maria

Para pengkritik islam berkata bahwa Quran telah salah mendefinisikan Trinitas kristen yang berkembang saat itu.Quran mengatakan trinitas adalah Allah,isa putra maryam dan maria.padahal trinitas kristen saat itu yang paling umum adalah:Allah,isa putra maryam dan roh kudus/Bapa,putra dan roh kudus.jadi quran telah salah dalam mendefinisikan trinitas kristen.mereka memakai dalil quran sbb:

Al-Maaidah:116

وَإِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ ءَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ ٱتَّخِذُونِى وَأُمِّىَ إِلَٰهَيْنِ مِن دُونِ ٱللَّهِ ۖ قَالَ سُبْحَٰنَكَ مَا يَكُونُ لِىٓ أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِى بِحَقٍّ ۚ إِن كُنتُ قُلْتُهُۥ فَقَدْ عَلِمْتَهُۥ ۚ تَعْلَمُ مَا فِى نَفْسِى وَلَآ أَعْلَمُ مَا فِى نَفْسِكَ ۚ إِنَّكَ أَنتَ عَلَّٰمُ ٱلْغُيُوبِ

Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai `Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah ?”. `Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”.

مَا قُلْتُ لَهُمْ إِلَّا مَآ أَمَرْتَنِى بِهِۦٓ أَنِ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ رَبِّى وَرَبَّكُمْ ۚ وَكُنتُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًۭا مَّا دُمْتُ فِيهِمْ ۖ فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِى كُنتَ أَنتَ ٱلرَّقِيبَ عَلَيْهِمْ ۚ وَأَنتَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍۢ شَهِيدٌ

Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.

Berikut bantahan saya atas mereka.pada hakikat nya,mereka menuduh Quran dengan tuduhan yang dangkal.juga dengan analisa yang dangkal.berikut beberapa argument saya untuk membantah kesalah pahaman mereka:

ARGUMEN PERTAMA:SURAT 5:116 CUMA MENJELAS KAN CONTOH BERANEKA RAGAM KEYAKINAN NASRANI DALAM KETUHANAN,SALAH SATUNYA SELAIN MENUHAN KAN ISA,JUGA MENUHAN KAN PERAWAN MARIA.

Jadi ayat di atas bukan bermaksud quran menjelas kan konsep ketuhanan baku kristen.ayat dia atas cuma menjelas kan,adanya orang2 yang menuhan kan isa,juga menuhan kan ibunya.hal itu merupakan fakta yang tak terbantah kan.Sebagai sebuah realitas historis, sisa-sisa penyembahan terhadap Maryam masih dapat ditemukan hingga hari ini. Di sejumlah wilayah Eropa, termasuk Polandia, bahkan Inggris Raya dan Perancis Selatan, menurut survey yang dilakukan oleh Ean Begg pada tahun 1985, masih ditemukan patung bunda Maria yang berwarna hitam yang dikenal dengan sebutan black virgin atau Black Madonna. Patung tersebut sengaja dibuat untuk dipuja atau disembah sebagai tuhan.Bahkan patun-patung tersebut selalu diasosiasikan dengan sejumlah situs pemujaan kaum pagan dari masa yang jauh lebih kuno. Ditengarai bahwa penyembahan terhadap pribadi Maria merupakan hasil proses adopsi dan perkembangan dari pemujaan terhadap sejumlah dewi pagan yang memiliki kisah kehidupan sama persis dengan kisah Yesus dan Ibunya, Maria.

http://forum.muslim-menjawab.com/2011/06/12/ketuhanan-maryam-miskonsepsi-trinitas-dalam-al-quran/

pasca munculnya kritik Nestorius yang menolak istilah “bunda Tuhan”, gereja justru mengukuhkan posisi Maria sebagai Theotokos atau Ibu Tuhan dalam Konsili Efesus tahun 431 M. Salah satu butir yang dihasilkan dalam konsili tersebut adalah sebagai berikut : “Menurut pengertian bahwa kesatuan ini tidak mencampur adukkan, kami mengaku bahwa anak dara kudus adalah theotokos (bunda Allah), karena Allah Firman menjelma menjadi manusia dan sejak pembuahan-Nya menyatukan pada diri-Nya bait yang diambil daripadanya (Maria)”Berdasarkan informasi Ibnu Patrick, seorang sejarawan dan padri Kristen, menjelang Konsili Nicea 325 M dari jumlah peserta keseluruhan 2.048 orang terdapat sebagian peserta dari mahzab Mariamites dan Remitim yang berpendapat bahwa Yesus dan Ibunya adalah 2 (dua) Tuhan selain Bapa. Selain itu terdapat aliran Ebionit yang secara jelas juga memuja Maria sebagai Tuhan Ibu.

jadi,ayat Quran di atas bukan bermaksud mendefinisikan Trinitas kristen yana ada saat itu menjadi Bapa,putra dan maria.tetapi hanya mengemuka kan fakta bahwa ke kristenan juga memuja maria sebagai tuhan.Dalam salah satu tulisannya, Morey mempermasalahkan posisi Maryam dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 73-75 dan 116. Al Quran, dalam pandangan Morey, mengandung kesalahan kosep dalam mengungkapkan doktrin trinitas Kristen. Muhammad, tulis Morey, secara keliru menganggap bahwa umat Nashrani menyembah 3 (tiga) tuhan yaitu : Bapa, Ibu (Maryam), dan Anak (Isa). Guna memperkuat argumentasinya, Morey juga mengutip pendapat Richard Bell dan Encyclopaedia Britanica yang menegaskan bahwa Al Quran memiliki kesalahan konsep tentang trinitas dan Muhammad sebagai penulis Al Quran kurang memahami hal tersebut. Morey menambahkan bahwa umat Kristiani tidak pernah mengimani tiga Tuhan dan Maria bukan merupakan salah satu oknum dalam ketuhanan Trinitas sebagaimana konsep dalam Al Quran.

Tuduhan morey bahwa surat maidah ayat 73-75 merupakan kesalahan konsep quran tentang trinitas adalah tanda kedangkalan pemahaman morey pada Quran.sudah saya jelas kan di atas bahwa,surat di atas sama sekali bukan menyindir konsep ketuhanan kristen,tetapi menyindir ada nya realita pemujaan Maria sebagai tuhan selain Allah.quran hanya men contoh kan beragam keyakinan ke Tuhanan kristen saat itu,bukan bermaksud menjelaskan konsep trinitas kristen.dan ajaib nya,Quran mengetahui ada nya realita seperti itu pada dunia kristen saat itu.jika Muhammad mengarang-ngarang ayat itu,niscaya Muhammad tak akan tahu realita adanya pemujaan maria jauh sebelum beliau lahir.

ARGUMEN KEDUA:TRINITAS SECARA UMUM DENGAN ANEKA RAGAM KEYAKINAN NYA DI TUANG KAN DALAM SURAT 5:73.

Al-Maaidah:73

لَّقَدْ كَفَرَ ٱلَّذِينَ قَالُوٓا۟ إِنَّ ٱللَّهَ ثَالِثُ ثَلَٰثَةٍۢ ۘ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّآ إِلَٰهٌۭ وَٰحِدٌۭ ۚ وَإِن لَّمْ يَنتَهُوا۟ عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya kafirlah orang0orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga“, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

Ayat di atas menjelaskan trinitas secara umum dengan aneka ragam keyakinan nya.ayat di atas menunjuk kan bahwa selain Allah ada dua tuhan lain nya.namun Quran tak merinci siapa pribadi 2 tuhan ini.bisa Isa dan roh kudus atau pun isa dan maryam.namun yang paling tepat adalah:ayat di atas menyindir dan mengkritik trinitas yang umum berlaku saat itu,yakni Bapa,putra dan roh kudus.jadi surat 5:116-117 menjelaskan fakta adanya penuhanan maria sebagai tuhan,dan surat 5:73 menjelaskan trinitas secara umum dan  berlaku saat itu.yang jelas,surat 5:116-117 bukan bermaksud menjelas kan konsep ketuhanan kristen saat itu,tetapi hanya menjelas kan fakta bahwa maria pun di jadikan tuhan oleh orang-orang nasrani saat itu.dan sindiran Quran ternyata sesuai fakta historis,bahwa memang Maria pernah di jadikan tuhan,bahkan mungkin hingga pada masa kini.jadi tak ada kesalahan dalam Quran dalam hal ini.

Iklan