kamera

Baru-baru ini kita di kejut kan oleh ISIS yang merebut Mosul dari tangan pasukan Irak.sehingga ISIS menguasai Irak bagian Utara.mereka men deklarasikan sebagai Khalifah ummat islam.tetapi tindakan nya sangat bar-bar dan jauh dari ajaran-ajaran Islam.salah satu tindakan ISIS yang sangat jauh dari keramahan Islam adalah,ISIS sangat kejam memperlakukan tawanan-tawanan perang.mereka menggorok tawanan-tawanan perang itu dengan pisau kecil dan tumpul,seperti menggorok kambing.lalu peristiwa itu mereka photo dan video kan,lalu mereka unggah ke internet,di lihat jutaan orang dengan ngeri.

Saya katakan,MEMFOTO AN MEMVIDEOKAN PERISTIWA HUKUMAN MATI  adalah sangat Haram dan bertentangan dengan ajaran islam yang luhur.saya akan mengemuka kan berbagai dalil-dalil nya kepada anda semua.berikut pembahasan nya:

ISLAM MENGHARAM KAN BERTINDAK MELAMPUI BATAS DALAM PERANG

Memfoto dan memvideo kan peristiwa hukuman mati adalah salah satu tindakan yang melampui batas dalam perang.hal itu sangat tidak di sukai Islam .Allah berfirman dalam Quran:

Al-Baqarah (2) No. Ayat : : 190

وَقَاتِلُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَكُمْ وَلاَ تَعْتَدُواْ إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبِّ الْمُعْتَدِينَ

2.190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas

Islam tak menyukai perang yang di lakukan di luar batas-batas kesopanan dan adab.maka dengan dasar ayat di atas,mem poto dan videokan hukuman mati sangat haram dan di tentang dalam syariat dan nilai-nilai Islam.

ISLAM INDAH,SUKA KEINDAHAN,HAL-HAL JIJIK HENDAK NYA DI JAUHI

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan(HR Muslim )

Maka dari itu,penayangan poto dan video hukuman mati sangat jauh dari keindahan.Allah tidak suka hal itu di poto dan video kan,lalu di unggah ke internet.karena hal itu menjijik kan.biar kan lah PENJAHAT KAKAP di hukum mati berdarah-darah,jangan di poto dan video kan.biar kan negri aman dari para penjahat tampa mengabadikan hal jijik dalam hukuman mati.

Negri menjadi lebih aman ketika penjahat kakap(pelaku genocida,pembunuhan mutilasi dll) ketika mereka di hukum mati.namun tak usah di rekam ketika mereka di strum,di suntik mati atau di pancung.kita nikmati saja keindahan negri yang aman tampa perlu merekam hal-hal menjijik kan seperti itu.kita tak sadar,kita menikmati keindahan negri yang aman,belanja di mall aman,tamasya,dan seterus nya karena para penjahat kakap di hukum mati di dapur hukuman mati.dan…anda tak perlu melihat hal menjijik kan itu,yang akan mengganggu hidup anda.

ISLAM MELARANG BERTINDAK MELAMPAUI BATAS DALAM SEGALA HAL

Islam sangat menentang sikap melampui batas dalam hal apapun,termasuk dalam perang.seperti pada ayat yang telah saya posting kan di atas.tindakan ISIS yang pamer photo dan video pemenggalan tak dapat di terima syariat,dan tak dapat di terima akal sehat.tak dapat di terima secara kemanusiaan.walau yang terpenggal penjahat sadis,cara eksekusi nya pun harus lah beradab.dan kita tak tahu dosa apa orang-orang yang kepala nya di penggal oleh ISIS,lalu kepala mereka di photo dan video kan.

ISLAM ITU MENGHORMATI JENAZAH,TIDAK MENISTA NYA WALAU PUN JENAZAH SEORANG KAFIR

Hadis riwayat Amir bin Rabiah ra., ia berkata:

Rasulullah saw. bersabda: Apabila kalian melihat iringan jenazah, maka berdirilah menghormatinya sampai iringan jenazah itu lewat meninggalkan kalian atau sampai diletakkan dalam kubur. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Qais bin Saad ra. dan Sahal bin Hunaif ra.:

Dari Ibnu Abu Laila bahwa ketika Qais bin Saad ra. dan Sahal bin Hunaif ra. sedang berada di Qadisiyah, tiba-tiba ada iringan jenazah melewati mereka, maka keduanya berdiri. Lalu dikatakan kepada keduanya: Jenazah itu adalah termasuk penduduk setempat (yakni orang kafir). Mereka berdua berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw. pernah dilewati iringan jenazah, lalu beliau berdiri. Ketika dikatakan: Jenazah itu Yahudi, Rasulullah saw. bersabda: Bukankah ia juga manusia?. (Shahih Muslim)

Perhatikan,Islam sangat menghormati jenazah,walau jenazah itu seorang Kafir.sedangkan ISIS menista jenazah-jenazah yang terpenggal itu dengan mem foto nya dan memvideo kan nya.beberapa kepala di tancap di pagar.tindakan itu sangat bertentangan dengan syariat Islam yang lurus.

ISLAM ITU LEMBUT,TAK MENYUKAI CARA-CARA NISTA

Rosululloh saw bersabda:

إِنَّ اللهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لاَ يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ وَمَا لاَ يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ

“Sesungguhnya Alloh Maha Lembut serta mencintai kelembutan, dan Alloh memberikan kepada (seseorang) sifat lembut yang tidak diberikan kepada yang bersifat kasar dan sifat lainnya.”
(HR. Muslim)

Cara ISIS itu tentu tak mencermin kan kelembutan Islam dalam segala hal.hati yang lembut akan menolak memphoto dan memvideokan peristiwa eksekusi,dan menyebar kan nya ke internet.hal itu adalah tindakan yang tak pada tempat nya dan tak beradab.

ISLAM DATANG MENYEMPURNAKAN AKHLAK MANUSIA

Rasulullah SAW. bersabda:

إنما بعثت لأتم صالح الاخلق

”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu’bil Iman dan Hakim).

Hadis dari Anas dia menyatakan:

كان احسن الناس خلقا

“Nabi SAW. adalah manusia dengan akhlak yang terbaik”. (HR: Muslim dan Abu Dawud).

Apakah tindakan mem photo dan memvideo kan peritiwa pemenggalan kemudian di unggah ke internet sesuai Akhlak yang luhur?tentu tidak.tindakan itu sangat tidak ber akhlak dan beradab.Islam datang untuk menyempurnakan Akhlak dan adab manusia.maka tindakan para teroris itu yang memvideokan dan memphoto pemenggalan lalu di unggah ke internet adalah sangat bertentangan dengan Islam.

KESIMPULAN

Mem photo dan mem Video kan peristiwa Eksekusi,lalu mempostingkan nya ke internet adalah HARAM sesuai dengan dalil-dalil yang saya kemuka kan di atas.perbuatan itu tak dapat di terima oleh Agama,kemanusiaan,akal sehat yang waras,dan peradaban yang luhur.negara beradab melakukan eksekusi kepada penjahat-penjahat kakap,tetapi negara-negara itu tetap akan di sebut negara beradab jika melakukan eksekusi itu tampa di abadi kan photo dan video,dan di postingkan ke internet.kita tak tahu,dosa apa kepala-kepala yang di penggal ISIS itu.jika pun mereka pun penjahat kakap,mereka tak layak di perlakukan begitu(di photo dan di video kan lalu di posting kan ke internet).Dan kita tidak tahu,orang-orang yang di penggal ISIS itu apakah layak di perlakukan demikian,kita tak tahu pasti kejahatan mereka karena banyak nya berita yang simpang siur.

Masalah ini memang belum lagi banyak di bahas Ulama.banyak hal-hal yang baru di zaman ini,yang harus segera di jawab para ulama.termasuk Hukum mem photo dan memvideokan eksekusi mati lalu di postingkan ke internet.saya yakin,tindakan itu adalah HARAM dan terlarang,sesuai dengan dalil-dalil yang saya kemukakan di atas.Wallahu a’lam.