Alkitab mengajarkan jika memperbudak manusia non Israel dalam perang,budak-budak itu harus menjadi pekerja Rodi

Alkitab mengajarkan jika memperbudak manusia non Israel dalam perang,budak-budak itu harus menjadi pekerja Rodi

Pada tulisan terdahulu saya telah membahas perihal perbudakan menurut kitab Taurat kontemporer distorsif.pada kesempatan ini saya membahas lagi perbudakan menurut perjanjian lama.saya mulai dari kitab Yosua setelah membicara kan isi Taurat tentang perbudakan.saya pilah-pilah pembahasan ini antara Taurat dan kitab-kitab lain,agar pembahasan nya tak terlalu panjang.mari kita lanjutkan pembahasan tentang perbudakan dalam perjanjian lama ini:

ORANG-ORANG KANAAN YANG DIAM DI GEZER,DI TENGAH-TENGAH SUKU EFRAIM DI JADIKAN BUDAK RODI

Yosua 16:10Tetapi orang Kanaan yang diam di Gezer tidaklah dihalau mereka. Jadi orang Kanaan itu masih tetap tinggal di tengah-tengah suku Efraim sampai sekarang, tetapi menjadi budak rodi.

Jadi,zaman Yosua yang merupakan pewaris Musa menerapkan kerja rodi kepada budak-budak.berarti Alkitab sesungguh nya mengizin kan budak-budak agar melakukan kerja rodi.Perbudakan model begini sudah ada sejak zaman Musa dalam Taurat distorsi.hal ini menunujuk kan bahwa,perbudakan tak pernah tuhan Alkitab hapus kan…tak ada kemerdekaan total dari perbudakan menurut ajaran Alkitab.walau budak ibrani bekerjam 6 tahun ia bebas,bukan berarti penghapusan total perbudakan.tiap majikan Ibrani yang kaya tetap bisa membeli budak ibrani lain nya.

ORANG-ORANG FILISTIN KETAKUTAN MENJADI BUDAK ORANG-ORANG ISRAEL

1 Samuel 4:9Kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki, hai orang Filistin, supaya kamu jangan menjadi budak orang Ibrani itu, seperti mereka dahulu menjadi budakmu. Berlakulah seperti laki-laki dan berperanglah!”

Hemmm…..jika kita pandang dengan kaca mata yang adil,seperti nya orang filistin tahu resiko menjadi budak orang-orang israel.mereka akan menjadi budak seumur hidup tampa ada opsi bebas.dan akan terjadi jika kota filistin di kuasai,maka semua laki-laki di bunuh,dan wanita dan anak-anak filistin di jadikan budak.

BUDAK PADA MASA SAMUEL BIASA DI PAKAI UNTUK BEKERJA

(16) Budak-budakmu laki-laki dan budak-budakmu perempuan, ternakmu yang terbaik dan keledai-keledaimu akan diambilnya dan dipakainya untuk pekerjaannya.(17) Dari kambing dombamu akan diambilnya sepersepuluh, dan kamu sendiri akan menjadi budaknya.( 1 Samuel 8:16-17)

Perkataan di atas adalah perkataan Samuel.dari perkataan Samuel di atas menunjuk kan bahwa budak di zaman Samuel baik laki-laki dan perempuan biasa di pakai untuk bekerja.dan sudah berlalu lama sejak zaman Musa,zaman Samuel perbudakan di israel tetap ada.memang Taurat distorsi tak menunjukm kan ajaran tegas pembebasan budak secara TOTALITAS.

PADA MASA NABI DAUD,PERBUDAKAN DI ISRAEL TETAP ADA,DAN YANG DI PERBUDAK ADALAH SEORANG ANAK KECIL

(35) Pada waktu pagi keluarlah Yonatan ke padang bersama-sama seorang budak kecil sesuai dengan janjinya kepada Daud.(36) Berkatalah ia kepada budaknya: “Larilah, carilah anak-anak panah yang kupanahkan.” Baru saja budak itu berlari, maka Yonatan melepaskan sebatang anak panah lewat kepala budak itu.(37) Ketika budak itu sampai ke tempat letaknya anak panah yang dilepaskan Yonatan itu, maka berserulah Yonatan dari belakang budak itu, katanya: “Bukankah anak panah itu lebih ke sana?”(38) Kemudian berserulah Yonatan dari belakang budak itu: “Ayo, cepat, jangan berdiri saja!” Lalu budak Yonatan memungut anak panah itu dan kembali kepada tuannya.(39) Tetapi budak itu tidak tahu apa-apa, hanya Yonatan dan Daudlah yang mengetahui hal itu.(40) Sesudah itu Yonatan memberikan senjatanya kepada budak yang menyertai dia, dan berkata kepadanya: “Pergilah, bawalah ke kota.”(41) Maka pulanglah budak itu, lalu tampillah Daud dari sebelah bukit batu; ia sujud dengan mukanya ke tanah dan menyembah tiga kali. Mereka bercium-ciuman dan bertangis-tangisan. Akhirnya Daud dapat menahan diri.( 1 Samuel 20:35-41)

Telah berlalu masa Musa sangat lama,hingga masa Daud,perbudakan di israel tetap lah berlangsung.bahkan yang di perbudak merupakan anak kecil.ini menunjuk kan,sejak zaman Musa,tuhan Alkitab tak pernah mengharam kan perbudakan,dan tak pernah berfikir menghapus total perbudakan dari Israel.Yonatan bin Saul adalah keluarga kerajaan israel,dan ia mempunyai seorang budak kecil.

MASA DAUD,ORANG-ORANG AMALEKS BIASA MEMPUNYAI BUDAK-BUDAK

1 Samuel 30:13Kemudian bertanyalah Daud kepadanya: “Budak siapakah engkau dan dari manakah engkau?” Jawabnya: “Aku ini seorang pemuda Mesir, budak kepunyaan seorang Amalek. Tuanku meninggalkan aku, karena tiga hari yang lalu aku jatuh sakit.

Hal ini menunjuk kan bahwa perbudakan adalah fenomena biasa pada masa itu.bahkan pada jemaat Isreal juga melakukan perbudakan manusia sesuai hukum Taurat.yang paling kejam dari hukum Taurat(distorsi)itu adalah jika seorang israel membeli budak dari bangsa asing,maka budak itu tak boleh bebas seumur hidup nya,budak itu di wariskan turun menurun,dan juga hukum kejam memperbudak dan memaksa kerja rodi para tawanan perang.

ISTANA RAJA DAUD BIASA ADA BUDAK-BUDAK PEREMPUAN

(20) Ketika Daud pulang untuk memberi salam kepada seisi rumahnya, maka keluarlah Mikhal binti Saul mendapatkan Daud, katanya: “Betapa raja orang Israel, yang menelanjangi dirinya pada hari ini di depan mata budak-budak perempuan para hambanya, merasa dirinya terhormat pada hari ini, seperti orang hina dengan tidak malu-malu menelanjangi dirinya!”(21) Tetapi berkatalah Daud kepada Mikhal: “Di hadapan TUHAN, yang telah memilih aku dengan menyisihkan ayahmu dan segenap keluarganya untuk menunjuk aku menjadi raja atas umat TUHAN, yakni atas Israel, –di hadapan TUHAN aku menari-nari,(22) bahkan aku akan menghinakan diriku lebih dari pada itu; engkau akan memandang aku rendah, tetapi bersama-sama budak-budak perempuan yang kaukatakan itu, bersama-sama merekalah aku mau dihormati.”( 2 Samuel 6:20-22)

Hal ini menunjuk kan perbudakan tetap lah ada dan Alkitab tak mempersoal kan nya,dan tak ada opsi PENGHAPUSAN TOTAL PERBUDAKAN sejak zaman Musa.dengan kata lain,Alkitab tak mengajar kan pembebasan budak secara total dan menyeluruh.

DAUD MENEWASKAN 18000 ORANG-ORANG EDOM DI LEMBAH ASIN,LALU SELURUH EDOM DI JADIKAN BUDAK

(1) Sesudah itu Daud memukul kalah orang Filistin dan menundukkan mereka; lalu Daud mengambil kendali pemerintahan atas ibu kota dari tangan orang Filistin.(2) Dan ia memukul kalah orang Moab, lalu sambil menyuruh mereka berbaring di tanah ia mengukur tempat mereka dengan tali; diukurnya dua kali panjang tali itu untuk mematikan dan satu tali penuh untuk membiarkan hidup. Maka orang Moab takluk kepada Daud dan harus mempersembahkan upeti.(3) Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer bin Rehob, raja Zoba, ketika ia pergi memulihkan kekuasaannya pada sungai Efrat.(4) Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.(5) Lalu orang Aram dari Damsyik datang menolong Hadadezer, raja Zoba, tetapi dari antara orang Aram itu Daud menewaskan dua puluh dua ribu orang.(6) Kemudian Daud menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di daerah orang Aram dari Damsyik. Orang Aram itu takluk kepada Daud dan harus mempersembahkan upeti. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.(7) Sesudah itu Daud mengangkut perisai-perisai emas yang dipakai oleh anak buah Hadadezer, lalu membawanya ke Yerusalem.(8) Dan dari Betah dan dari Berotai, yaitu kota-kotanya Hadadezer, raja Daud mengangkut amat banyak tembaga.(9) Ketika didengar Tou, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer,(10) maka Tou mengutus Yoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Yoram membawa barang-barang perak, emas dan tembaga.(11) Juga barang-barang ini dikhususkan raja Daud bagi TUHAN, bersama-sama perak dan emas yang berasal dari segala bangsa yang ditaklukkannya,(12) yakni perak dan emas dari orang Aram, dari orang Moab, dari bani Amon, dari orang Filistin, dari orang Amalek, dan dari jarahan yang dirampas dari Hadadezer bin Rehob, raja Zoba.(13) Demikianlah Daud mendapat nama, dan ketika ia pulang, ia menewaskan delapan belas ribu orang Edom di Lembah Asin.(14) Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom; di seluruh Edom ditempatkannya pasukan-pasukan pendudukan, sehingga seluruh Edom diperbudak oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.( 2 Samuel 8:1-14)

(12) Abisai, anak Zeruya, menewaskan delapan belas ribu orang Edom di Lembah Asin.(13) Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom, sehingga seluruh Edom diperbudak oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.( 1 Tawarikh 18:12-13)

Dari ayat di atas jelas sekali,tuhan dalam Alkitab tetap mempraktek kan perbudakan manusia dengan kejam hingga zaman Daud.Daud membantai 18000 orang Edom di lembah Asin,lalu SELURUH EDOM di perbudak oleh Daud.kata Seluruh menunjukkan bahwa Daud memperbudak seluruh lapisan penduduk edom.padahal masa Daud,masa itu Taurat sudah menjadi pegangan Daud dan israel,menunjukkan bahwa tuhan Alkitab tak pernah mengajarkan PENGHAPUSAN TOTAL PERBUDAKAN,malah mengajar kan dan membiar kan perbudakan atas manusia dalam perang,bahkan 18000 jiwa orang edom di bantai,dan sisa nya di jadikan budak.tak hanya ini saja tuhan merestui kekejaman Daud,bahkan pada peristiwa MENGULITI kulit khatan orang-orang filistin.pantaskan kita mempercayai kisah-kisah ini sebagai firman tuhan?

PERBUDAKAN MANUSIA DENGAN KEJAM DAN SISTEM RODI TETAP BERLAKU HINGGA ZAMAN SOLOMO,HANYA ORANG-ORANG ASING YANG BOLEH DI PERBUDAK RODI,ISRAEL DI BERI JABATAN-JABATAN ENAK DALAM KERAJAAN

(20) Semua orang yang masih tinggal dari orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, yang tidak termasuk orang Israel,(21) yakni mereka yang masih tinggal di negeri itu dari keturunan bangsa-bangsa itu dan yang tidak dapat ditumpas oleh orang Israel, merekalah yang dikerahkan Salomo untuk menjadi budak rodi; demikianlah mereka sampai hari ini.(22) Tetapi orang Israel tidak ada yang dijadikan budak oleh Salomo, melainkan mereka menjadi prajurit, pegawai, pembesar, perwira, atau panglima atas pasukan kereta dan pasukan berkuda.( 1 Raja-raja 9:20-22)

(7) Semua orang yang masih tinggal dari orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, yang tidak termasuk orang Israel,(8) yakni keturunan bangsa-bangsa yang masih tinggal di negeri itu dan yang tidak dibinasakan oleh orang Israel, merekalah yang dikerahkan Salomo untuk menjadi orang rodi; demikianlah mereka sampai hari ini.(9) Tetapi orang Israel tidak ada yang dijadikan budak oleh Salomo untuk pekerjaannya, melainkan mereka menjadi prajurit, atau perwira pasukan berkuda, atau panglima atas pasukan kereta dan pasukan berkuda.(2 Tawarikh 8:7-9)

Ini menunjuk kan bahwa perbudakan kejam dengan rodi tetap berlanjut hingga zaman solomo.ini menunjuk kan bahwa tuhan Alkitab dan Taurat dan menghapus perbudakan,malah mengajar kan perbudakan manusia dengan cara yang sangat kejam,memperbudak sekaligus melakukan kerja rodi.hanya orang-orang asing yang boleh di perbudak,orang-orang israel tak boleh di perbudak,mereka di beri jabatan-jabatan enak di kerajaan.suatu kerajaan ketuhanan yang sangat rasis dan biadab.

PADA MASA ELISA,JIKA SESEORANG TAK MAMPU MEMBAYAR HUTANG,MAKA ANAK-ANAK SI PENGHUTANG DI JADIKAN BUDAK

2 Raja Raja 4:1Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: “Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya.”

ini menunjuk kan bahwa hingga zaman Elisa,perbudakan masih lah fenomena umum saat itu.

PADA MASA ELISA,KEKAYAAN PERAK BISA MEMBUAT ORANG MEMPEROLEH BUDAK LAKI-LAKI DAN BUDAK PEREMPUAN

(25) Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya, berkatalah Elisa kepadanya: “Dari mana, Gehazi?” Jawabnya: “Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana!”(26) Tetapi kata Elisa kepadanya: “Bukankah hatiku ikut pergi, ketika orang itu turun dari atas keretanya mendapatkan engkau? Maka sekarang, engkau telah menerima perak dan dengan itu dapat memperoleh kebun-kebun, kebun zaitun, kebun anggur, kambing domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan,(2 Raja-raja 17:17)

Dari ayat di atas,masa Elisa,seseorang jika memiliki kekayaan perak,ia dapat memperoleh(membeli budak)laki-laki dan perempuan.dari ayat di atas,hingga masa Elisa,tuhan Alkitab tetap merestui ada nya perbudakan laki-laki dan wanita.dan perbudakan itu tetap tak di hapus kan secara total.ini menunjuk kan,Alkitab tak mengajar kan pembebasan perbudakan secara total.bahkan yang boleh merdeka cuma budak Ibrani,budak selain bangsa israel harus di perbudak seumur hidup.

RAJA ASYUR MEMILIKI BUDAK-BUDAK

2 Raja Raja 19:6berkatalah Yesaya kepada mereka: “Beginilah kamu katakan kepada tuanmu: Beginilah firman TUHAN: Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budakbudak raja Asyur untuk menghujat Aku.

BUDAK MENIKAHI PUTRI TUAN NYA

(34) Sesan tidak mempunyai anak laki-laki, hanya anak-anak perempuan; tetapi Sesan mempunyai seorang budak laki-laki, orang Mesir, yang bernama Yarha.(35) Jadi Sesan memberi anaknya kepada Yarha, budaknya itu, menjadi isteri, lalu perempuan itu melahirkan Atai baginya.(1 Tawarikh 2:34)

MASA ISRAEL,ADA PARA BUDAK DI BAIT ALLAH

1 Tawarikh 9:2Dan orang-orang yang mula-mula menetap kembali di tanah-tanah milik mereka, di kota-kota mereka, ialah orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi dan para budak di bait Allah.

DAUD MENEWASKAN 20.000 ORANG-ORANG ARAM,LALU ORANG-ORANG ARAM MENJADI BUDAK DAUD YANG HARUS BERI UPETI

(1) Sesudah itu Daud memukul kalah orang Filistin dan menundukkan mereka; lalu ia merebut Gat dan segala anak kotanya dari tangan orang Filistin.(2) Dan Daud memukul kalah orang Moab, sehingga orang Moab takluk kepadanya dan harus mempersembahkan upeti.(3) Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer, raja Zoba, dekat Hamat, ketika ia pergi menegakkan kekuasaannya pada sungai Efrat.(4) Daud merebut dari padanya seribu kereta, tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.(5) Lalu orang Aram dari Damsyik datang menolong Hadadezer, raja Zoba, tetapi dari antara orang Aram itu Daud menewaskan dua puluh dua ribu orang.(6) Kemudian Daud menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di daerah orang Aram dari Damsyik, dan orang Aram itu menjadi budak Daud yang harus mempersembahkan upeti. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.( 1 Tawarikh 18:1-6)

Dari ayat di atas jelas sekali,perbudakan manusia dengan kejam masih terjadi pada zaman Daud.dan tuhan alkitab sekali-kali tak melarang Daud untuk memperbudak manusia dengan kejam.malah dengan menjadi budak,orang-orang aram masih di bebani untuk membayar upeti kepada Daud.dari dalil ini jelas sekali bahwa Alkitab tak pernah mengenal pembebasan perbudakan,malah merestui untuk memperbudak manusia secara kejam,malah seumur hidup.

NABUHAKNEZAR DARI IRAQ/MESOPOTAMIA MERUNTUHKAN KERAJAAN YEHUDA,LALU MENGANGKUT PENDUDUK NYA KE BABEL BUAT MENJADI BUDAK

(18) Seluruh perkakas rumah Allah, yang besar dan yang kecil, serta harta benda dari rumah TUHAN, harta benda raja dan harta benda para panglimanya, semuanya dibawanya ke Babel.(19) Mereka membakar rumah Allah, merobohkan tembok Yerusalem dan membakar segala puri dalam kota itu dengan api, sehingga musnahlah segala perabotannya yang indah-indah.(20) Mereka yang masih tinggal dan yang luput dari pedang diangkutnya ke Babel dan mereka menjadi budaknya dan budak anak-anaknya sampai kerajaan Persia berkuasa.(2 Tawarikh 36:18-20)

Dari ayat di atas,norma pada zaman dulu ialah,jika berperang dan mendapat tawanan perang,tawanan perang itu dapat di jadikan budak.hal itu juga di ajar kan dalam Taurat musa yang distorsif,di mana jika suatu kota di kuasai,maka penduduk nya di jadikan budak rodi.

DAPATKAH KITAB YOSUA,HAKIM-HAKIM,SAMUELRAJA-RAJA DAN TAWARIKH DAPAT DI PERCAYA SEBAGAI SUMBER SEJARAH?

Setelah kita berpanjang lebar tentang perbudakan mausia pada israel setelah zaman musa,kita bertanya-tanya,dapat kah kitab-kitab yang saya rujuk di atas menjadi sumber sejarah ?terutama bagi Daud dan Sulaiman?saya katakan:kitab-kitab itu tak dapat di percaya sebagai dokumentasi sejarah yang sahih.kitab-kitab itu di karang oleh orang-orang yang tak di kenal:

Alkitab yang dipakai oleh umat Kritstiani dewasa ini, tidak mencantumkan nama-nama penulisnya. Jika kita lihat dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan terbitan Gandum Mas Malang cet. I tahun 1994 dan ke 2 tahun 1996 yang dicetak Lembaga Alkitab Indonesia, disitu tertulis jelas nama-nama penulis Alkitab, tahun berapa ditulis dan lain-lain. Kami kutip apa adanya sebagai berikut :

PERJANJIAN LAMA

No. Nama Kitab Penulis Tahun
1 Kejadian Musa 1445 – 1405 SM
2 Keluaran Musa 1445 – 1405 SM
3 Imamat Musa 1445 – 1405 SM
4 Bilangan Musa 1405 SM
5 Ulangan Musa 1405 SM
6 Yosua Yosua Abad 14 SM
7 Hakim ????? 1050 – 1000 SM
8 Ruth ????? Abad ke 10 SM
9 1 Samuel ????? Ahir abad 10 SM
10 2 Samuel ????? Ahir abad 10 SM
11 1 Raja-Raja ????? 560 – 550 SM
12 2 Raja-Raja ????? 560 – 550 SM
13 1 Tawarikh Ezra / ? 450 – 420 SM
14 2 Tawarikh Ezra / ? 450 – 420 SM

Perhatikan, semua yang diberi tanda tanya (?).

 

Dari 39 Kitab Perjanjian Lama tersebut, kalau dihitung, terdapat sekitar 9 Kitab yang tertulis “tidak diketahui siapa penulisnya” dan ada 4 Kitab lagi yang sebagian tidak jelas sumbernya.( SOURCES )

Sebagai contoh lain nya jika kitab-kitab itu tak dapat di percaya sebagai sumber sejarah,terutama sejarah Daud dan Sulaiman,kitab-kitab itu seperti nya di karang setelah Daud dan Sulaiman telah lama mati.dan pengarang kitab-kitab itu pastinya bukan satu orang,tetapi banyak tangan yang tak di kenal.atau DI TULIS SATU ORANG yang menyelesai kan satu kitab.sebagai contoh SEJARAH NABI DAUD,sangat mustahil si penulis melihat segala yang di lakukan Daud sejak Daud muncul melawan Goliath hingga Daud wafat.dalam cerita kitab-kitab itu,Daud sering berpindah tempat ketika melarikan diri dari kejaran Saul.apakah si penulis dan saksi mata juga mengekori Daud ke mana ia pergi?sangat mustahil.hingga si penulis tahu apa yang terjadi di dalam istana Daud.sangat mustahil jika kitab-kitab itu di tulis oleh saksi mata bagi sejarah Daud.penulis sejarah Daud ini sangat Jahil,hingga mengarang cerita palsu Daud membantai orang-orang Filistin buat mengerat kulit-kulit khatan mereka hanya buat mas kawin.dan perbuatan itu tak salah di mata Tuhan?

KESIMPULAN

Dari pembahasan kitab-kitab di atas yang sulit di percaya kebenaran nilai historis nya,kita menangkap ajaran sesungguh nya tentang perbudakan dalam Alkitab.sesungguh nya,Alkitab tak mengajar kan pembebasan perbudakan hingga zaman Daud dan Solomo.bahkan kedua orang ini di gambar kan mengambil budak-budak dalam perang lalu menyuruh mereka melakukan pekerjaan rodi.dalam Taurat distorsif di ajarakan buat mengambil budak dalam perang,lalu memaksa budak-budak itu melakukan kerja rodi.maka kita berkesimpulan bahwa,Alkitab tak mengajar kan pembebasan perbudakan.malah mengajar kan memperbudak manusia selain Israel dengan kejam.

(44) Tetapi budakmu laki-laki atau perempuan yang boleh kaumiliki adalah dari antara bangsa-bangsa yang di sekelilingmu; hanya dari antara merekalah kamu boleh membeli budak laki-laki dan perempuan.(45) Juga dari antara anak-anak pendatang yang tinggal di antaramu boleh kamu membelinya dan dari antara kaum mereka yang tinggal di antaramu, yang dilahirkan di negerimu. Orang-orang itu boleh menjadi milikmu.(46) Kamu harus membagikan mereka sebagai milik pusaka kepada anak-anakmu yang kemudian, supaya diwarisi sebagai milik; kamu harus memperbudakkan mereka untuk selama-lamanya, tetapi atas saudara-saudaramu orang-orang Israel, janganlah memerintah dengan kejam yang satu sama yang lain.( Imamat 25:44-46 )