gabriel

Kerap kristen mengutip ayat ini dan anu dalam injil2 dan bagian kitab lain nya.namun darimana kisah2 dan ayat2 itu berasal?tak ada sanad dan rawi yang memadai.semua misterius.

Pada fasal 1 buku lukas,lukas menceritakan peristiwa zakharia dan kelahiran yohanes pembaptis.seperti contoh tulisan lukas sbb:

(11) Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan.(Lukas 1:11)

darimana lukas tahu ada malaikat berdiri di seblah kanan Mezbah dupa?padahal peristiwa itu jauh terjadi sebelum yohanes pembaptis,yesus dan bahkan lukas lahir?kata lukas,dia menulis injil nya dari saksi2 mata dan para pelayan Firman.nah,siapa saja saksi2 mata dan pelayan firman itu yang telah melihat ada malaikat di seblah kanan mezbah dupa zaman zakhariya?apa saksi2 mata itu masih hidup di jaman lukas?jika masih hidup,apakah cerita dari mulut ke mulut yang lalu di tulis lukas dalam buku nya?sayang,perawi2 dan sanad cerita lukas itu majhul dan amat misterius.darimana lukas mendapat cerita mengenai zakharia ini?

Peristiwa lain di tulis lukas sbb:

(26) Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,(27) kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.(28) Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”(Lukas 1:26-28)

Hebat nya lukas menulis perjalanan malaikat gabriel ke Nazareth di galilea dan tahu detail2 percakapan gabriel  dengan maria.padahal lukas bukan saksi mata dan belum lahir saat itu.jika pun sudah lahir,pasti ia masih anak ingusan.nah,darimana berita itu di dapat lukas?jika dari saksi2 mata dan pelayan firman,apakah mereka menyaksikan langsung peristiwa percakapan gabriel dan maria?…saya katakan:mustahil ada saksi2 mata SEORANG PUN saat kejadian gabriel mengunjungi maria dan bercakap-cakap.pada saat itu yesus belum lahir,dan belum ada satupun pengikut dan saksi2 tentang yesus dan keluarga nya.jadi,darimana lukas mendapat berita ajaib ini?apakah maria dan yusuf yang menceritakan nya pada jemaat yesus?sayang,tak ada bukti satu pun pada semua itu.tokoh maria dan yusuf cuma lewat selintas dalam buku2 yang di klaim sebagai injil yesus itu.jadi,bisa saja ini cerita isapan jempol lukas atau cerita burung di masyarakat.malaikat jibril memang pernah mengunjungi maryam,tetapi apakah dialogh nya seperti yang di tulis lukas dalam bukunya?belum tentu.

Jelas,kedatangan jibril ke maryam dan yusuf tak mungkin ada satupun saksi mata di luar mereka.sayang nya,tidak ada bukti maryam dan yusuf menceritakan pengalaman nya itu ke jemaat yesus.nama maryam cuma di sebut amat sedikit dan minim dalam buku2 kanonik injil.maka cerita lukas berawi majhul dan tampa sanad yang bisa di pertanggung jawab kan.maka keberadaan cerita2 injil kanonik tak dapat 100 persen kita percayai mentah2,sebab kabar cerita itu dari orang2 misterius dan tak di kenal kejujuran nya,hapalan nya,ingatan nya,dst.dalam islam,sanad cerita itu amat penting untuk mengukur ke validan suatau berita.

Telah berkata Sufyan bin ‘Uyainah :

حدث الزهري يوماً بحديث؛ فقلت له : هاته بلا إسناد فقال : أترقى السطح بلا سلم؟.

“Pada suatu hari Az-Zuhri  menyampaikan satu hadits. Aku berkata padanya : ‘Sampaikanlah hadits itu tanpa sanad’. Ia (Az-Zuhri) berkata : ‘Apakah aku akan menaiki loteng tanpa tangga ?’.

Telah berkata ‘Abdush-Shamad bin Hassaan :

سمعت سفيان الثوري يقول : الإسناد سلاح المؤمن فإذا لم يكن سلاح فبِمَ يقاتل.

“Aku mendengar Sufyaan Ats-Tsauri berkata : ‘Isnad itu seperti senjata bagi seorang mukmin. Jika ia tidak mempunyai senjata, dengan apa ia bisa berperang ?”.

Dan dalam Shahih Muslim dari ‘Abdaan, ia berkata :

سمعت عبد الله بن المبارك يقول : الإسناد عندي من الدين ولو لا الإسناد لقال من شاء ما شاء.

“Aku mendengar ‘Abdullah bin Al-Mubaarak berkata : ‘Sanad bagiku termasuk bagian dari agama. Jika sanad tidak ada, niscaya orang akan berkata sesuka hatinya”.

Semua tulisan dalam injil tak ada satupun yang menyebutkan sanad.seperti yang telah saya jelas kan di atas.maka akidah dan keagamaan kristen berdasar tampa tiang yang kokoh.bisa jadi yang bukan perkataan yesus masuk menjadi perkataan yesus,begitu juga sejarah nya.bisa jadi yg di anggap apokripa ternyata benar.semua hal itu terjadi karena bangunan teks2 keagamaan kristen tampa sanad yang memadai.

Tulisan terkait:

SEMUA ISI INJIL ADALAH 100 PERSEN MURNI SAKSI2 MATA? MENGUJI KEVALIDAN CERITA LANGIT TERKOYAK DALAM INJIL MARKUS