KITAB2 PERJANJIAN LAMA YANG TELAH HILANG DARI MUKA BUMI 20 KITAB LEBIH

berikut daftar kitab2 perjanjian lama yg hilang dari muka bumi

1)KITAB PEPERANGAN TUHAN

yang keberadaannya di nyatakan dalam kitab bilangan 21:14

Bilangan 21:14
21:14 Itulah sebabnya dikatakan dalam kitab peperangan TUHAN: “Waheb di Sufa dan lembah-
lembah ke sungai Arnon,

menurut henry dan scott musa telah menulis kitab peperangan tuhan untuk mengajari yosua dan di dalamnya terdapat penjelasan mengenai tanah moab.

2)KITAB ORANG JUJUR

yg keberadaannya di nyatakan dalam kitab yosua 10:13.

Yosua 10:13
10:13 Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang
Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.

2 Samuel 1:18

1:18 dan ia memberi perintah untuk mengajarkan nyanyian ini kepada bani Yehuda; itu ada tertulis dalam Kitab Orang Jujur.

3,4,5)TIGA KITAB YANG DI NISBAHKAN KEPADA SULAIMAN/SOLOMO,yakni kitab nyanyian 1005 mazmur,kitab sejarah dunia,dan kitab 3000 amsal

keberadaan ketiga kitab ini di nyatakan dalam kitab 1 raja2 4:32 dan 33.

1 Raja-raja 4:32-33
4:32 Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada seribu lima.
4:33 Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras yang di gunung Libanon sampai kepada hisop yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga tentang hewan dan tentang burung-burung dan tentang binatang melata dan tentang ikan-ikan.

ADAM CLARK dalam bukunya volume 2 menyitir teks kitab 1 raja2 4:32 bahwa kitab amsal yg di nisbahkan kepada sulaiman adalah sebanyak 900 atau 923 amsal.jika kita berpegang kepada sebagian pendapat yg menyebutkan pasal 1 sampai pasal 9 dari kitab itu sebagai bukan karangan sulaiman maka jumlah keseluruhan kitab itu adalah 650 amsal.jika kitab mazmur 127 yg berbicara tentang nyanyian ziarah sulaiman tidak termasuk dalam kelompok mazmur karena di kalim bukan karangan sulaiman maka jumlah naynyian itu menjadi 1005 nyanyaian saja.dan menurut pendapat yg paling kuat kitab mazmur 127 adalah karangan daud ayah sulaiman.di tulis daud sebagai bentuk pengajaran bagi anaknya.

kemudian adam clark memberi komentar pada ayat 33 tentang sejarah dunia bahwa para cendikiawan di buat bingung karena hilangnya sejarah dunia selamanya.

6)KITAB PIAGAM RAJA KARANGAN SAMUEL

keberadaan kitab itu di sebutkan dalam kitab 1 samuel 10:25

1 Samuel 10:25
10:25 Kemudian Samuel menguraikan kepada bangsa itu tentang hak-hak kerajaan, menuliskannya pada suatu piagam dan meletakkannya di hadapan TUHAN; sesudah itu Samuel menyuruh seluruh bangsa itu pulang, masing-masing ke rumahnya.

7,8,9)SEJARAH SAMUEL,SEJARAH NABI NATAN DAN SEJARAH GAD

samuel adalah nabi pertama dari kalangan bani israel setelah musa.samuel adalah anak alkanah dari keturunan lewi bin yakub.cerita mengenai nabi samuel di sebutkan dalam alquran surat baqarah ketika bani israel meminta kepadanya untuk menentukan siapa raja mereka.samuel kemudian menunjuk thalut(saul) sebagai raja.dan menurut kamus kitab al-muqaddas kitab 1 dan 2 samuel di nisbatkan kepada nabi samuel.

penyebutan ketiga kitab itu dalam kitab 1 tawarikh 29:29-30

1 Tawarikh 29:29-30
29:29 Sesungguhnya, riwayat raja Daud dari awal sampai akhir tertulis dalam riwayat Samuel, pelihat itu, dan dalam riwayat nabi Natan, dan dalam riwayat Gad, pelihat itu,
29:30 beserta segala hidupnya sebagai raja dan kepahlawanannya dan keadaan zaman yang dialaminya dan dialami Israel dan segala kerajaan di negeri-negeri lain.

adam clark dalam bukunya volume 2 halaman 1522 mengatakan bahwa ketiga kitab ini,yakni kitab samuel,natan dan gad di sinyalir telah hilang.

10,11)KITAB SEMAYA DAN KITAB IDO SI PELIHAT ITU.

kalangan ahlu kitab meyakini bahwa semaya sebagai nabi yg hidup se zaman dengan robeam bin sulaiman.sedangkan ido menuliskan kitabnya dari rahabeam,yorobeam dan abia.keberadaan kedua kitab itu di sebutkan dalam kitab 2 tawarikh sbb:

2 Tawarikh 12:15
12:15 Bukankah riwayat Rehabeam dari awal sampai akhir semuanya tertulis dalam riwayat Semaya, nabi itu, dan Ido, pelihat itu, –yang juga memuat daftar silsilah. Antara Rehabeam dan Yerobeam terus-menerus ada perang.

12,13)KITAB AHIA DAN RIWAYAT IDO SI PELIHAT ITU.

penyebutan 2 kitab itu di sebutkan dalam kitab 2 tawarikh 9:29

2 Tawarikh 9:29
9:29 Selebihnya dari riwayat Salomo dari awal sampai akhir, bukankah semuanya itu tertulis dalam riwayat nabi Natan dan dalam nubuat Ahia, orang Silo itu, dan dalam penglihatan-penglihatan Ido, pelihat itu, tentang Yerobeam bin Nebat?

dalam teks ini di sebutkan pula tentang kitab nabi natan.adam clark dalam bukunya volume 2 hal 1539 menyatakan bahwa kedua kitab itu, yakni ktab ahia dan riwayat ido di sinyalir telah hilang.

14)KITAB YEHU BIN HANANI

nabi yehu di sinyalir hidup pada penghujung abad ke x sm.nabi yehu pernah mencela dan mengkritik penguasa kerajaan israel utara karena mereka meneruskan tindakan yg dilakukan yerobeam 1.nabi yehu juga menegur yosafat raja yehuda yg memerintah antara tahun 875-850 sm.dalam kitab itu yehu menuliuskan riwayat2 mengenai prilaku dan tindakan raja yosafat.penyebutan nama kitab yehu terdapat dalam kitab 2 tawarikh 20:34.

2 Tawarikh 20:34
20:34 Selebihnya dari riwayat Yosafat, dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis di dalam riwayat Yehu bin Hanani, yang tercantum di dalam kitab raja-raja Israel.

menurut adam clark dalam bukunya volume 2 halaman 1561 bahwa kitab yehu bin hanani di sinyalir telah hilang.meskipun saat penulisan kitab 2 tawarikh kitab yehu itu masih ada.

15)KITAB KESAKSIAN YESAYA

yg mengisahkan perbuatan2 raja hizkia secara terperinci.keberadaan kitab ini di sinyalir hilang dalam kitab 2 tawarikh 32:32

2 Tawarikh 32:32
32:32 Selebihnya dari riwayat Hizkia dan perbuatan-perbuatannya yang setia, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam penglihatan nabi Yesaya bin Amos, dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel.

16)SYAIR RATAPAN YEREMIA KEPADA YOSIA

2 Tawarikh 35:25
35:25 Yeremia membuat suatu syair ratapan mengenai Yosia. Dan sampai sekarang ini semua penyanyi laki-laki dan penyanyi perempuan menyanyikan syair-syair ratapan mengenai Yosia, dan mereka jadikan itu suatu kebiasaan di Israel. Semuanya itu tertulis dalam Syair-syair Ratapan.

adam clark dalam bukunya menyatakan bahwa syair2 ratapan itu sekarang telah hilang.kemudian dalam tafsir douly dan richard mint di katakan bahwa syair2 ratapan ini sekarang di sinyalir telah tiada lagi.jika syair2 itu masih ada,maka keberadaannya tidak lagi menjadi syair2 populer.sebab syair2 yg populer sekarang adalah syair tentang tragedi yerusalem dan kematian zedekia.sedang syair2 ratapan yeremia menghikayatkan kematian yosia.

17)KITAB SEJARAH

keberadaan kitab itu di nayakan dalam kitab nehemia 12:23

Nehemia 12:23
12:23 Kepala-kepala kaum keluarga anak-anak Lewi tercatat dalam kitab sejarah sampai zaman Yohanan bin Elyasib.

menurutadam clark dalam bukunya volume 2 halaman 1776 bahwa dalam etalase kitab2 yg ada sekarang kitab sejarah di sinyalir sudah tidak ada.tidak ada penyebutan nama kitab sejarah dalam daftar nama2 kitab yg populer.

18)KITAB PERJANJIAN MUSA

Keluaran 24:7
24:7 Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.”

19)KITAB RIWAYAT SOLOMO

1 Raja-raja 11:41
11:41 Selebihnya dari riwayat Salomo dan segala yang dilakukannya dan hikmatnya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab riwayat Salomo?

josephus seorang sejahrawan yg populer dikalangan kristen menisbatkan 2 kitab lainnya kepada yehezkiel selain kitab yehezkiel yg kita kenal sekarang.dengan keterangan ini maka jumlah kitab yg di sinyalir menjadi 22 buah kitab.dan mengenai keterangan ini para penganut protestan tidak menyangkalnya.

THOMAS ANKLESS seorang cendikiawan katolik menulis dalam bukunya berjudul cermin kebenaran yg di tulis dalam bahasa urdu terbitan tahun 1851 M bahwa dunia sepakat tentang kitab2 yg di sinyalir telah hilang dalam kitab2 suci sebanyak 20 kitab lebih.

(di kutip dari buku:izhar al-haqq,karya syekh muhammad rahmatullah al-kairanawi/1818-1891M,)