Martin luther adalah tokoh utama protestan,dan pendiri kristen protestan.tetapi Luther mempunyai kata2 yang mencengang kan tentang ke kristenan.berikut kata2 nya:

1).hanya orang kristen lah yang mempercayai apa yg ditolak akal secara licik tentang hal2 gila seperti ini:sebab akal tidak akan pernah mampu mendamaikan dirinya dengan ini.yaitu 3 harus menjadi 1,dan 1 harus menjadi 3.bahwa tuhan menjelma menjadi manusia,bahwa kita apabila kita di celup ke dalam air baptis akan di bersihkan dari dosa2 kita oleh darah kristus.bahkan dengan makan roti berarti kita makan tubuh kristus,minum anggur berarti kiua minum darah kristus dan dgn demikian mendapat pengampunan dosa.model iman seperti ini dianggap oleh kaum cendikiawan sebagai suatu kegilaan yg nyata.
(martin luther,luther werke,ed walch 8 hal 1528)

2).semua pasal keimanan kristen yg di wahyukan tuhan kepada kita melalui kata2nya dengan adanya akal menjadi sama sekali tidak mungkin.tidak masuk akal dan palsu.menurut si gila penipu kecil yaitu akal,adalah yg lebih mustahil dan tidak mungkin daripada ajaran bahwa kristus dalam perjamuan memberi kepada kita tubuhnya supaya di makan dan darahnya supaya di minum?.dan ajaran yg mengatakan bahwa pembaptisan merupakan suatu pemandian pembaharuan hidup dan menghidupkan lgai yg dilakukan oleh roh kudus?bahwa yesus anak tuhan yg dilahirkan dalam kandungan perawan maria harus menjadi orang yg menderita,mati dalam suatu keadaan memalukan diatas kayu salib.kemudian duduk d seblah kanan tuhan bapa dan mempunyai seluruh kekuasaan dan kekuatan di dunia dan akhirat???
(martin luther,luther werke,8 hal 2042)

3)adam tidak melakukan pembunuhan atau berzina,ia tidak merampot dan tidak mengumpat tuhan.tidak juga melakukan dosa2 yg menakutkan dunia sekarang.tetapi ia hanya memakan apel setelah ia di goda dan ditipu melalui seorang wanita.akal berkata,apakah kita harus menganggap apel ini begitu penting sehingga seluruh dunia harus di korbankan untuknya dan begitu banyak rakyat yg bijaksana ,molek dan baik sekali,ya,bahkan anak tuhan sendiri serta merta semua nabi2,bapa2 gereja dan orang2 suci harus mati??
(martin luther,luther werke,8 hal 1528)

4)ajaran yg mentertawakan dan menanyakan apa yg lebih mentertawakan dari suatu ajaran yg mengatakan bahwa menggigit sebuah apel yg dilakukan adam harus memberi hasil yg mengerikan dgn menyebabkan manusia diseluruh dunia mati??
(martin luther,luther werke,8 hal 1240)

Bahkan konon martin luther mengatakan yesus berzinah 3 kali:

Martin Luther juga menegasikan image Yesus yang suci. Ini bisa ditemukan dalam Table-Talk-nya Luther,(Edisi Weimar, ii: 107.) yang autentisitasnya tidak pernah diragukan meskipun bagian-bagian tertentu mempermalukan.

Arnold Lunn menulis:
Weimer menyitir satu nukilan dari Table-Talk di mana Luther menyata­kan bahwa Kristus berzina tiga kali, pertama dengan perempuan di sumur, kedua dengan Mary Magdalena, dan ketiga dengan perempuan yang diambil dalam perzinaan, “Yang dia lepaskan begitu saja. Dengan demikian, Kristus yang begitu suci telah berzina sebelum meninggal.
(Arnold Lunn, The Revolt Against Reason, Eyes & Spottiswoode (Publishers), London, 1950, hlm. 233. Inilah aslinya: “Christus adultery. Christus ist am ersten ein ebrecher worden Joh. 4, be idem brunn cum muliere, quia illi dicebant: Nemo significant, quid tacit cum ea? Item cum Magdalena, item cum adultera Joan. 8, die er so Ieicht dauon lies. Also mus der from Christus auch am ersten ein ebrecher warden ehe er starb.”)