Banyak situs penghujat islam mengatakan cerita ashabul kahfi hanya merupakan dongeng dan mitos.sebagai muslim saya mengimani semua isi quran tampa kecuali,quran tak pernah salah….bukti kebenaran quran dapat kita lihat dari peristiwa awet nya jenazah firaun( http://www.muslim-menjawab.com/2012/06/b… ) ,lalu bukti kebenaran cerita haman di quran ( http://www.muslim-menjawab.com/2012/06/b… ) ,bukti kebenaran nabi hud dalam quran ( http://mui-dki.org/index.php?option=com_… ) ,padahal cuma quran yg menceritakan adanya nabi hud dengan cerita2 nya…..dan banyak lagi bukti kebenaran quran.padahal dunia kristen dulu mengimani cerita ashabul kahfi ini(versi penyebutan kristen:seven sleepers).Sebuah hari peringatan dirayakan untuk ketujuh pemuda itu dan dinamai sebagai hari pesta Santo “Maximianus, Malchus, Martinianus, Dionisius, Yoannes, Serapion, dan Konstantinus” pada 27 Juli. Nama-nama lain dari ketujuh pemuda ini diberikan dalam sumber-sumber lain. Perayaan ini dihapuskan dan dianggap sebagai mitos setelah pembaruan liturgi Katolik Roma pada 1969. Pesta di kalangan Ortodoks Timur tetap diperingati pada 22 Oktober

ternyata yang menganggap cerita 7 penidur dongeng datang dari gereja kristen….perlu di ketahui,cerita itu di perkirakan di mulai pra konsili nicea di abad ke 2 masehi,waktu itu trinitas belum ada…jadi 7 penidur itu BERAKIDAH TAUHID.lihat link ini: https://mizanuladyan.wordpress.com/2012/0…

adanya cerita yang di anggap legenda belakangan bukan berarti cerita itu tidak pernah ada….suatu cerita nyata setelah lama berselang akan di anggap legenda jika tak tercatat sejarah dengan baik dan lengkap.padadahal cerita itu ada.

maka dengan KEBENARAN QURAN DI BANYAK SISI,SAYA IMANI CERITA 7 PENIDUR ITU BENAR2 ADA DI SEKITAR ABAD KE 2,di saat itu memang kristen sedang giat2 nya di bantai olaeh romawi,,,,,persis cerita ashabul kahfi yg melarikan diri dari penguasa lalim tuk selamat kan akidah mereka.

Berikut kronologis cerita ashabul kahfi menurut quran:

ASHABUL KAHFI MEMASUKI GUA UNTUK BERLINDUNG DARI PENGUASA LALIM.

أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَٰبَ ٱلْكَهْفِ وَٱلرَّقِيمِ كَانُوا۟ مِنْ ءَايَٰتِنَا عَجَبًا

Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim [872] itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?( Al-Kahfi:9)

إِذْ أَوَى ٱلْفِتْيَةُ إِلَى ٱلْكَهْفِ فَقَالُوا۟ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةًۭ وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًۭا

(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo`a: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”( Al-Kahfi:10)

Masuk nya Ashabul kahfi ke dalam gua itu tentu sama sekali tak di ketahui orang lain kecuali oleh mereka sendiri.maka itu saksi sejarah peristiwa saat ashabul kahfi memasuki gua nol sama sekali,kecuali oleh para pemuda-pemuda itu.maka itu,nol nya saksi sejarah dan saksi mata peristiwa itu membuat gereja kristen modern seenak nya menganggap itu dongeng.jika kristen mau fair,banyak cerita dalam injil-injil pun tak di dukung saksi-saksi sejarah sekular,kecuali yang di klaim 3 saksi(markus,matius dan yohanes)persis seperti para pemuda ashabul kahfi,saksi2 peristiwa itu cuma pemuda-pemuda itu.Perayaan ini(seven sleepers) dihapuskan dan dianggap sebagai mitos setelah pembaruan liturgi Katolik Roma pada 1969.

TENTU GERJA KATOLIK ROMA PUNYA NIAT TERSELUBUNG,melihat cerita itu di quran,mereka pun punya alasan menyerang quran,apalgi cerita itu terjadi setelah masa perjanjian baru hingga tak tercantum dalam injil2 misal nya.atas dasar apa gereja mengatakan itu dongeng dan mitos?dan atas dasar apa pula GEREJA MENGIMANI LEGENDA 2000 BABI?

HOAX PERISTIWA GERASA,MUSTAHIL TANAH YAHUDI ADA YANG MEMELIHARA 2000 BABI?
(12) lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: “Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!”(13) Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.(markus 5:12-13)

Apakah mungkin tanah yahudi saat yesus hidup ada peternakan besar babi sehingga ada 2000 babi yang mati saat peristiwa gerasa?yahudi seluruh yudea dan samaria jelas tahu dalam taurat mereka bahwa babi adalah haram.maka mustahil saat itu ada peternakan besar babi hingga mencapai 2000 ekor.

jadi cerita ini kita curigai hoax.lebih-lebih sejarah sekular tak ada satupun yang menceritakan peristiwa dramatis itu.yesus pun di anggap tokoh a historis/dongeng,karena minim nya saksi-saksi sejarah sekular.

SETELAH DALAM GUA,ALLAH MENUTUP TELINGA ASHABUL KAHFI SELAMA 309 TAHUN.

فَضَرَبْنَا عَلَىٰٓ ءَاذَانِهِمْ فِى ٱلْكَهْفِ سِنِينَ عَدَدًۭا

Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu [873],( Al-Kahfi:11)

Begitu juga ketika Ashabul kahfi tidur di gua selama 309 tahun,tak ada satu pun saksi mata dan sejahrawan,hingga mudah saja penuduh islam berkata,cerita itu adalah dongeng dan mitos.

LALU ALLAH BANGUN KAN PEMUDA-PEMUDA ITU SETELAH TIDUR PANJANG 309 TAHUN.

ثُمَّ بَعَثْنَٰهُمْ لِنَعْلَمَ أَىُّ ٱلْحِزْبَيْنِ أَحْصَىٰ لِمَا لَبِثُوٓا۟ أَمَدًۭا

Kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu [874] yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu).( Al-Kahfi:12)

Begitu juga ketika pemuda-pemuda itu bangun dari tidur,dan selama tidur,tak ada satupun saksi sejarahwan dan manusia saat itu.

PEMUDA-PEMUDA ITU BERIMAN KEPADA ALLAH.

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًۭى

Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.( Al-Kahfi:13)

Quran menyatakan,bahwa pemuda-pemuda itu beriman pada Allah.artinya mereka berakidah Tauhid dan menganggap yesus manusia biasa.jika mereka tidur di abad   2,(sesuai kronologi masa Decius/dikyanus),maka jelas Akidah mereka Tauhid yesus,para apostel dan bapa2 gereja,sebab saat itu Trinitas barang haram yang belum di kenal.

Contohnya adalah perkataan Bapa gereja awal,Justinus martir: :JUSTINUS MARTIR(W KL 165M):YESUS CIPTAAN ALLAH DAN TAK SEDERAJAT DENGAN ALLAH.

justinus martir mengatakan bahwa pra manusia yesus sebagai roh yang di ciptakan yang tidak sama dengan Tuhan yang menciptakan segala sesuatu.justinus martir mengatakan bahwa yesus lebih rendah dari pada Allah dan tidak pernah melakukan sesuatu yang pencipta ingin ia lakukan dan katakan.

SEBELUM MENGUNGSI KE DALAM GUA,MEREKA PERNAH BERHADAPAN DENGAN DIKYANUS MEM PROKLAMIR KAN KEIMANAN MEREKA.

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا۟ فَقَالُوا۟ رَبُّنَا رَبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَا۟ مِن دُونِهِۦٓ إِلَٰهًۭا ۖ لَّقَدْ قُلْنَآ إِذًۭا شَطَطًا

Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri [875], lalu mereka pun berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran”.( Al-Kahfi:14)

Peristiwa ini pun tak tercatat sejarah.mengapa?sebab begitu banyak yang memegang iman Tauhid  saat itu.katakumbe kristen terlalu banyak,maka itu tak ada alasan sejahrawan mencatat peristiwa ini secara komplit.ini yang menyebab kan seenak nya gereja menganggap dongeng cerita ini.

KRITIK PEMUDA ASHABUL KAHFI PADA KEPERCAYAAN PAGAN MASA DIKYANUS.

هَٰٓؤُلَآءِ قَوْمُنَا ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ ءَالِهَةًۭ ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَٰنٍۭ بَيِّنٍۢ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ ٱفْتَرَىٰ عَلَى ٱللَّهِ كَذِبًۭا

Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka)? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah?( Al-Kahfi:15)

وَإِذِ ٱعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأْوُۥٓا۟ إِلَى ٱلْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًۭا

Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu [876].( Al-Kahfi:16)

Nama raja  Dikyanus hanya datang dari ahli tafsir islam,quran tak merinci siapa nama raja itu.maka itu jika ahli tafsir salah prediksi zaman raja itu,bukan otomatis kesalahan quran.

PEMUDA-PEMUDA ASHABUL KAHFI MEMUTUS KAN UZLAH KE GUA BUAT MENYELAMAT KAN IMAN.

وَإِذِ ٱعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأْوُۥٓا۟ إِلَى ٱلْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًۭا

Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu [876].( Al-Kahfi:16)

QURAN MENCERITAKAN SIFAT GUA ASHABUL KAHFI.

وَتَرَى ٱلشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَٰوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ ٱلشِّمَالِ وَهُمْ فِى فَجْوَةٍۢ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ ٱللَّهُ فَهُوَ ٱلْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُۥ وَلِيًّۭا مُّرْشِدًۭا

Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.( Al-Kahfi:17) <-klik untuk mendengarkan.

Tidak mudah membuktikan keberadaan gua yang dimaksud sebelum maraknya penelitian arkeologi. Dari beberapa sumber sebelumnya ada yang mengatakan bahwa gua tsb berada di Ephesus namun ada pula yang berpendapat bahwa gua tsb berada di Tarsus. Nanti pada tahun 1963, seorang arkeolog Yordania bernama Rafiq Waqa Ad-Dajani, akhirnya menemukan sebuah gua yang terletak sekitar 8 km dari Amman (ibukota Yordania), yang memiliki ciri-ciri persis seperti yang diuraikan oleh Al-Qur’an.
Gua tsb berada diatas dataran tinggi menuju arah tenggara, sedangkan kedua sisinya berada di sebelah timur dan barat, serta terbuka sedemikian rupa sehingga cahaya matahari menembus ke dalam. Di dalam gua terdapat ruangan kecil yang luasnya sekitar tiga kali dua setengah meter. Ditemukan juga didalam gua tersebut 8 kuburan yang kemudian dari tiap-tiap tulang-belulang dari setiap kuburan dikumpul menjadi satu. Perlu diketahui bahwa menjadi adat ketika itu, mayat-mayat orang Nasrani dikuburkan di dalam bekas batu. Ini tidak mustahil bahwa mereka yang telah menguruskan mayat pemuda tersebut telah mengebumikan mereka dengan cara dan adat mereka pada saat itu.

PERISTIWA ASHABUL KAHFI,BUAT MENUNJUK KAN KEKUASAAN ALLAH.

وَتَرَى ٱلشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَٰوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ ٱلشِّمَالِ وَهُمْ فِى فَجْوَةٍۢ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ ٱللَّهُ فَهُوَ ٱلْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُۥ وَلِيًّۭا مُّرْشِدًۭا

Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.( Al-Kahfi:17)

KEADAAN ASHABUL KAHFI BESERTA ANJING NYA SEMASA TIDUR.

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًۭا وَهُمْ رُقُودٌۭ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَذَاتَ ٱلشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَٰسِطٌۭ ذِرَاعَيْهِ بِٱلْوَصِيدِ ۚ لَوِ ٱطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًۭا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًۭا

Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka.( Al-Kahfi:18)

Tak ada satupun saksi mata dan sejahrawan yang meliput ketika mereka tidur,cuma Allah yang maha mengetahui keadaan mereka.maka ini kategori kisah ghaib.cuma Allah yang maha mengetahui keadaan mereka.orang-orang yang ingkar pada Quran tentu menuruti kata hati mereka bahwa kisah ini dongeng,tampa instropeksi bahwa banyak juga kisah-kisah alkitab nol saksi sejarah sekular.

LALU MEREKA DI BANGUN KAN ALLAH.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

SEBAGIAN PEMUDA-PEMUDA ITU MENGIRA MEREKA BARU TIDUR DI GUA SEHARI ATAU SETENGAH HARI.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

SALAH SEORANG PEMUDA PERGI KE KOTA MEMBAWA UANG PERAK BUAT MEMBELI MAKANAN.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

PADA PEMUDA PEMBELI MAKANAN KE KOTA DI PESAN,AGAR JANGAN CERITA PERIHAL KITA.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

Kini dapat di pahami mengapa cerita Ashabul kahfi amat minim sejarah,sebab pemuda-pemuda itu pun amat merahasiakan identitas mereka,setelah kebangkitan mereka dari tidur panjang.

MEREKA SEPAKAT RAHASIAKAN KONDISI MEREKA AGAR TAK DI PAKSA MENJADI MUSYRIK.

إِنَّهُمْ إِن يَظْهَرُوا۟ عَلَيْكُمْ يَرْجُمُوكُمْ أَوْ يُعِيدُوكُمْ فِى مِلَّتِهِمْ وَلَن تُفْلِحُوٓا۟ إِذًا أَبَدًۭا

Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, niscaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama lamanya”.( Al-Kahfi:20)

KISAH INI BUAT MENUNJUK KAN KEKUASAAN ALLAH.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Penggalan ayat: Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka,bisa berati mereka para pemuda itu di pertemukan segelintir orang pada masa kebangkitan mereka dari tidur panjang,lalu pemuda-pemuda itu menceritakan keadaan mereka yang telah melintas berbagai masa Kaisar Romawi.dari situlah menyebar cerita tentang mereka,hingga berpuluh dan beratus tahun kemudian sebagian menganggap kisah itu legenda.saya lebih cendrung pada penafsiran ini.

ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI BERSELISIH PAHAM TENTANG PEMUDA-PEMUDA ITU.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Saya lebih cendrung menafsir kan ayat di atas bahwa,setelah kematian Ashabul kahfi,masyarakat saat itu berselisih paham tentang kebenaran cerita itu.ada yang penuh iman menganggap cerita itu benar,ada yang menganggap Hoax.persis kondisi gereja kristen modern saat ini.jika ada orang-oarng mengaku hidup 309 tahun lalau dan baru bangun kini?apa reaksi masyarakat?tentu beragam reaksi mereka.

ORANG-ORANG SESUDAH ASHABUL KAHFI MENDIRIKAN SEBUAH BANGUNAN  DAN TEMPAT PERIBADATAN DI ATAS GUA MEREKA.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Klaim quran ini bisa di buktikan lewat penggalian arkeologis,seperti dalam wikipedia berikut,walau pun quran tak pernah menegaskan di mana letak sebenarnya gua itu.namun data ini buat pertimbangan bahwa cerita ashabul kahfi memang populer dan eksis saat itu.

‘Gua’ dari Ketujuh Pemuda yang Tertidur dengan reruntuhan gereja yang dibangun di atasnya digali pada 1927-1928. Penggalian itu mengungkapkan pula beberapa ratus makam yang berasal dari abad ke-5 dan ke-6. Terdapat pula tulisan-tulisan yang dipersembahkan kepada Ketujuh Pemuda itu di dinding-dinding gereja dan di makam-makam tersebut. ‘Gua’ tersebut masih diperlihatkan kepada para wisatawan.

Lucunya,penulis wikipedia itu ngotot bahwa kisah itu dongeng.itu wajar,sebab penulis nya bisa saja ateis,agnostik atau kristen tampa mempertimbang kan keadilan analisa.tulisantulisan di dinding gereja dan makam buat para pemuda itu menunjukkan kisah itu populer pada masa itu.

ALLAH LEBIH MENGETAHUI KEADAAN SEJARAH PEMUDA-PEMUDA ITU,BAHKAN ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI TAK TAHU PERSIS KEADAAN MEREKA.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Bahkan orang-orang setelah ashabul kahfi tak tahu persis kondisi pemuda-pemuda itu,mereka cuma mendengar cerita itu dari pemuda-pemuda itu.cerita fantastis itu termasuk perkara ghaib yang Allah saja yang tahu persis.maka itu mereka berkata:  Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”.

ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI TAK TAHU PERSIS KEJADIAN PEMUDA-PEMUDA ITU,SALAH SATU CONTOH:MENGENAI JUMLAH BILANGAN MEREKA.

Cerita nya menjadi bersimpang siur setelah lama,di tambah bumbu-bumbu cerita,hingga membenam kan versi yang benar dari cerita itu.

سَيَقُولُونَ ثَلَٰثَةٌۭ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌۭ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًۢا بِٱلْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌۭ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّىٓ أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌۭ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَآءًۭ ظَٰهِرًۭا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًۭا

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan [878] (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: “(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya”. Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit”. Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.( Al-Kahfi:22)

QURAN MENYATAKAN BAHWA CERITA ASHABUL KAHFI ADALAH PERKARA GHAIB.ALLAH YANG LEBIH MENGETAHUI KEADAAN MEREKA,TIDAK ADA YANG MENGETAHUI PERKARA ASHABUL KAHFI SETELAH KEJADIAN ITU,KECUALI INFORMASI YANG AMAT SEDIKIT.

Karena apa?sebab saksi mata dan sejarah peristiwa itu amat minim bahkan nyaris nol.cuma cerita-cerita yang di utara kan pemuda-pemuda itu yang jadi sumber,lalu terbenam di lumpur waktu.

سَيَقُولُونَ ثَلَٰثَةٌۭ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌۭ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًۢا بِٱلْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌۭ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّىٓ أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌۭ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَآءًۭ ظَٰهِرًۭا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًۭا

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan [878] (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: “(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya”. Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit“. Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.( Al-Kahfi:22)

PEMUDA-PEMUDA ITU TINGGAL DI GUA SELAMA 309 TAHUN.

وَلَبِثُوا۟ فِى كَهْفِهِمْ ثَلَٰثَ مِا۟ئَةٍۢ سِنِينَ وَٱزْدَادُوا۟ تِسْعًۭا

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).( Al-Kahfi:25)

قُلِ ٱللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا۟ ۖ لَهُۥ غَيْبُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ أَبْصِرْ بِهِۦ وَأَسْمِعْ ۚ مَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَلِىٍّۢ وَلَا يُشْرِكُ فِى حُكْمِهِۦٓ أَحَدًۭا

Katakanlah: “Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua); kepunyaan-Nya-lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi. Alangkah terang penglihatan-Nya dan alangkah tajam pendengaran-Nya; tak ada seorang pelindungpun bagi mereka selain dari pada-Nya; dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan”.( Al-Kahfi:26)

Maka dengan iman kepada quran,kita membenar kan cerita ashabul kahfi itu,bukan dongeng dan mitos.suatu yang di anggap legenda gugur jika di benar kan Firman Allah.berarti itu bukan legenda,karena Allah lah yang lebih tahu rahasia langit dan bumi.ada sebuah pertanyaan para pengkritik,pada ayat 25 Allah telah jelas-jelas mengatakan pemuda Ashabul kahfi tinggal selama 309 tahun.mengapa ayat ke 26 Allah masih mengatakan bahwa cuma Dia yang lebih mengetahui berapa lama mereka tinggal?apakah ayat itu terbalik?

Jawab:tentu jawaban nya mudah sekali.ayat 26 menunjuk kan bahwa Allah lebih mengetahui berapa lama mereka tinggal,dan Allah telah memberi tahu kepastian mereka tinggal adalah 309 tahun.hal ini untuk membantah selisih paham manusia dalam menebak perkara yang ghaib seperti pada ayat ke 22 di atas.jadi,tak ada ayat yang terbalik.pada ayat ke 25 Allah memberi kepastian lama mereka tinggal,ayat ke 26 Allah seakan-akan berkata pada kita:”sudah lah,jangan berselisih paham,Aku lebih tahu berapa lama mereka tinggal,yang mana kepastian nya telah ku katakan,mereka tinggal 309 tahun”.jadi,menafsirkan ayat quran harus berhati bersih dan lurus agar kita memahami apa maksud perkataan Tuhan.jadi,tak ada ayat yang terbalik,justru ayat yang terbalik ada di dalam injil kanonik.

TERKAIT:

Adakah manusia yang tahu ketika Ashabul kahfi tidur hingga bangun di gua?