korban bakaran

korban bakaran

Banyak kristen radikal yang mengolok-ngolok muslim beribadat SELALU HARUS MENGHADAP KIBLAT.mereka merasa aneh dengan cara ibadat seperti itu.mereka mengejek bahwa sikap ibadat seperti itu tanda bahwa kakbah itu tuhan umat muslim itu sendiri.padahal mereka tidak sadar bahwa dalam alkitab mereka sendiri ibadat juga mesti dan harus di syarat kan menghadap benda mati.sebagai contoh adalah ibadat harus selalu mnghadap atau di dekat mezbah,jika tak di lakukan,maka ibadat itu tidak sah.

Berikut contoh screenshoot hujatan-hujatan mereka:

ratu

ratu2

Masih banyak hujatan mereka tentang cara ibadat muslim yang selalu harus menghadap kiblat atau kakbah.hujatan itu tanda mereka tak mengetahui Alkitab mereka sendiri.padahal dalam Alkitab mereka sendiri,israel dalam beribadat harus selalu menghadap,menghadir kan diri dan dekat dengan mezbah.jika tidak demikian,ibadat mereka tak akan sah.sekarang mari kita bedah apa saja ibadat israel yang harus dan wajib menghadap dan hadir dan dekat dengan mezbah?

Mezbah adalah benda mati yang di dirikan israel atas perintah Tuhan,di mana benda mati itu di kudus kan Tuhan.pada benda itu israel melakukan berbagai ibadat seperti korban bakaran,korban penebus dosa,bahkan Daud dalam Mazmur bertawaf keliling mezbah.berikut ibadat-ibadat yang di lakukan israel yang harus menghadap,hadir dan di dekat mezbah.jika tidak maka ibadat itu TIDAK SAH DAN TERTOLAK.pembahasan ini saya fokus kan merujuk kitab taurat kontemporer.adapun Mezbah di dalam kitab-kitab lain Insya Allah saya akan bahas di lain kesempatan Insya Allah.ok,mari kita mulai:

IBADAT KORBAN BAKARAN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Keluaran 20:24 Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu sapimu. Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau.

Apakah kristen berani berkata bahwa korban bakaran israel tetap sah jika tak di lakukan di atas mezbah?misal nya korban bakaran itu di taruh dan di bakar saja di atas batu biasa?.dari ayat di atas jelas bahwa ibadat israel harus selalu menghadap kan diri dan wajah dan perbuatan ibadat nya kepada mezbah.

Keluaran 29:13 Kemudian kauambillah segala lemak yang menutupi isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang dan segala lemak yang melekat padanya, dan kaubakarlah di atas mezbah.

Keluaran 29:18 Kemudian haruslah kaubakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah; itulah korban bakaran, suatu persembahan yang harum bagi TUHAN, yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Harus berarti wajib kamu untuk membakar korban bakaran itu di atas mezbah.ini menunjuk kan jika ISRAEL IBADAT KORBAN BAKARAN,HARUS DAN WAJIB MENGHADAP KIBLAT(MEZBAH)

Imamat 3:5 Anak-anak Harun harus membakarnya di atas mezbah, yakni di atas korban bakaran yang sedang dibakar di atas api, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Imamat 6:15 Setelah dikhususkan dari korban sajian itu segenggam tepung yang terbaik dengan minyak, serta seluruh kemenyan yang di atas korban sajian itu, maka haruslah semuanya dibakar di atas mezbah sehingga baunya menyenangkan sebagai bagian ingat-ingatannya bagi TUHAN.

Imamat 9:16 Kemudian dibawanyalah korban bakaran ke mezbah, dan diolahnya sesuai dengan peraturan..

Mengapa korban bakaran itu tidak di bawa saja dan di bakar di atas menara atau gunung?tentu jawaban nya adalah korban seperti itu TIDAK SAH.korban bakaran harus selalu menghadap mezbah.

Ulangan 12:27 engkau harus mengolah korban bakaranmu, daging dan darahnya, di atas mezbah TUHAN, Allahmu, dan darah korban sembelihanmu haruslah dicurahkan ke atas mezbah TUHAN, Allahmu, tetapi dagingnya boleh kaumakan.

Perhatikan israel selalu di perintah kan Allah agar ibadat harus selalu menghadap,hadir,di dekat mezbah agar ibadat itu menjadi sah di terima Allah.coba apa jadi nya jika korban bakaran itu di lakukan di atas menara benteng.apakah hal itu sah di mata tuhan israel?

Ulangan 27:6 Dari batu yang tidak dipahat haruslah kaudirikan mezbah TUHAN, Allahmu, itu dan di atasnya haruslah kaupersembahkan korban bakaran kepada TUHAN, Allahmu.

Imamat 1:7 Anak-anak imam Harun haruslah menaruh api di atas mezbah dan menyusun kayu di atas api itu.

Imamat 1:8 Dan mereka harus mengatur potongan-potongan korban itu dan kepala serta lemaknya di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah.

Imamat 1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

JIka imam lancang membakar nya tidak menghadap pada mezbah dalam arti hadir membakar nya di mezbah,tetapi membakar nya di menara benteng,apakah itu sah di mata Allah?dan apakah hal itu tak memancing murka Allah?

Imamat 16:25 Kemudian ia harus membakar lemak korban penghapus dosa di atas mezbah.

Imamat 6:9 Perintahkanlah kepada Harun dan anak-anaknya: Inilah hukum tentang korban bakaran. Korban bakaran itu haruslah tinggal di atas perapian di atas mezbah semalam-malaman sampai pagi, dan api mezbah haruslah dipelihara menyala di atasnya.

IBADAT KORBAN JENIS LAIN,IBADAT KORBAN PENGHAPUS DOSA PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Imamat 16:25 Kemudian ia harus membakar lemak korban penghapus dosa di atas mezbah.

Harus korban itu di bakar di atas mezbah.ini sama arti nya segala ibadat korban israel harus lah barulah sah jika menghadap kan diri dalam ritual itu ke arah mezbah.dalam hal membakar nya.

Imamat 9:8 Maka mendekatlah Harun kepada mezbah, dan disembelihnyalah anak lembu yang akan menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri.

Imamat 9:10 Lemak, buah pinggang dan umbai hati dari korban penghapus dosa itu dibakarnya di atas mezbah, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Jelas ibadat menghadap suatu kiblat adalah perintah Allah itu sendiri.nama nya perintah Allah itu adalah wajib,jika melanggar nya tentu akan menuai murka dan penolakan Allah

IBADAT KORBAN LAIN,IBADAT KORBAN SAJIAN LAGI-LAGI HARUS MENGHADAP MEZBAH

Imamat 9:17 Selanjutnya dibawanyalah korban sajian dan diambilnya segenggam dari padanya, lalu dibakarnya di atas mezbah, di samping korban bakaran pada waktu pagi.

Imamat 6:14 Inilah hukum tentang korban sajian. Anak-anak Harun haruslah membawanya ke hadapan TUHAN ke depan mezbah.

Imamat 2:8 Maka korban sajian yang diolah menurut salah satu cara itu haruslah kaupersembahkan kepada TUHAN, yakni harus disampaikan kepada imam, yang membawanya ke mezbah.

MENYEMBELIH HEWAN KORBAN PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Imamat 1:11 Haruslah ia menyembelihnya pada sisi mezbah sebelah utara di hadapan TUHAN, lalu haruslah anak-anak Harun, imam-imam itu, menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Ayat ini juga tamparan keras lagi bagi kristen yang selalu mempermasalah kan muslim yang harus selalu menghadap kiblat,baik ketika solat atau di makam kan.ayat di atas menunjuk kan menyembelih hewan ternak pun harus pada sisi mezbah sebelah utara.jika tidak di sisi mezbah sebelah utara tentu tak akan sah hewan sembelihan nya

kata HARUS dalam Alkitab adalah perintah keras dan wajib yang jika di langgar menuai hukuman berat.sebagai contoh:

Keluaran 28:35 Haruslah gamis itu dipakai Harun, apabila ia menyelenggarakan kebaktian, dan bunyinya harus kedengaran, apabila ia masuk ke dalam tempat kudus di hadapan TUHAN dan apabila ia keluar pula, supaya ia jangan mati.

Keluaran 28:43 Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya.”

Imamat 9:8 Maka mendekatlah Harun kepada mezbah, dan disembelihnyalah anak lembu yang akan menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri.

Ulangan 12:27 engkau harus mengolah korban bakaranmu, daging dan darahnya, di atas mezbah TUHAN, Allahmu, dan darah korban sembelihanmu haruslah dicurahkan ke atas mezbah TUHAN, Allahmu, tetapi dagingnya boleh kaumakan.

KORBAN SAJIAN CEMBURUAN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Bilangan 5:25 Maka haruslah imam mengambil korban sajian cemburuan dari tangan perempuan itu lalu mengunjukkannya ke hadapan TUHAN, dan membawanya ke mezbah.

IBADAT PERSEMBAHAN PENTAHBISAN MEZBAH PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Bilangan 7:10 Lagi para pemimpin mempersembahkan persembahan pentahbisan mezbah, pada hari mezbah itu diurapi; para pemimpin membawa persembahan mereka ke depan mezbah itu.

IBADAT KORBAN BURUNG PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

(14) Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati.(15) Imam harus membawanya ke mezbah, lalu memulas kepalanya dan membakarnya di atas mezbah. Darahnya harus ditekan ke luar pada dinding mezbah.(16) Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu.(16) Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu.(Imamat 1;14-16)

Jika ibadat korban bakaran burung itu di bawa dan di bakar tidak menghadapkan diri ke mezbah tentu tidak akan sah.

IBADAT KORBAN KESELAMATAN PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Dalam arti ibadat itu harus di lakukan di mezbah:

Imamat 4:26 Tetapi segala lemak harus dibakarnya di atas mezbah, seperti juga lemak korban keselamatan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya, sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 4:31 Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak korban keselamatan dipisahkan, lalu haruslah dibakar oleh imam di atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu sehingga ia menerima pengampunan.

Imamat 4:35 Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak domba korban keselamatan dipisahkan, lalu imam harus membakar semuanya itu di atas mezbah di atas segala korban api-apian TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosa yang telah diperbuatnya, sehingga ia menerima pengampunan.

DALAM IBADAT KORBAN DI MEZBAH,DARAH KORBAN HARUS DI PERCIK KAN ATAU DI CURAH KAN DAN LAIN NYA MENGHADAP MEZBAH

Imamat 5:9 Sedikit dari darah korban penghapus dosa itu haruslah dipercikkannya ke dinding mezbah, tetapi darah selebihnya haruslah ditekan ke luar pada bagian bawah mezbah; itulah korban penghapus dosa.

Jika darah korban di mezbah itu di percik kan ke periuk masak israel apakah ritual itu sah?tentu tidak sah.percikan darah itu harus mengenai mezbah atau di bagian-bagian lain dari mezbah.ini menunjuk kan apapun ibadat israel HARUS MENGHADAP SUATU KIBLAT dalam hal ini mezbah.

banyak sekali ayat yang berbicara tentang memercik kan darah korban di mezbah atau mencurah kan dalam taurat,hingga membuat bosan yang menelaah.ini menunjuk kan menghadap suatu kiblat dalam ibadat adalah salah satu syariat Taurat bahkan nabi-nabi sebelum masa taurat.

MUSA MEMERINTAH KAN IBADAT HARUS SELALU MENGHADAP SUATU KIBLAT,DALAM HAL INI MEZBAH

Imamat 9:7 Kata Musa kepada Harun: “Datanglah mendekat kepada mezbah, olahlah korban penghapus dosa dan korban bakaranmu, dan adakanlah pendamaian bagimu sendiri dan bagi bangsa itu; sesudah itu olahlah persembahan bangsa itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, seperti yang diperintahkan TUHAN.”

Jika di tanya kepada Musa,apakah boleh dan sah jika mendekat/menghadap yang lain selain mezbah saat ibadat itu?tentu jawaban nya jelas: TIDAK SAH.perintah musa tentu dari perintah Allah

2 Tawarikh 24:20 Lalu Roh Allah menguasai Zakharia, anak imam Yoyada. Ia tampil di depan rakyat, dan berkata kepada mereka: “Beginilah firman Allah: Mengapa kamu melanggar perintah-perintah TUHAN, sehingga kamu tidak beruntung? Oleh karena kamu meninggalkan TUHAN, Iapun meninggalkan kamu!”

PERSEMBAHAN BANGSA JUGA HARUS MENGHADAP MEZBAH

Imamat 9:15 Sesudah itu dibawanya persembahan bangsa ke mezbah; diambilnyalah kambing jantan yang akan menjadi korban penghapus dosa yang bagi bangsa itu, lalu disembelihnya dan dipersembahkannya sebagai korban penghapus dosa seperti yang pertama

IBADAT MAKAN ROTI TAK BERAGI PUN HARUS MENGHADAP MEZBAH

Imamat 10:12 Kemudian berkatalah Musa kepada Harun dan kepada Eleazar dan Itamar, anak-anak Harun yang tinggal itu: “Ambillah korban sajian yang tinggal dari segala korban api-apian TUHAN, dan makanlah itu sebagai roti yang tidak beragi di samping mezbah, karena itulah bagian maha kudus.

Jika saat itu Harun,Eleazar dan itamar melanggar titah Musa,tentu ibadat makan roti tak beragi itu menjadi tidak lah sah saat itu.

Demikan lah,seharus nya para kristen radikal fundamentalis malu jika selalu mempermasalah kan muslim ibadat selalu harus menghadap kiblat.dari salat,memakam kan jenazah.israel pun ibadat selalu menghadap kiblat,dalam hal ini salah satu kiblat israel adalah mezbah.segala ibadat israel haruslah menghadap dan hadir pada mezbah itu,yakni segala ibadat korban bakaran dan lain nya.semua menjadi sah jika menghadap mezbah itu.dan Allah telah menetap kan tiap umat kiblat untuk ibadat,seperti firman Allah:

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Q.S. Al Baqarah: 148]

Kemiripan ibadat mezbah israel dengan kakbah menunjuk kan bahwa syariat islam dengan syariat umat-umat terdahulu adalah hampir serupa dan sama.karena yang menurun kan Islam dan syariat terdahulu adalah Allah yang satu.walau pun ada perbedaan syariat di beberapa segi nya.seperti ketika islam datang,korban di atas mezbah tidak berlaku lagi.di ganti mezbah baru berupa kakbah dan ibadat yang lebih ringan dan menentram kan berupa salat.lebih ringan dan enteng di lakukan ketimbang korban bakaran dan lain nya yang sangat rumit dan bertele-tele.itulah sebab nya syariat islam membebas kan manusia dari beban berat syariat sebelum nya.

Al Baqarah (2) Ayat 286

Arti :

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Iklan