28

Kenapa Lukas sampai menulis terbalik hikayat tentang yesus di banding injil-injil lain?ada yang bisa jawab?

Banyak penghujat islam dari kalangan kristen mengejek bahwa quran tidak kronologis dalam cerita.mereka membanggakan bahwa alkitab adalah kitab yang paling kronologis.benar kah?dalam tulisan ini kita kuak KESALAHAN FATAL kronologis cerita dalam perjanjian baru.berikut ulasan nya.pertanyaan nya sederhana saja.KAPAN YESUS MENGUNJUNGI NAZARETH?.Yesus mengunjungi nazareth di ceritakan dalam 3 versi injil,yakni:

  1. markus 6:1-6
  2. matius 13:53-58
  3. lukas 4:16-30

Sekarang,pertanyaan nya kita ulang:KAPAN YESUS MENGUNJUNGI NAZARETH?saya lengkapi dengan bold merah dalam ayat dan perikop LAI agar anda tahu,bahwa cerita itu saling berkaitan.

INFORMASI MARKUS DAN MATIUS.

A)Informasi markus:Yesus menyembuhkan orang sakit kusta terlebih dahulu(markus 1:40-45)baru lama kemudian mengunjungi nazareth(markus 6:1-6)

SEMBUHKAN ORANG SAKIT KUSTA DULU

Perikop:

1:40-45 = Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
(Mat 8:1-4; Luk 5:12-16)

(40) Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.”

(41) Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.”

(42) Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir.

(43) Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras:

(44) Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.

(45) Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.(Markus 1:40-45)

BARU KEMUDIAN KE NAZARETH.

Lalu setelah lama kemudia,meloncat 6 pasal dalam injil markus,baru ada cerita yesus mendatangi kota kelahiran nya di nazareth.

Perikop:

6:1-6 = Yesus ditolak di Nazaret
(Mat 13:53-58; Luk 4:16-30)

(1) Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.

(2) Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?

(3) Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

(4) Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.”

(5) Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.(Markus 6:1-6)

B)Informasi Matius:sama seperti markus,matius bercerita bahwa yesus menyembuhkan orang sakit kusta dahulu(matius 8:1-4) baru kemudia ke nazareth(matius 13:53-58),setelah meloncat 6 pasal cerita.

SEMBUHKAN ORANG SAKIT KUSTA DULU

8:1-4 = Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
(Mr 1:40-45; Luk 5:12-16)

(1) Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.

(2) Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

(3) Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

(4) Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.”(Matius 8:1-4)

BARU KEMUDIAN KE NAZARETH.

Perikop:

13:53-58 = Yesus ditolak di Nazaret
(Mr 6:1-6; Luk 4:16-30)

(53) Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Iapun pergi dari situ.

(54) Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?

(55) Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

(56) Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”

(57) Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.”

(58) Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.(Matius 13:53-58)

INFORMASI LUKAS

Di sinilah anda akan melihat kesalahan fatal kronologis cerita dalam injil,hingga kita tak mengetahui mana yang benar di antara dua kubu ini.apakah markus dan matius yang benar?atau kah lukas?simak keganjilan besar nya:

VERSI LUKAS:MENGUNJUNGI NAZARETH TERLEBIH DAHULU

Perikop:

4:16-30 = Yesus ditolak di Nazaret
(Mat 13:53-58; Mr 6:1-6)

(16) Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

(17) Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

(18) Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

(19) untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

(20) Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

(21) Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

(22) Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: “Bukankah Ia ini anak Yusuf?”

(23) Maka berkatalah Ia kepada mereka: “Tentu kamu akan mengatakan pepatah ini kepada-Ku: Hai tabib, sembuhkanlah diri-Mu sendiri. Perbuatlah di sini juga, di tempat asal-Mu ini, segala yang kami dengar yang telah terjadi di Kapernaum!”

(24) Dan kata-Nya lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.

(25) Dan Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar: Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri.

(26) Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon.

(27) Dan pada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorangpun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu.”

(28) Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu.

(29) Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu.

(30) Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.(Lukas 4:16-30)

LALU BARU MENYEMBUHKAN ORANG YANG SAKIT KUSTA.

setelah cerita yesus kunjungi nazareth,baru meloncat satu pasal,yesus sudah menyembuhkan orang sakit kusta.maka cerita lukas terbalik kronologis di banding cerita markus dan matius.markus dan matius mengatakan,yesus menyembuhkan orang sakit kusta dulu baru kemudian ke nazareth.berbalik dengan cerita lukas,yesus mengunjungi nazareth dulu baru menyembuhkan orang sakit kusta dulu.mana kronologis cerita yang benar?

Perikop:

5:12-16 = Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
(Mat 8:1-4; Mr 1:40-45)

(12) Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

(13) Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.

(14) Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapapun juga dan berkata: “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.”

(15) Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.

(16) Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.(Lukas 5:12-16)

Melihat kronologis cerita yang jungkir balik markus,matius versus lukas yang sangat telak kesalahan nya ini,saya yakin,sarapan pagi pun tak akan mampu menyelesaikan kontradiksi ini.bagaimana dengan anda?

 

BAGAIMANA DENGAN KALIMAT PADA SUATU KALI PADA INJIL LUKAS?

Sudah menjadi kebiasaan penulis ketika postingan selesai atau sebelum di publish penulis mengajukan postingan ini buat pengujian.seorang kristen berapologi bahwa pada versi2 injil di atas tak ada kontradiksi.karena lukas hanya menceritakan kilas balik.jadi cerita penyembuhan sakit kusta adalah kilas balik cerita yesus sebelum ke nazareth dalam injil lukas.karena ada kalimat sbb:

(12) Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

 

Apakah ini benar?pada kenyataan nya lukas menulis penyembuhan orang sakit kusta terjadi setelah peristiwa yesus mengunjungi nazareth.sedangkan markus dan matius menulis sebelum yesus mengujungi nazareth.jika pun benar apa yg menjadi apologia kristen,maka postingan di atas berguna pula buat counter attack penghinaan mereka pada quran.mereka kerap mengejek quran tidak kronologis.ternyata dalam injil pun ada bagian-bagian yang tak mengenal kronologis seperti yang telah saya tulis di tas.kalimat pada suatu kali di atas bisa jadi bermakna suatu hari setelah peristiwa Penjala ikan menjadi penjala manusia . nah,sekarang kita sentuh nurani kristen,dengan terbalik nya penulisan lukas ini di banding dengan markus dan matius,apakah tidak mungkin bahwa lukas memang alpa dan salah?jika benar roh kudus yang membimbing penulisan kitab suci alkitab,niscaya tak akan terjadi kesalahan sedikit pun. ternyata kesalahan itu amat banyak.seumpama perihal Abyatar , Ahas  , Ahazia dari yerusalem , dll yang akan saya bahas kemudian.nah,jika lukas telah menulis kronologi terbalik,jangan-jangan pada kesempatan ini memang lukas telah salah.