APAKAH BENAR MAZMUR 22 NUBUAT TENTANG PENYALIBAN YESUS?

nubuat2 yg di klaim berhubungan dengan ayat2 perjanjian baru sbb:

@mzm 22 ayat 2=mat 27:46,mark 15:34
@mzm 22 ayat 8=mat 27:39,mark 15:29,luk 23:35
@mzm 22 ayat 9=mat 27:43
@mzm ayat 19=mat 27:35,mark 15:24,luk 23:34,yoh 19:24
@mzm 22:23=ibrani 2:12

apakah benar demikian?penulis2 injil kadang mengarang nubuat tentang yesus dengan mengutip perjanjian lama yg kadang tak singkron di beberapa sisi.

BANTAHAN PERTAMA

dalam injil2 kanonik,yesus cuma berteriak saat di salib cuma sbb:

a)Matius 27:46
TB (1974) ©

SABDAweb Mat 27:46

Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku

b)Markus 15:34
TB (1974) ©

SABDAweb Mrk 15:34

Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku

injil mengklaim,teriakan yesus penggenapan di mazmur 22:2.benarkah demikian?kalau kita perhatikan dengan cermat keseluruhan mazmur 22:2 sampai dengan 5 sebagai contoh,semua itu DIALOGH PANJANG yang tak ada hubungan nya dengan yesus,atau teriakan yesus.ayat2 itu cerita penuh yg tak singkron dengan teriakan yesus saat di salib.perhatikan keseluruhan ayat:

Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku

para pengarang injil cuma mengutip cerita teriakan yesus sampai di sini,padahal ayat nya masih bersambung sbb:

Mazmur 22:2-6
Konteks
22:2 (22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 1 , z dan pada waktu malam, a tetapi tidak juga aku tenang. 22:3 (22-4) Padahal Engkaulah Yang Kudus b yang bersemayam di atas puji-pujian c orang Israel. 22:4 (22-5) Kepada-Mu nenek moyang kami percaya; mereka percaya, dan Engkau meluputkan mereka. d 22:5 (22-6) Kepada-Mu mereka berseru-seru, e dan mereka terluput; kepada-Mu mereka percaya, f dan mereka tidak mendapat malu

jelas,mazmur 22 2 s/d 5 saja sudah tak menunjukkan cerita tentang teriakan yesus di palang salib.tetapi cerita lain,yg di indikasikan tentang pengharapan israel yg berdoa siang dan malam untuk meluputkan israel dari bahaya.apakah teriakan yesus dipalang salib sepanjang ayat mazmur 22:2s/d5?tidak.pengarang nubuat cuma mencomot mazmur 22:2 aja.

jelas kalau kita baca mazmur 22,jangan sepotong itu saja.baca keeluruhan ayat2nya.maka kita dapati ayat2 itu tidak cocok dengan klaim nubuat teriakan yesus di palang salib.

ayat2 di ata lebih bercerita tentang doa israel yg berseru -seru siang dan malam untuk di selamatkan dari bahaya,tetapi doa itu tak kunjung terkabul.(mazmur 22:2),padahal Allah suci dan tumpuan pujian (mazmur 22:5),padahal nenek moyang israel percaya Allah lalu di luputkan dari bahaya(mazmur 22:4-5),contohnya ialah:bani israel yang luput dari pengejaran firaun.israel terluput dgn doa2 mereka dan tak mendapat malu(mazmur 22:5)

atau bisa jadi mazmur 22:2-5 sebagai contoh nubuat daud,bahwa sepeninggalnya kelak ratusan tahun kemudian,yahuda dan israel berteriak menyeru Allah ketika kerajaan yehuda di binasakan bangsa kasdim dan kerajaan israel di binasakan asyur.

jadi jelas,mazmur 22 :2 bukan bercerita tentang teriakan yesus di kayu salib ,tetapi jika kita baca ayat2 berikutnya,ternyata ayat2 itu dialaogh panjang satu kesatuan yg tak bercerita tentang orang yang tersalib.

BANTAHAN KEDUA

alih2 mau memperkuat nubuat penyaliban,malah pengarang nubuat yesus terpercik muka sendiri.malah mazmur 22 banyak membantah penuhanan yesus.contohnya ialah:

Mazmur 22:2
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:2

(22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 1 , z dan pada waktu malam, a tetapi tidak juga aku tenang.

teriakan yesus di atas ,menunjukkan yesus bukanlah tuhan.masak tuhan berteriak pada Tuhan?itu menunjukkan Allah dan yesus tak sederajat dan setara.jadi yesus bukan lah ilaki.dan teriakan yesus dengan KATA:MENGAPA ,menunjukkan yesus tak maha tahu dengan segala yg menimpa dirinya.jadi yesus bukan tuhan.

BANTAHAN KETIGA

perhatikan ayat ini,ayat selanjutnya:

Mazmur 22:1-9
Konteks
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku?
22:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. (22-2) Allahku 1 , Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku 2 ? w (((((( Aku berseru, x tetapi Engkau tetap jauh y dan tidak menolong aku)))).
22:2

jelas,jika mazmur 22 di klaim nubuat yesus di palng salib,konsukwensinya adalah yesus bukan tuhan .sebab yesus masih menyeru (berdoa) dan mnta tolong kepada Bapa.maka keadaan yesus yang demikian lemah mustahil yesus adalah tuhan.

BANTAHAN KE EMPAT

apakah yesus waktu di salib berseru-seru pada waktu siang hingga malam?coba perhatikan:

(mazmur 22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 3 , z dan pada waktu malam, a tetapi tidak juga aku tenang

benarkah yesus berseru Allahku2 sepanjang siang hingga waktu malam dalam keadaan gelisah dan tersalib?tidak,sebab ada 2 alasan:

a)mulai jam 12 kegelapan meliputi daerah penyaliban sampai jam 3(mat 27:45),kira2 jam 3 mulailah yesus berteriak dengan suara nyaring:eli eli lama sabakhtani……(mat 27:46)dan yesus sebelum menjelang malam sudah mati di kayu salib.

Matius 27:57-60
Konteks
Yesus dikuburkan
27:57 Menjelang malam datanglah seorang kaya, orang Arimatea, yang bernama Yusuf dan yang telah menjadi murid Yesus juga. 27:58 Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Pilatus memerintahkan untuk menyerahkannya kepadanya. 27:59 Dan Yusufpun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih, 27:60 lalu membaringkannya di dalam kuburnya j yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia.

jadi seruan yesus di kayu salib tidak sampai malam hari.sebab menurut matius yesus sudah menjadi mayat menjelang malam.jadi yesus sudah di klaim mati pada sore seketika itu pula.

b)begitu juga informasi dari markus,pada jam 12,kegelapan meliputi seluruh daerah penyaliban..dan berlangsung sampai jam 3 sore.(markus 16:33).pada jam 3 yesus berteriak di palng salib:Eloi Eloi lama sabakhtani…….(mark 15:34)hari mulai malam,yesus sudah menjadi mayat(mark 15:42-46).jadi yesus di klaim mati di palang salib sekitar sore hari ,tak sampai malam.

Markus 15:42-46
Konteks
Yesus dikuburkan
15:42 Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat. j 15:43 Karena itu Yusuf, orang Arimatea, seorang anggota Majelis Besar k yang terkemuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah, l memberanikan diri menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. 15:44 Pilatus heran waktu mendengar bahwa Yesus sudah mati. Maka ia memanggil kepala pasukan dan bertanya kepadanya apakah Yesus sudah mati. 15:45 Sesudah didengarnya keterangan kepala pasukan, m ia berkenan memberikan mayat itu kepada Yusuf. 15:46 Yusufpun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.

sedangkan dalam mazmur 22:2,yesus di klaim berseru -seru pada waktu siang dan juga pada waktu malam di palng salib.

Mazmur 22:2
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:3

(22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 1 , z dan pada waktu malam, a tetapi tidak juga aku tenang.

Apakah yesus berteriak teriak Eli eli lama sabakhtani hingga pada waktu malam di palang salib ?tidak,sebab yesus sebelum masuk waktu malam,yesus di klaim sudah menjadi mayat di palang salib pada waktu sore itu juga.maka jelas sekali mazmur 22 bukan menyinggung yesus.sebab ceritanya amat tak cocok dengan klaim mazmur 22:3 bahwa orang yang berteriak itu berteriak sampai malam hari.

BANTAHAN KELIMA

perhatikan kutipan ayat mazmur 2 fasal 22 pada sambungan selanjutnya.jelas2 mazmur 22 :2 s/d 5 adalah cerita utuh yang di maksudkan bukan cerita penyaliban.tetapi lebih mendekati cerita keluhan israel yang tertindas dan merasa tak di tolong dan di tinggal kan Allah(mzm 22:2),padahal nenek moyang israel di tolong Allah dan tak mendapat malu(mzm 22:4-5)

ada sedikit keganjilan di mazmur 22:2-5,mazmur 22:2-5 yang berbicara adalah aku dan ku.tapi tiba2 berobah menjadi yang berbicara kami(mazmur 22:4-5)

BANTAHAN KEENAM

apakah yesus ulat dan bukan orang?perhatikan:

Mazmur 22:6-7
Konteks
22:6 (22-7) Tetapi aku ini ulat h dan bukan orang, cela bagi manusia, i dihina j oleh orang banyak. 22:7 (22-8) Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, k mereka mencibirkan l bibirnya, menggelengkan kepalanya 1 : m

perhatikan:yesus berkata bahwa dirinya ulat dan bukan orang….apakah orang2 kristen menganggap yesus sejenis ulat dan bukan orang?jika ulat itu tamsil kerendahan yesus di kayu salib,berarti memperkuat klaim bahwa yesus bukan tuhan.sebab yesus cuma makhluk yang serendah ulat dan tak akan sejajar dengan bapa.

BANTAHAN KETUJUH

apakah tuhan menyerah kepada Tuhan?perhatikan:

Mazmur 22:8
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:8

(22-9) “Ia menyerah kepada TUHAN 1 ; biarlah Dia yang meluputkannya, n biarlah Dia yang melepaskannya! o Bukankah Dia berkenan p kepadanya?”

jelas,yesus menyerahkan diri kepada Tuhan bapa,yesus di luputkan bapa dari bahaya.jelas yesus bukanlah tuha.sebab ia tak maha kuasa.jika kristen masih ngotot mazmur 22 nubuat tentang penyaliban yesus,maka kenyataan pahitnya ialah runtuh nya doktrin trinitas mereka oleh mazmur 22 itu sendiri.

BANTAHAN KEDELAPAN

justru lewat mazmur 22 ayat 8 kita mengetahui bahwa yesus di selamat kan dan di luputkan dari penyaliban.simak:

Mazmur 22:8
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:8

(22-9) “Ia menyerah kepada TUHAN 1 ; biarlah Dia yang meluputkannya, n biarlah Dia yang melepaskannya! o Bukankah Dia berkenan p kepadanya?” M

yesus di luputkan dari apa dan di lepaskan dari apa?jelas tak lain dan tak bukan dari penyaliban.berarti yang berteriak adalah sosok lain dan yang di buang undi atas jubahnya.

jika kristen tetap ngotot bahwa mazmur 22 tentang nubuat penyaliban,maka kenyataan pahitnya ialah,orang yang di maksud adalah luput dan di selamat kan Allah(mazmur 22:8)

BANTAHAN KESEMBILAN

justru mazmur 22 meruntuhkan klaim ketuhanan yesus.mereka mengkjlaim bahwa mazmur 22 nubuat tentang penyaliban yesus,justru mazmur 22 merruntuhkan klaim ketuhanan yesus menurut mereka.simak:

Mazmur 22:9
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:9

(22-10) Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; q Engkau yang membuat aku aman r pada dada ibuku.

sesuatu yang di keluarkan dari kandungan dengan kuasa Alklah,jelas ia bukan tuhan.jika yesus tuhan,tentu ia bisa keluar sendiri dari kandungan dengan kuasa ketuhanan nya.ini justru yesus mesti8 di keluarkan Allah dari kandungan,berarti yesus cuma manusia lemah dan bukan tuhan,dan yesus di buat aman pada dada ibu nya,maria.nah,yesus tentu buka tuhan yang maha kuasa,sebab untuk aman saja,ia di lindungi Allah seperti mahluk2 lain.

BANTAHAN KESEPULUH

lagi2 mazmur 22 yang di klaim sebagai nubuatan penyaliban yesus meruntuh kan klaim ketuhanan yesus dengan amat telak.simak:

Mazmur 22:10
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:10

(22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, s sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.

lihat,apakah yesus memanggil bapa dengan panggilan:ALLAH KU?.nah,jelas sekali,bahwa yesus bukanlah tuhan,yang bernama tuhan cuma Allah bapa saja,bukan yesus.sepert yang yesus sabdakan dalam markus 12:29:

Markus 12:29 TB (1974) ©

SABDAweb Mrk 12:29

Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

perhatikan ucapan yesus:TUHAN ALLAH K I T A……..siapa kita itu?tentu termasuk yesus sebagai pembicara.kata KITA jelas2 melibat kan yesus.Allah kita,yakni,Allah nya yesus dan israel,ialah Allah yang esa.jelas2 ysus mengaku bapa adalah Allah nya,satu2nya tuhan,tiada yang lain.

BANTAHAN KESEBELAS

sejak kapan lembu jantan mengerumuni yesus dan banteng2 dari basan mengepung yesus?apakah cerita2 itu ada di injil2 kanonik soal penyaliban yesus?simak:

Mazmur 22:11-12
Konteks
22:11 (22-12) Janganlah jauh dari padaku, t sebab kesusahan telah dekat, u dan tidak ada yang menolong 1 . v 22:12 (22-13) Banyak lembu jantan w mengerumuni aku; x banteng-banteng dari Basan y mengepung aku;

jelas,cerita mazmur 22 bukan soal penyaliban yesus,karena cerita nya beberapa tidak nyambung.

BANTAHAN KEDUA BELAS

apakah kekuatan yesus kering seperti beling?apakah ada cerita nya kekuatan tuhan menjadi kering?kering lambang dari ketidaksuburan yang bearti kelemahan.simak:

Mazmur 22:15
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:15

(22-16) kekuatanku kering seperti beling, f lidahku melekat pada langit-langit mulutku; g dan dalam debu h maut Kauletakkan aku.

jelas ayat di atas makin menggugurkan klaim ketuhanan yesus.sebab mustahil kekuatan tuahn menjadi kering.

BANTAHAN KETIGA BELAS

apakah yesus di letakkan Allah dalam debu maut?berarti yesus bukan lah tuhan yang maha kuasa.banyak kristen menagatakan bahwa yesus menarik nyawanya sendiri tampa bapa,sebab ia kuasa ilahi.tetapi ayat ini menyangkal nya:

Mazmur 22:15
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:15

(22-16) kekuatanku kering seperti beling, f lidahku melekat pada langit-langit mulutku; g dan dalam debu h maut Kauletakkan aku.

jelas,bapa meletak kan yesus dalam debu maut.bapa yang mematikan dan menarik nyawa yesus,bukan yesus sendiri.jika kaum pagan trinitas ngotot mazmur 22 nubuat yesus,maka kenyataan pahitnya ialah:yesus bukan tuhan yang maha kuasa dan di matikan bapa.

BANTAHAN KEEMPAT BELAS

apakah yesu selamat dari penyaliban?justru mazmur 22:19-21 menyatakan yesus seloamat dari penyaliban.perhatikan:

Mazmur 22:19-21
Konteks
22:19 (22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; o ya kekuatanku, p segeralah q menolong aku! r 22:20 (22-21) Lepaskanlah aku dari pedang, s dan nyawaku t dari cengkeraman anjing. u 22:21 (22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa, v dan dari tanduk banteng. w Engkau telah menjawab aku!

jelas,yesus memohon kepada Allah jangan jauh2 darinya dalam proses makar orang2 yang mau membunuhnya.mohon pertolongan dari usaha penyaliban,mohon di lepaskan dari pedang dan selamatkan nyawanya dari cengkraman para anjing.mohon selamat dari usaha penyaliban,dan akhir nya Allah MENJAWAB doa yesus itu,hingga yesus selamat dari penyaliban.ayat2 ini cocok dengan ayat2 sebelumnya yg informasikan bahwa yesus selamat dari penyaliban.

Mazmur 22:8
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:8

(22-9) “Ia menyerah kepada TUHAN 1 ; biarlah Dia yang meluputkannya, n biarlah Dia yang melepaskannya! o Bukankah Dia berkenan p kepadanya?”

jelas,alih2 mazmur 22 di klaim nubuatan yesus mati di palang salib.justru kebalikan nya,serupa nubuatan keselamatan yesus dari palang salib.

BANTAHAN KELIMABELAS

justru lagi2 mazmur 22 meruntuhkan habis klaim ketuhanan yesus.perhatikan mazmur 22:19

Mazmur 22:19
TB (1974) ©

SABDAweb Mzm 22:19

(22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; o ya kekuatanku, p segeralah q menolong aku! r

jelas,yesus menyeru kepada Allah bapa,dan sangat bergantung pada Allah bapa.jelas,yesus tak bersifat ilahi,sedang SUMBER KEKUATAN YESUS justru adalah Allah.

BANTAHAN KE ENAM BELAS

lagi2 dengan telak mazmur 22 meruntuhkan kalim ketuhanan yesus. perhatikan:

Mazmur 22:19-21
Konteks
22:19 (22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; o ya kekuatanku, p segeralah q menolong aku! r 22:20 (22-21) Lepaskanlah aku dari pedang, s dan nyawaku t dari cengkeraman anjing. u 22:21 (22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa, v dan dari tanduk banteng. w Engkau telah menjawab aku!

jelas yesus mengatakan:

a)Allah sebagai kekuatan nya dan sumber kekuatan nya.jelas lah yesus mahluk yang lemah yang bergantung pada kekuatan bapa.jadi yesus bukan lah tuhan
b)yesus meminta pada Allah agar segera menolong nyadan lepaskan dari pedang dan cengkraman anjing.yesus minta di selamat kan dari mulut singa dan tanduk banteng.jelas yesus minta tolong dan di selamatkan Allah,jelas yesus tak maha kuasa dan bukan lah tuhan.

maka jelaslah kini bahwa mazmur 22 tak singkron dengan penyaliban yesus lebih2 dengan paham pagan trinitas.