Yesus di anggap tuhan oleh para penganut kristen trinitarian.namun lagi-lagi klaim itu terbantah kan oleh injil itu sendiri bahwa yesus bukan lah tuhan.yesus banyak sekali mengalami peristiwa yang menunjuk kan ia sesungguh nya tak maha tahu,jadi dia bukan tuhan yang maha kuasa.ada sebagai contoh tiga kubu ayat-ayat yang di tafsir kan sebagai pendukung ketuhanan yesus.pada satu kubu ayat itu palsu,dua kubu lagi di salah tafsirkan( 1 , 2 ).pada tulisan terdahulu sudah saya beri contoh nya.pada kesempatan ini saya beri contoh lagi bahwa yesus bukan lah tuhan,dia tak maha tahu.mari kita mulai:

 VERSI INJIL YANG MENCERITAKAN BAHASAN INI

30. Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.

31. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.

32. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.

33. Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka.

34. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.(markus 6:30-34)

Sekarang mari kita bahas segi ketidak maha tahuan yesus:

YESUSMENGAJAK 12 MURID KE TEMPAT SUNYI UNTUK BERISTIRAHAT KARENA BANYAK TAMU DATANG

30. Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.

31. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.(Markus 6:30-31)

Perhatikan dalam ayat di atas,yesus sebagai manusia ia bisa kelelahan.Tuhan tidak pernah kelelahan.maka yesus bukan lah tuhan.padahal dalam alkitab di katakan:

28. Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.

29. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Dalam quran di nyatakan dalam AYAT KURSI

Maka jelas sekali alkitab membantah dengan sendirinya ketuhanan yesus yang merupakan ciptaan bidat pada konsili nikea dengan tokoh utama nya Athanasius.

TUHAN KEDATANGAN BANYAK TAMU HINGGA MAKAN PUN TIDAK SEMPAT

30. Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.

31. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.(Markus 6:30-31)

Yesus kedatangan banyak tamu-tamu untuk di sembuh kan dll,sehingga makan pun tak sempat.yesus lelah dan lapar,maka yesus bukan lah tuhan.yesus lapar seperti hal nya 12 murid yang lain yang memiliki unsur kemanusiaan.

YESUS DAN 12 MURID MENGASING KAN DIRI KE TEMPAT SUNYI

32. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.(Markus 6:32)

yakni yesus mempunyai rencana mengasing kan diri ke tempat sunyi karena hendak istirahat dan makan karena sangat lelah dan lapar,karena banyak nya tamu-tamu yang datang.

TETAPI RENCANA YESUS GAGAL,ORANG BANYAK TAHU HINGGA SUSUL YESUS DAN 12 MURID

33. Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka.

34. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.(Markus 6:33-34)

Dari rangkaian ayat-ayat di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa yesus bukan lah tuhan yang maha tahu,ia tak maha tahu,maka ia bukan lah tuhan.jika yesus di anggap sebagai tuhan,ia bukan tuhan yang tak maha cerdik,rencana sederhana nya saja buat istirahat dan makan gagal dan di ketahui orang lain.dan yesus tidak mengetahui bahwa orang banyak melihat keberangkatan nya,dan segera mengetahui tujuan nya ke mana.jika yesus tuhan,niscaya rencana nya tidak akan gagal dan ia akan mengetahui orang-orang bakal mengetahui langkah-langkah nya.

Dari contoh sederhana di atas saja kita dapat mengetahui bahwa yesus bukan lah tuhan.pada perkara-perkara sepele saja ia tidak mengetahui.apalagi perkara-perkara besar semacam hari kiamat.memang yesus bukan lah tuhan,ia hanya manusia biasa yang di beri nikmat sebagai nabi dan rasul bagi bani israel.yesus berkata:

(28) Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: “Hukum manakah yang paling utama?”(29) Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.(MARKUS 12:28-29)

CONTOH LAIN AYAT KEGAGALAN YESUS SEBAGAI YANG TAK MAHA MENGETAHUI

24. Lalu Yesus berangkat dari situ dan pergi ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan.

yesus masuk ke sebuah rumah agar keberadaan nya tak di ketahui,ternyata rencana nya gagal,ia tetap dapat di ketahui.ini menunjuk kan yesus tak mengetahui apa pun yang terjadi pada masa lalu,hingga masa depan.sebab ia bukan lah tuhan.ia cuma rasul dan nabi Allah yang di beri nikmat.

Al-Maaidah:75

مَّا ٱلْمَسِيحُ ٱبْنُ مَرْيَمَ إِلَّا رَسُولٌۭ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ ٱلرُّسُلُ وَأُمُّهُۥ صِدِّيقَةٌۭ ۖ كَانَا يَأْكُلَانِ ٱلطَّعَامَ ۗ ٱنظُرْ كَيْفَ نُبَيِّنُ لَهُمُ ٱلْءَايَٰتِ ثُمَّ ٱنظُرْ أَنَّىٰ يُؤْفَكُونَ

Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan . Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu).

Al-Maaidah:17

لَّقَدْ كَفَرَ ٱلَّذِينَ قَالُوٓا۟ إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلْمَسِيحُ ٱبْنُ مَرْيَمَ ۚ قُلْ فَمَن يَمْلِكُ مِنَ ٱللَّهِ شَيْـًٔا إِنْ أَرَادَ أَن يُهْلِكَ ٱلْمَسِيحَ ٱبْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًۭا ۗ وَلِلَّهِ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ ۚ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍۢ قَدِيرٌۭ

Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam”. Katakanlah: “Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?”. Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.