tulisan terbalik

Pada tulisan terdahulu sudah saya ungkap kekacauan kronologis cerita injil-injil.berikut saya sajikan lagi fakta baru yang makin memperkuat bukti bahwa memang hikayat dalam injil-injil kontradiksi dari segi cerita dan mempunyai alur kronologis cerita yang kacau.pada kesempatan ini saya akan menyajikan kontradiksi kronologis antara injil markus dan lukas.

1)VERSI MARKUS

A)YESUS KE RUMAH IBADAT DI KAPERNAUM DAHULU.

Perikop

1:21-28 = Yesus dalam rumah ibadat di Kapernaum
(Luk 4:31-37)

(21) Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.

(22) Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat.

(23) Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak:

(24) Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.

(25) Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!”

(26) Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.

(27) Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.”

(28) Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.(markus 1:21-28)

B)BARU KEMUDIAN KE NAZARETH.

setelah markus menceritakan yesus mengunjungi rumah ibadat di kapernaum,lalu markus meloncat 6 pasal baru menceritakan yesus mengunjungi nazareth.

Perikop:

6:1-6 = Yesus ditolak di Nazaret
(Mat 13:53-58; Luk 4:16-30)

(1) Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.

(2) Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?

(3) Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

(4) Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.”

(5) Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.(Markus 6:1-6)

2)VERSI LUKAS

A)YESUS PERGI KE NAZARETH DAHULU.

Perikop:

4:16-30 = Yesus ditolak di Nazaret
(Mat 13:53-58; Mr 6:1-6)

(16) Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

(17) Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

(18) Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

(19) untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

(20) Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

(21) Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

(22) Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: “Bukankah Ia ini anak Yusuf?”

(23) Maka berkatalah Ia kepada mereka: “Tentu kamu akan mengatakan pepatah ini kepada-Ku: Hai tabib, sembuhkanlah diri-Mu sendiri. Perbuatlah di sini juga, di tempat asal-Mu ini, segala yang kami dengar yang telah terjadi di Kapernaum!”

(24) Dan kata-Nya lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.

(25) Dan Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar: Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri.

(26) Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon.

(27) Dan pada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorangpun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu.”

(28) Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu.

(29) Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu.

(30) Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.(Lukas 4:16-30)

BARU KEMUDIAN KE RUMAH IBADAT DI KAPERNAUM.

Di sinilah tampak kekacauan nya.dalam hikayat Injil Lukas,yesus datang dahulu ke Nazareth,baru kemudian ke rumah ibadat di kapernaum.perhatikan yang saya Bold merah ,cerita yesus ke nazareth lalu kemudian ke rumah ibadat di kapernaum sangat bertalian.yakni Yesus datang ke nazareth dahulu BARU KEMUDIAN LANGSUNG ke rumah ibadat di kapernaum.sedang kan injil Markus menceritakan yesus datang dulu ke rumah ibadat di kapernaum dahulu,baru meloncat 6 pasal cerita(yang berarti hari-hari yang amat panjang) baru mendatangi nazareth.apakah ini bukan kontradiksi nyata dan alur cerita yang kacau?

Perikop

4:31-37 = Yesus dalam rumah ibadat di Kapernaum
(Mr 1:21-28)

(31) Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.

(32) Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa.

(33) Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras:

(34) Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.

(35) Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya.

(36) Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: “Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar.”

(37) Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.(Lukas 4:31-37)

VERSI MARKUS:yesus ke rumah ibadat di kapernaum dahulu(mark 1:21-28),baru kemudian ke nazareth(mark 6:1-6a)

VERSI LUKAS:Yesus ke nazareth dahulu(Luk 4:16-30),baru Kemudian ke rumah ibadat di kapernaum(4:31-37)

Mana di antara mereka yang benar?jika mereka menulis di bimbing roh kudus,mengapa mereka menulis saling kontradiksi dan salah?tulisan ini membuat saya makin yakin,para penulis injil memang melakukan kesalahan.terutama Lukas pada tulisan saya terdahulu yang ber kontradiksi dengan 2 versi injil lain nya.kristen mungkin mengelit pada tulisan saya sebelum nya,nah,dengan adanya tambahan bukti ini,apakah anda-anda tak mempertimbangkan,bahwa penulis injil-injil memang banyak melakukan kesalahan?