The White Lie

Para penghujat islam kerap menghujat islam menghalakan melakukan dusta karena beberapa hadist berikut:

Dari Ummu Kultsum binti Uqbah radhiallahu anha bahwa dia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لَيْسَ الْكَذَّابُ الَّذِي يُصْلِحُ بَيْنَ النَّاسِ فَيَنْمِي خَيْرًا أَوْ يَقُولُ خَيْرًا

“Bukanlah disebut pendusta orang yang menyelesaikan perselisihan di antara manusia dengan cara dia menyampaikan hal-hal yang baik atau dia berkata hal-hal yang baik”. (HR. Al-Bukhari no. 2692 dan Muslim no. 2605)
Maksudnya: Walaupun apa yang dia sampaikan atau katakan itu tidak benar, akan tetapi dia mengucapkannya agar terwujud perdamaian di antara kedua belah pihak.

Dalam riwayat Muslim ada tambahan:
وَلَمْ أَسْمَعْ يُرَخَّصُ فِي شَيْءٍ مِمَّا يَقُولُ النَّاسُ كَذِبٌ إِلَّا فِي ثَلَاثٍ الْحَرْبُ وَالْإِصْلَاحُ بَيْنَ النَّاسِ وَحَدِيثُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ وَحَدِيثُ الْمَرْأَةِ زَوْجَهَا
“Saya tidak pernah mendengar diperbolehkannya dusta yang diucapkan oleh manusia kecuali dalam tiga hal: Dusta dalam peperangan, dusta untuk mendamaikan pihak-pihak yang bertikai, dan dusta suami terhadap istri atau istri terhadap suami.”  (Klik untuk penjelasan)

Mereka menuduh islam adalah agama yang menghalalkan melakukan kebohongan di segala situasi karena salah tafsir tentang hadis di atas.mereka dengan tampa melakukan analisa dengan hati yang bersih mereka menuduh islam menghalakan melakukan dusta di segala hal yang secara bodoh mereka nama kan TAQIYYAH. saya akan menunjuk kan,dalam alkitab,kadang bohong putih dalam keadaan tertentu malah berole pahala.berikut simak penjabaran nya:

LATAR BELAKANG KASUS:FIRAUN GENCAR MEMBUNUHI BAYI-BAYI LAKI-LAKI ISRAEL DENGAN BANTUAN 2 BIDAN,SIFRA DAN PUA.

(15) Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya:(16) Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup.(Keluaran 1:15-16)

Jadi 2 bidan Firaun itu di perintah kan oleh firaun buat membunuh bayi-bayi laki-laki dari bangsa israel.jadi ini sudah urusan nyawa yang sangat fital dan berbahaya.

TETAPI BIDAN-BIDAN ITU TAKUT PADA ALLAH SECARA DIAM-DIAM TAK LAKUKAN TITAH FIRAUN,2 BIDAN ITU MELAKUKAN BOHONG PUTIH PADA FIRAUN UNTUK MENYELAMATKAN BAYI-BAYI ISRAEL DARI PEMBANTAIAN.

(17) Tetapi bidan-bidan itu takut akan Allah dan tidak melakukan seperti yang dikatakan raja Mesir kepada mereka, dan membiarkan bayi-bayi itu hidup.(18) Lalu raja Mesir memanggil bidan-bidan itu dan bertanya kepada mereka: “Mengapakah kamu berbuat demikian membiarkan hidup bayi-bayi itu?(19) Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: “Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang, mereka telah bersalin.”(Keluaran 1:17-19)

Perhatikan lah,2 bidan itu melakukan bohong putih di hadapan setan yang bernama Firaun,mereka mengatakan:

Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: “Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang, mereka telah bersalin.

Padahal 2 bidan itu telah berbohong di hadapan Firaun.pada kenyataan sebenar nya bidan-bidan itu mebiarkan bayi-bayi laki-laki israel tetap hidup.malah membantu persalinan mereka dengan baik.jadi 2 bidan firaun telah melakukan bohong putih demi menyelamat kan nyawa manusia dari pembantaian.

KARENA MENYELAMAT KAN BAYI-BAYI ISRAEL WALAU DENGAN CARA BOHONG PUTIH,BIDAN-BIDAN ITU DAPAT PAHALA DARI ALLAH.

(20) Maka Allah berbuat baik kepada bidan-bidan itu; bertambah banyaklah bangsa itu dan sangat berlipat ganda.(21) Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga.(Keluaran 1:20-21)

Justru karena menyelamat kan nyawa bayi-bayi israel itu dari pembunuhan, walau dengan cara berbohong putih,2 bidan Firaun itu mendapat pahala dunia dari Allah berupa mereka akhir nya mendapat jodoh dalam hidup mereka.mungkin selama ini,2 bidan itu sudah menjadi perawan tua karena sulit mendapat jodoh…jadi,jika kristen masih menghujat islam soal bohong putih,maka mereka hendak nya malu pada alkitab mereka sendiri.

APA KESIMPULAN PEMBAHASAN KITA?

Bohong amat di cela dalam islam…namun,jika bohong itu terpaksa di lakukan buat menyelamat kan nyawa manusia sebagai contoh di atas,maka bohong itu di boleh kan.saya teringat waktu kecil seorang dai berkata bahwa jika ada PKI mencari-cari seorang ustaz untuk di bunuh,dan ustaz itu sembunyi di rumah nya,wajib berbohong pada PKI jika PKI itu bertanya padanya perihal persembunyian sang ustaz.jika memberi tahu persembunyian sang ustaz karena tak mau bohong,sama saja dosa mengumpan manusia tak berdosa kepada iblis pendosa yang bernama PKI untuk di bunuh.

Para ulama menetapkan pembagian hukum dusta sesuai dengan limakategori hukum syar’i, meskipun pada dasarnya hukum bohong adalahharam. Adapun pembagiannya adalah sbb:

Haram, yaitu kebohongan yang tak berguna menurut kacamata syar’i.
Makruh, yakni dusta yang dipergunakan untuk memperbaiki kemelut rumah tangga dan yang sejenisnya.
Sunnah, yaitu seperti kebohongan yang ditempuh untuk menakut-nakuti musuh Islam dalam suatu peperangan, seperti pemberitaan [yang berlebihan] tentang jumlah tentara dan perlengkapan kaum muslimin [agar pasukan musuh gentar].
Wajib, yaitu seperti dusta yang dilakukan untuk menyelamatkanjiwa seorang muslim atau hartanya dari kematian dan kebinasaan.
Mubah, misalnya yang dipergunakan untuk mendamaikan persengketaan di tengah masyarakat.( sumber )