Paulus Tarsus

Paulus menjadi rujukan dalam ke kristenan sekarang.ia di anggap seorang yang hebat dan paham alkitab.namun dari tulisan surat nya kita mendapati paulus pada suatu waktu tidak memahami isi kitab mazmur secara utuh.kita tidak mengetahui,apakah paulus tidak tahu,atau pura-pura tidak mengetahui isi kitab mazmur.dalam suatu kesempatan,paulus menulis sebagai berikut:

(6) Seperti juga Daud menyebut berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya:(7) Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;(8) berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya.”(Roma 4:6-8)

Alkitab LAI  pada catatan kaki memaksud kan ayat yang di kutip Paulus adalah mazmur 32:1-2,yakni:

(1) Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!(2) Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!(Mazmur 32:1-2)

Paulus tentu mengada-ada.Daud pada ayat di atas tak pernah menyebut kan berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya.tak ada kata-kata itu dari daud pada mazmur 32 ayat 1-2 di atas.jadi paulus telah serampangan dalam mengutip mazmur.

Paulus telah mempelajari Mazmur secara sepotong-sepotong.Paulus mengklaim daud pernah berkata: berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya.dan sayang nya ayat yang di kutip paulus sama sekali tak bermaksud sesuai perkataan paulus.malah pada bagian lain dari Mazmur,justru Daud mengatakan,bahwa ia di benar kan berdasar kan perbuatan nya.

(21) (18-22) sebab aku tetap mengikuti jalan TUHAN dan tidak berlaku fasik terhadap Allahku.(22) (18-23) Sebab segala hukum-Nya kuperhatikan, dan ketetapan-Nya tidaklah kujauhkan dari padaku;(23) (18-24) aku berlaku tidak bercela di hadapan-Nya, dan menjaga diri terhadap kesalahan.(24) (18-25) Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku, sesuai dengan kesucian tanganku di depan mata-Nya.(25) (18-26) Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela,(26) (18-27) terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.(27) (18-28) Karena Engkaulah yang menyelamatkan bangsa yang tertindas, tetapi orang yang memandang dengan congkak Kaurendahkan.(Mazmur 18:21-27)

Pada ayat-ayat di atas sarat dengan dalil dan bukti bahwa sesungguh nya Daud di benar kan Allah berdasar kan perbuatan nya.bahkan Daud berkata: (24) (18-25) Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku, sesuai dengan kesucian tanganku di depan mata-Nya.jadi,Daud di benar kan Allah sesungguh nya berdasar kan perbuatan nya:

  • Mengikuti jalan Tuhan(mazmur 18:21)
  • tidak berlaku fasik(Mazmur 18:21)
  • segala hukum dan ketetapan Allah di perhatikan dan tak di jauh kan Daud(Mazmur 18:22)
  • berlaku tak bercela di hadapan Allah dan menjaga diri terhadap kesalahan(Mazmur 18:23)
  • Allah membalas Daud sesuai dengan kebenaran Daud dan kesucian tangan di depan mata Allah(Mazmur 18:24)

Jadi,Daud sangat di benar kan Allah berdasar kan perbuatan nya.sangat bertentangan dengan kalim paulus dalam surat nya di atas.Dalam bagian lain mazmur,Daud berkata:

(4) Ganjarilah mereka menurut perbuatan mereka dan menurut kelakuan mereka yang jahat; ganjarilah mereka setimpal dengan perbuatan tangan mereka, balaslah kepada mereka apa yang mereka lakukan.(5) Karena mereka tidak mengindahkan pekerjaan TUHAN dan perbuatan tangan-Nya; Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi.(Mazmur 28:4-5)

Dalam Mazmur di atas jelas,bahwa manusia di benar kan berdasar kan perbuatan nya.jika melakukan kebaikan,maka mendapat pahala Allah.mengerjakan dosa,mendapat ganjaran dosa.setimpal tiap-tiap nya sesuai perbuatan tangan manusia.dalam bagian lain surat nya,paulus mengeluar kan peryataan yang kontradiksi,yakni:

Roma 2:6Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,

Roma 15:18Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

2 Timotius 4:14Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut perbuatannya.

Namun pada bagian lain,ia mengkritik tentang amal perbuatan:

Roma 3:27Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

Roma 4:2Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah.

2 Timotius 1:9Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman

Titus 3:5pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

Pernyataan Paulus di atas,di bantah Oleh yakobus:

Yakobus 2:14Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?

Yakobus 2:17Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Yakobus 2:18Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan“, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatanperbuatanku.”

Yakobus 2:20Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Yakobus 2:21Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatanperbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?

Yakobus 2:22Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatanperbuatan dan oleh perbuatanperbuatan itu iman menjadi sempurna.

Yakobus 2:24Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatanperbuatannya dan bukan hanya karena iman.

Yakobus 2:25Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatanperbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?

Yakobus 2:26Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatanperbuatan adalah mati.

Kalau kita perhatikan,pengajaran Yakobus di atas adalah sanggahan terhadap pengajaran Paulus,di mana paulus pernah menulis sebagai berikut:

Roma 3:27Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

KESIMPULAN

Pada bahasan di atas,ternyata Paulus tak memahami isi Mazmur secara utuh.di mana ia dengan dusta mengatakan bahwa: berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya, yang ia nisbat kan perkataan itu kepada Daud.dan ternyata,Daud sama sekali tak pernah mengatakan seperti itu(perkataan paulus)dalam Mazmur nya.malah Daud mengatakan sebalik nya dari perkataan Paulus.dari bahasan ini kita mengambil kesimpulan,Paulus tak sepenuh nya memahami Mazmur,dan mungkin keseluruhan Alkitab.atau ia tahu,tetapi mendistorsi penafsiran nya sesuai kepentingan nya untuk meyakin kan Jemaat pagan nya bahwa hanya iman pada yesus  kita di benar kan,bukan berdasar perbuatan.

Roma 3:27Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

Roma 3:28Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Roma 3:30Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman.

Roma 5:1Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

Roma 9:32Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan,

(24) Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman(25) Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.(26) Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.(Galatia 3:24-26)

Efesus 2:8Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Usaha Paulus meniadakan perbuatan,hanya iman pada yesus adalah upaya paulus menghapuskan hukum perbuatan(Taurat)pada Jemaat pagan eropa nya.walau pun dengan cara memanipulasi ucapan Daud dalam Mazmur.atau paulus tidak mengetahui isi Mazmur secara utuh,semua itu sama-sama kenyataan yang pahit.