MENJADI KUDUS

Ini ayat tamparan keras lagi buat kristen yang mengejek muslim bahwa Hajar aswad itu menyerap dosa.berarti hajar aswad itu tuhan nya muslim.suatu logika konyol yang terus di pelihara oleh mereka.perhatikan ayat ini,seseorang yang terkena mezbah ia pun menjadi kudus,terserap dosa-dosa nya:

(22) Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:(23) Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,(24) dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.(25) Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.(26) Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,(27) meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;(28) mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.(29) Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.(Keluaran 30:22-29)

Imamat 8:11 Dipercikkannyalah sedikit dari minyak itu ke mezbah tujuh kali dan diurapinya mezbah itu serta segala perkakasnya, dan juga bejana pembasuhan serta alasnya untuk menguduskannya.

FITNAH ALKITAB EDITAN ISRAEL,HARUS MEMBUAT MEZBAH BAGI PATUNG BERHALA ANAK LEMBU EMAS

Keluaran 32:5 Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: “Besok hari raya bagi TUHAN!”

Bukan tempat nya saya membahas cerita fitnah ini di sini.saya sedang membahas fokus tentang mezbah yang di hubungkan dengan kakbah dan hajar aswad.Taurat kini editan israel bukan hal yang tak masuk akal.banyak kesalahan di dalam nya,ayat-ayat aneh,dan sebagai contoh soal keunggulan nenek moyang israel dan soal memakan riba.

Bukan saja Harun yang di jelek kan kaum durhaka perusak kitab suci.juga nabi Luth pun di jelek kan pula .juga nabi Daud dan seterus nya.

BEDAKAN MEZBAH ALLAH DENGAN MEZBAH KAUM BERHALA

Keluaran 34:13 Sebaliknya, mezbah-mezbah mereka haruslah kamu rubuhkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, dan tiang-tiang berhala mereka kamu tebang.

Ulangan 7:5 Tetapi beginilah kamu lakukan terhadap mereka: mezbah-mezbah mereka haruslah kamu robohkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, tiang-tiang berhala mereka kamu hancurkan dan patung-patung mereka kamu bakar habis.

Ulangan 12:3 Mezbah mereka kamu harus robohkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, tiang-tiang berhala mereka kamu bakar habis, patung-patung allah mereka kamu hancurkan, dan nama mereka kamu hapuskan dari tempat itu.

Ada kristen menuduh bukti kakbah dan hajar aswad tuhan umat islam ialah,ketika nabi hancurkan 360 berhala di sisakan berhala kakbah dan hajar aswad.tuduhan ngawur itu di tampar oleh ayat di atas.soal mezbah pun ada mezbah yang harus di hancurkan dan di biarkan.mezbah yang di hancurkan milik kaum berhala.dan yang tetap di pelihara bahkan di sucikan bahkan di urapi dan seterus nya mezbah Allah.perlakuan menyisakan mezbah itu apakah berarti mezbah itu tuhan?betapa ngawur nya logika seperti itu

PERINTAH TUHAN MENDIRIKAN MEZBAH

(10) Segala orang yang ahli di antara kamu haruslah datang untuk membuat segala yang diperintahkan TUHAN,(11) yakni Kemah Suci, atap kemahnya dan tudungnya, kaitannya, dan papannya, kayu lintangnya, tiangnya dan alasnya;(12) tabut dengan kayu pengusungnya, tutup pendamaian dan tabir penudung;(13) meja dengan kayu pengusungnya, segala perkakasnya dan roti sajian;(14) kandil untuk penerangan dengan perkakasnya, lampunya dan minyak untuk penerangan;(15) mezbah pembakaran ukupan dengan kayu pengusungnya, minyak urapan dan ukupan dari wangi-wangian; tirai pintu untuk pintu Kemah Suci;(16) mezbah korban bakaran dengan kisi-kisi tembaganya, kayu pengusungnya dan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya;(Keluaran 35:10-16)

MEMBUAT MEZBAH PEMBAKARAN UKUPAN

(25) Dibuatnyalah mezbah pembakaran ukupan itu dari kayu penaga, sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, empat persegi, tetapi dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya seiras dengan mezbah itu. (26) Disalutnyalah itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang-bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Dibuatnyalah bingkai emas sekelilingnya.(27) Dibuatnyalah dua gelang emas untuk mezbah itu di bawah bingkainya, pada kedua rusuknya, pada kedua bidang sisinya, sebagai tempat memasukkan kayu pengusung, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut.(28) Dan dibuatnyalah kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan emas.(Keluaram 37:26-28)

MEMBUAT MEZBAH KORBAN BAKARAN

(1) Dibuatnyalah mezbah korban bakaran itu dari kayu penaga, lima hasta panjangnya dan lima hasta lebarnya, empat persegi, tetapi tiga hasta tingginya.(2) Dibuatnyalah tanduk-tanduknya pada keempat sudutnya; tanduk-tanduknya itu dibuat seiras dengan mezbah itu dan disalutnya dengan tembaga.(3) Dibuatnyalah segala perkakas mezbah itu, yakni kuali-kuali, sodok-sodok, bokor-bokor penyiraman, garpu-garpu dan perbaraan-perbaraan, semua perkakasnya itu dibuatnya dari tembaga.(4) Dibuatnyalah untuk mezbah itu kisi-kisi, yakni jala-jala tembaga, di bawah jalur, mulai dari sebelah bawah sampai setengah tingginya.(5) Dituangnyalah empat gelang pada keempat ujung kisi-kisi tembaga itu, yakni tempat memasukkan kayu pengusung.(6) Dibuatnyalah kayu-kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan tembaga.(7) Dan dimasukkannyalah kayu-kayu pengusung itu ke dalam gelang-gelang yang pada rusuk mezbah itu, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut. Mezbah itu dibuatnya berongga dan dari papan.(Keluaran 38:1-7)

BIAYA PERKAKAS MEZBAH

(29) Tembaga dari persembahan unjukan itu ada tujuh puluh talenta dan dua ribu empat ratus syikal.(30) Dari padanya dibuatnyalah alas-alas pintu Kemah Pertemuan, dan mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, segala perkakas mezbah itu,(Keluaran 38:29-30)

MEZBAH ADA YANG DARI EMAS DAN TEMBAGA

(38) mezbah dari emas, minyak urapan, ukupan dari wangi-wangian, tirai pintu kemah,(39) mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, kayu-kayu pengusungnya dan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya,(Keluaran 39:38-39)

Keluaran 40:5 Kautaruhlah mezbah emas untuk membakar ukupan di depan tabut hukum. Kaugantungkanlah tirai pintu Kemah Suci.

MEZBAH DI KELILINGI TIANG-TIANG PELATARAN

Keluaran 40:33 Didirikannyalah tiang-tiang pelataran sekeliling Kemah Suci dan mezbah itu, dan digantungkannyalah tirai pintu gerbang pelataran itu. Demikianlah diselesaikan Musa pekerjaan itu.

TUGAS MENYUSUN KAYU API DI ATAS MEZBAH DAN MENGATUR POTONGAN HEWAN KORBAN

Imamat 1:7 Anak-anak imam Harun haruslah menaruh api di atas mezbah dan menyusun kayu di atas api itu.

Imamat 1:8 Dan mereka harus mengatur potongan-potongan korban itu dan kepala serta lemaknya di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah.

IMAM MEMBAKAR JEROAN DAN BETIS DAN BAGIAN LAIN NYA HEWAN KORBAN BAKARAN DI ATAS MEZBAH,BAU NYA MENYENANGKAN BAGI TUHAN

Imamat 1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Imamat 1:12 Kemudian haruslah ia memotong-motongnya menurut bagian-bagian tertentu, dan bersama-sama kepalanya dan lemaknya diaturlah semuanya itu oleh imam di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah.

Imamat 1:13 Isi perut dan betisnya haruslah dibasuhnya dengan air, dan seluruhnya itu haruslah dipersembahkan oleh imam dan dibakar di atas mezbah: itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Imamat 3:11 Imam harus membakarnya di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian bagi TUHAN.

IImamat 3:16 Imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai santapan berupa korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan. Segala lemak adalah kepunyaan TUHAN.

Imamat 4:26 Tetapi segala lemak harus dibakarnya di atas mezbah, seperti juga lemak korban keselamatan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya, sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 4:31 Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak korban keselamatan dipisahkan, lalu haruslah dibakar oleh imam di atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 7:31 Lalu haruslah imam membakar lemaknya di atas mezbah, tetapi dadanya itu adalah bagian Harun dan anak-anaknya

Imamat 8:21 Tetapi isi perut dan betisnya dibasuh dengan air, lalu Musa membakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah. Itulah korban bakaran, yang baunya menyenangkan; yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa..

Imamat 8:28 Kemudian Musa mengambil semuanya dari telapak tangan mereka, lalu dibakarnya di atas mezbah, yaitu di atas korban bakaran. Itulah persembahan pentahbisan untuk menjadi bau yang menyenangkan; itulah suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Bilangan 18:17 Tetapi anak sulung lembu, domba atau kambing janganlah kautebus; semuanya itu kudus; darahnya haruslah kausiramkan pada mezbah dan lemaknya kaubakar sebagai korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN;

HARUS MENYEMBELIH HEWAN KORBAN DI SISI MEZBAH SEBELAH UTARA

Imamat 1:11 Haruslah ia menyembelihnya pada sisi mezbah sebelah utara di hadapan TUHAN, lalu haruslah anak-anak Harun, imam-imam itu, menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Ayat ini juga tamparan keras lagi bagi kristen yang selalu mempermasalah kan muslim yang harus selalu menghadap kiblat,baik ketika solat atau di makam kan.ayat di atas menunjuk kan menyembelih hewan ternak pun harus pada sisi mezbah sebelah utara.jika tidak di sisi mezbah sebelah utara tentu tak akan sah hewan sembelihan nya

kata HARUS dalam Alkitab adalah perintah keras dan wajib yang jika di langgar menuai hukuman berat.sebagai contoh:

Keluaran 28:35 Haruslah gamis itu dipakai Harun, apabila ia menyelenggarakan kebaktian, dan bunyinya harus kedengaran, apabila ia masuk ke dalam tempat kudus di hadapan TUHAN dan apabila ia keluar pula, supaya ia jangan mati.

Keluaran 28:43 Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya.”

ayat lain:

Imamat 6:14 Inilah hukum tentang korban sajian. Anak-anak Harun haruslah membawanya ke hadapan TUHAN ke depan mezbah.

Imamat 9:8 Maka mendekatlah Harun kepada mezbah, dan disembelihnyalah anak lembu yang akan menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri.

Bilangan 5:25 Maka haruslah imam mengambil korban sajian cemburuan dari tangan perempuan itu lalu mengunjukkannya ke hadapan TUHAN, dan membawanya ke mezbah.

Bilangan 7:10 Lagi para pemimpin mempersembahkan persembahan pentahbisan mezbah, pada hari mezbah itu diurapi; para pemimpin membawa persembahan mereka ke depan mezbah itu.

KORBAN BURUNG HARUS DI BAWA DAN DI BAKAR DI MEZBAH,DARAH NYA HARUS DI TEKAN KELUAR PADA DINDING MEZBAH

(14) Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati.(15) Imam harus membawanya ke mezbah, lalu memulas kepalanya dan membakarnya di atas mezbah. Darahnya harus ditekan ke luar pada dinding mezbah.(16) Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu.(16) Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu.(Imamat 1;14-16)

Imamat 2:2 Lalu korban itu harus dibawanya kepada anak-anak Harun, imam-imam itu. Setelah diambil dari korban itu tepung segenggam dengan minyak beserta seluruh kemenyannya, maka imam haruslah membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai bagian ingat-ingatan korban itu, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Imamat 2:8 Maka korban sajian yang diolah menurut salah satu cara itu haruslah kaupersembahkan kepada TUHAN, yakni harus disampaikan kepada imam, yang membawanya ke mezbah.

Imamat 2:9 Kemudian imam harus mengkhususkan dari korban sajian itu bagian ingat-ingatannya lalu membakarnya di atas mezbah sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Ayat tamparan lagi buat kristen,ternyata Alkitab pun mengajar kan apa-apa harus menghadap benda mati yang di sucikan.

HAL YANG TIDAK BOLEH DI BAWA KE ATAS MEZBAH

Imamat 2:12 Tetapi sebagai persembahan dari hasil pertama boleh kamu mempersembahkannya kepada TUHAN, hanya janganlah dibawa ke atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan.

DI AMPUNI DOSA DENGAN MENJALAN KAN IBADAT MEMBAKAR HEWAN/LEMAK DI ATAS MEZBAH

Imamat 4:26 Tetapi segala lemak harus dibakarnya di atas mezbah, seperti juga lemak korban keselamatan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya, sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 4:31 Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak korban keselamatan dipisahkan, lalu haruslah dibakar oleh imam di atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 4:35 Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak domba korban keselamatan dipisahkan, lalu imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah di atas segala korban api-apian TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosa yang telah diperbuatnya, sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 5:9 Sedikit dari darah korban penghapus dosa itu haruslah dipercikkannya ke dinding mezbah, tetapi darah selebihnya haruslah ditekan ke luar pada bagian bawah mezbah; itulah korban penghapus dosa.

Imamat 7:2 Di tempat orang menyembelih korban bakaran, di situlah harus disembelih korban penebus salah, dan darahnya haruslah disiramkan pada mezbah itu sekelilingnya.

Imamat 7:5 Haruslah imam membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai korban api-apian bagi TUHAN; itulah korban penebus salah.

Imamat 9:7 Kata Musa kepada Harun: “Datanglah mendekat kepada mezbah, olahlah korban penghapus dosa dan korban bakaranmu, dan adakanlah pendamaian bagimu sendiri dan bagi bangsa itu; sesudah itu olahlah persembahan bangsa itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, seperti yang diperintahkan TUHAN.”

Imamat 9:8 Maka mendekatlah Harun kepada mezbah, dan disembelihnyalah anak lembu yang akan menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri.

Imamat 9:10 Lemak, buah pinggang dan umbai hati dari korban penghapus dosa itu dibakarnya di atas mezbah, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Imamat 9:15 Sesudah itu dibawanya persembahan bangsa ke mezbah; diambilnyalah kambing jantan yang akan menjadi korban penghapus dosa yang bagi bangsa itu, lalu disembelihnya dan dipersembahkannya sebagai korban penghapus dosa seperti yang pertama

Imamat 9:18 Ia menyembelih juga lembu dan domba jantan yang akan menjadi korban keselamatan bagi bangsa itu, lalu anak-anak Harun menyerahkan darah korban itu kepadanya, maka Harun menyiramkannya pada mezbah sekelilingnya.

Imamat 14:20 Kemudian imam harus mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian di atas mezbah. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu, maka ia menjadi tahir.

Imamat 16:25 Kemudian ia harus membakar lemak korban penghapus dosa di atas mezbah.

KORBAN BAKARAN HARUS DI BAKAR DI ATAS MEZBAH SEMALAM-MALAMAN SAMPAI PAGI,API NYA TAK BOLEH PADAM

Imamat 6:9 Perintahkanlah kepada Harun dan anak-anaknya: Inilah hukum tentang korban bakaran. Korban bakaran itu haruslah tinggal di atas perapian di atas mezbah semalam-malaman sampai pagi, dan api mezbah haruslah dipelihara menyala di atasnya.

Imamat 6:12 Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana.

Imamat 6:13 Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam.”

NAIK KE ATAS MEZBAH HARUS MENUTUP AURAT

Imamat 6:10 Imam haruslah mengenakan pakaian lenannya, dan mengenakan celana lenan untuk menutup auratnya. Lalu ia harus mengangkat abu yang ada di atas mezbah sesudah korban bakaran habis dimakan api, dan haruslah ia membuangnya di samping mezbah.

MEZBAH PUN HARUS DI SUCIKAN DARI DOSA DAN KENAJISAN

Imamat 8:15 Lembu itu disembelih, lalu Musa mengambil darahnya, kemudian dengan jarinya dibubuhnyalah darah itu pada tanduk-tanduk mezbah sekelilingnya, dan dengan demikian disucikannyalah mezbah itu dari dosa; darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah. Dengan demikian dikuduskannya mezbah itu dan diadakannya pendamaian baginya.

Imamat 16:19 Kemudian ia harus memercikkan sedikit dari darah itu ke mezbah itu dengan jarinya tujuh kali dan mentahirkan serta menguduskannya dari segala kenajisan orang Israel.

 MAKAN ROTI TAK BERAGI PUN HARUS DI SAMPING MEZBAH

Imamat 10:12 Kemudian berkatalah Musa kepada Harun dan kepada Eleazar dan Itamar, anak-anak Harun yang tinggal itu: “Ambillah korban sajian yang tinggal dari segala korban api-apian TUHAN, dan makanlah itu sebagai roti yang tidak beragi di samping mezbah, karena itulah bagian maha kudus.

SYARAT HEWAN KURBAN DI ATAS MEZBAH

Imamat 22:22 Binatang yang buta atau yang patah tulang, yang luka atau yang berbisul, yang berkedal atau yang berkurap, semuanya itu janganlah kamu persembahkan kepada TUHAN dan binatang yang demikian janganlah kamu taruh sebagai korban api-apian bagi TUHAN ke atas mezbah.

PEMELIHARAAN DAN PEMBERSIHAN MEZBAH

Bilangan 3:31 Yang harus dipelihara mereka ialah tabut, meja, kandil, mezbah-mezbah, perkakas tempat kudus yang dipakai untuk menyelenggarakan ibadah, juga tirai, termasuk segala pekerjaan yang berhubungan dengan semuanya itu.

Bilangan 4:13 Dan mereka harus membersihkan mezbah itu dari abu, lalu membentangkan sehelai kain ungu muda di atasnya,

MEZBAH PUN DI BERI SEMACAM KISWAH

Bilangan 4:11 Di atas mezbah dari emas itu mereka harus membentangkan sehelai kain ungu tua dan menudunginya dengan tudung dari kulit lumba-lumba, kemudian mereka harus memasang kayu-kayu pengusung mezbah itu.

BILEAM MEMINTA KEPADA BALAK DI DIRIKAN 7 MEZBAH

(1) Lalu berkatalah Bileam kepada Balak: “Dirikanlah bagiku di sini tujuh mezbah dan siapkanlah bagiku di sini tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan.”(2) Balak melakukan seperti yang dikatakan Bileam, maka Balak dan Bileam mempersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah itu.(Bilangan 23:1-2)

BOLEH MAKAN DAGING KORBAN MEZBAH

Ulangan 12:27 engkau harus mengolah korban bakaranmu, daging dan darahnya, di atas mezbah TUHAN, Allahmu, dan darah korban sembelihanmu haruslah dicurahkan ke atas mezbah TUHAN, Allahmu, tetapi dagingnya boleh kaumakan.

LARANGAN ADA BERHALA DI SAMPING MEZBAH

Ulangan 16:21 Janganlah engkau menanam sesuatu pohon sebagai tiang berhala di samping mezbah TUHAN, Allahmu, mezbah yang akan kaubuat bagimu.

Demikian pembahasan tentang mezbah dalam Taurat.pada kesempatan lain saya akan membahas mezbah di tempat lain Alkitab di luar kitab Taurat.pada tulisan selanjut nya saya akan tunjuk kan ternyata ibadat Israel harus selalu menghadap ke mezbah,seperti ibadat umat islam harus selalu menghadap ke kiblat.maka tidak ada alasan lagi bagi kristen radikal menghujat dan mencemooh sikap ibadat muslim yang harus selalu terus menghadap ke kakbah.