Yudas iskaroit mencium yesus dalam peristiwa penangkapan yesus.Lukisan dari Giotto di Bondone

Yudas iskariot mencium yesus dalam peristiwa penangkapan yesus.Lukisan dari Giotto di Bondone

Pada kesempatan ini saya mau menulis tentang Kontradiksi dalam Alkitab tentang kontradiksi kematian Yudas Iskariot.tampa banyak basa-basi dan berpanjang lebar,mari kita perhatiakan ayat-ayat di bawah ini yang menceritakan tentang kematian Yudas Iskariot:

KEMATIAN YUDAS ISKARIOT VERSI MATIUS

(1) Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh Yesus.(2) Mereka membelenggu Dia, lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus, wali negeri itu.(3) Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,(4) dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!”(5) Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.(6) Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.”(7) Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.(8) Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.(9) Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,(10) dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku.”( Matius 27:1-10 )

KEMATIAN YUDAS ISKARIOT VERSI KISAH PARA RASUL

(15) Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:(16) Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.(17) Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini.”(18) –Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.(19) Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah–.(20) Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.( Kisah para Rasul 1:15-20 )

SEKARANG MARI KITA RINCI KRONOLOGIS KEMATIAN YUDAS ISKARIOT VERSI MATIUS

  1. Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua
  2. dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!”
  3. Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri
  4. Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah
  5. Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.(8) Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah

SEKARANG MARI IKITA RINCI KRONOLOGIS KEMATIAN YUDAS ISKARIOT VERSI KISAH PARA RASUL

  1. Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya
  2. lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar
  3. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah

SEKARANG,MARI KITA LIHAT BEBERAPA KONTRADIKSI NYA

Jika anda teliti membaca 2 versi ayat-ayat di atas tentang kematian yudas,maka terlihat kedua versi ayat-ayat itu mempunyai kontradiksi yang amat tajam.beberapa kontradiksi yang dapat kita petik dari dua versi ayat-ayat di atas adalah:

  1. APAKAH YUDAS MELEMPAR UANG NYA KE DALAM BAIT SUCI ATAU MEMBELI TANAH? = Pada versi Matius,yudas telah menyesal menyerah kan yesus untuk di hukum mati.maka ia mau mengembalikan uang 30 perak itu kepada Imam-imam kepala dan tua-tua,jadi Yudas tidak membeli tanah dengann uang penghianatan nya,ia membuang uang itu lalu gantung diri,tak pernah membeli tanah sampai arwah nya melayang.( (3) Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua(4) dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!”(5) Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri(Matius 27:3-5 )) …………tetapi Versi kisah para Rasul Yudas tak mengembalikan uang itu kepada Imam-imam kepala dan tua-tua ,malah yudas dengan uang penghianatan nya ia jadi membeli tanah.Yudas mati setelah ia membeli tanah ( ( (18) –Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.( Kisah para Rasul 1:18) )
  2. SIAPA YANG MEMBELI TANAH DARAH?IMAM-IMAM KEPALA DAN TUA-TUA ATAU YUDAS? = Pada versi Matius,para Imam-imam kepala dan tua-tua yang mebeli tanah darah/Hakal Dama itu,bukan Yudas.yudas keburu menyesal,melempar uang itu ke dalam bait suci,lalu pergi menggantung diri. ( (3) Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,(4) dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!”(5) Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.(6) Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.”(7) Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.(8) Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah( Matius 27 :3-8 ) ) ……..pada versi kisah para Rasul ,bukan Imam-imam kepala dan tua-tua yang membeli tanah dengan uang penghianatan Yudas,tetapi yudas sendiri yang membeli tanah itu dengan uang penghianatan nya sendiri,lalu ia mati jatuh tertelungkup dengan perut terbelah ( (18) —Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.(19) Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah–( Kisah para Rasul 1:18-19 ) ) .terlihat jelas kontradiksi nya,di kisah para Rasul,yudas lah yang membeli tanah dengan uang penghianatan nya,pada versi Matius,para Imam-imam kepala dan tua-tua yahudi yang membeli tanah itu,tanah yang di sebut Hakal Dama.
  3. BAGAIMANA CARA MATI YUDAS? MATI MENGGANTUNG DIRI ATAU MATI JATUH TERTELUNGKUP HINGGA PERUT NYA TERBELAH ,HINGGA ISI PERUT NYA TERTUMPAH KELUAR? = Pada versi Matius,yudas mati dengan cara menggantung diri ( (5) Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri( Matius 27:5 ))…….bedakan dengan cara mati yudas menurut kisah para Rasul,Yudas mati bukan dengan cara menggantung diri,tetapi yudas mati karena jatuh tertelungkup,dan entah kena apa,perut nya terbelah hingga semua isi perut nya tertumpah keluar. ( (18) –Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.(19) Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah( Kisah para Rasul 1:18-19)) .Jadi ada perbedaan versi cara mati yudas antara Kisah para Rasul dan Matius.kristen berapologi,karena yudas menggantung diri entah pada batang ranting pohon yang rapuh,maka batang itu patah hingga yudas jatuh hingga perut nya mengenai sesuatu hingga perut nya terbelah hingga mengeluar akn semua isi perut nya.tetapi apologi itu lemah.jika yudas jatug mengenai sesuatu yang tajam atau karang-karang,tak mungkin semua isi perut nya keluar.maksimal ia cuma tertancam,robek sedikit perut nya,dan mati.kecuali jika yudas menggantung diri pada menara Petronas,bisa jadi kejatuhan nya membuat perut nya terbelah,hingga semua isi perut nya keluar.orang menggantung diri pada pohon,pastinya hanya jarak dekat untuk jatuh.kata kaum kristiani,Menurut cerita tradisi, Yudas menggantung diri di tepi tebing yang curam, diatas Lembah Hinnom. Tetapi tali yang menggantungnya akhirnya putus dan Yudaspun jatuh kebawah seperti yang digambarkan Lukas.  cerita tradisi adalah cerita yang tak ada dalam perjanjian baru,yang tak dapat di konfirmasi kan kebenaran nya dan ranting kebenaran cerita nya,seperti kisah quo vadis simon petrus .

MANA DI ANTARA DUA VERSI KISAH DI ATAS YANG BOHONG?

Nah,bukan kah anda telah melihat kontradiksi yang sangat tajam pada kedua versi kematian yudas di atas?jadi,mana di antara 2 versi kisah itu yang berbohong?Injil yang di klaim berasal dari Rasul Matius yang berbohong atau Lukas yang pengarang kisah para Rasul yang berbohong?Rasul Matius yang di klaim sebagai saksi mata mengatakan bahwa yudas tak membeli tanah darah dari hasil uang kejahatan nya,uamg itu ia buang ke dalam bait suci,lukas menyatakan yudas yang membeli tanah darah dengan uang hasil kejahatan nya.Matius di klaim sebagai saksi mata,Lukas mengkalim tulisan nya dari saksi mata dan pelayan firman.kedua klaim itu menjadi omong kosong ketika berhadapan dengan kontradiksi tajam ini.ini menunjuk kan,para pengarang perjanjian baru menulis segala cerita menurut yang di sukai oleh mereka sesuai cerita karangan mereka,dan di nisbat kan kepada Yesus dan para murid-murid nya.dari pembahasan ini,baik buku Matius dan kisah para Rasul,sulit di percaya sebagai dokument yang benar 100% tentang yesus dan para Rasul-rasul nya.

وَإِنَّ مِنْهُمْ لَفَرِيقًۭا يَلْوُۥنَ أَلْسِنَتَهُم بِٱلْكِتَٰبِ لِتَحْسَبُوهُ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَمَا هُوَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَيَقُولُونَ هُوَ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ وَمَا هُوَ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ وَيَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ ٱلْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya diantara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: “Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah”, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui.(Ali-`Imraan:78)

 

فَوَيْلٌۭ لِّلَّذِينَ يَكْتُبُونَ ٱلْكِتَٰبَ بِأَيْدِيهِمْ ثُمَّ يَقُولُونَ هَٰذَا مِنْ عِندِ ٱللَّهِ لِيَشْتَرُوا۟ بِهِۦ ثَمَنًۭا قَلِيلًۭا ۖ فَوَيْلٌۭ لَّهُم مِّمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ وَوَيْلٌۭ لَّهُم مِّمَّا يَكْسِبُونَ

Maka kecelakaan yAng besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.(Al-Baqarah:79)