Gambar

YESUS ADA SEBELUM ABRAHAM JADI APAKAH BERATI YESUS=TUHAN?

BANTAHAN PERTAMA

(58) Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”
 

ayat ini sering di pakai dalil bagi kaum pagan trinitas untuk menuhan kan yesus…bahwa yesus sebagai tuhan yang alpha dan omega,karena ia telah ada sebelum abraham jadi/ada….sayang sekali,ayat di atas tak bisa di jadikan bukti bahwa yesus itu tuhan bagi kubu pagan trinitas.

pada umumnya seluruh umat manusia sebelum langit bumi tercipta,sudah ada catatan nama2 mereka yang akan kelak di takdirkan hidup di dunia…termasuk nabi yeremia,yesus,dll nabi Allah.

(4) Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:(5) Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.(Yeremia 1:4-5)

nah jelas,yeremia telah di tetapkan jadi manusia dan nabi kelak sebelum abraham jadi(lahir ke dunia)masalahnya abraham lahir terlebih dahulu dari yeremia,namun takdir yeremia menjadi nabi berikut namanya telah ada sebelum abraham lahir/jadi ke dunia….jelas sekali,di jaman azaly,nama2 para nabi dan milyaran manusia yg akan hidup kelak telah ada.baik yesus,yeremia,muhammad,yahya,zakharia,ds… yeremia,ia telah di kenal Allah sebelum jadi janin….begitu juga yesus sebelum jadi janin telah di kenal Allah….sama seperti milyaran manusia lainnya yg akan kelak hidup.maka ketika abraham lahir duluan ke dunia,nama dan ketetapan yesus kelak jadi nabi Allah sudah ada,sama seperti yeremia.maka wajar yesus berkata:

sesungguhnya sebelum Abraham jadi,  Aku telah ada.

nah,bukan berati yesus adalah tuhan ketika yesus ada sebelum abraham lahir ke dunia…yesus cuma ciptaan Allah,sama seperti nabi2 lainnya dan milyaran manusia lainnya yg telah di tetapkan nama2 dan takdir2 mereka akan lahir ke dunia kelak.

BANTAHAN KEDUA

untuk memperkuat pendapat part 1,saya menulis beberapa tambahan:abraham jadi maksud nya abraham lahir ke dunia dalam bentuk bayi hingga dewasa dan mati…..waktu itu ketentuan yesus sebagai nabi Allah sudah ada,juga mahluk2 lain yg jumlahnya milyaran yg akan datang telah ada nama2 mereka sebelum abraham di utus ke dunia dengan di lahir kan terlebih dahulu….jadi,ada nya ketetapan yesus sebagai nabi Allah sejak zaman azaly bukan berati yesus tuhan yg alpha dan omega….sebab milyaran manusia yg akan di takdirkan lahir ke dunia kelak pun telah ada nama2 mereka sebelum abraham jadi/lahir ke dunia.

BANTAHAN KE TIGA

kalau kita lihat lagi seluruh periskop ayat:sebelum abraham jadi,aku telah ada,maka tampak sekali yesus bukan tuhan yg setara dengan Allah…..karena ia memang bukan lah tuhan….

(55) padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya(Yohanes 8:55).
 

jelas lah yesus hanya sebagai penurut firman Allah,bukan yg berfirman….maka yesus tak setara dengan Allah,maka yesus bukan lah tuhan,hanya nabi dan utusan Allah.

berikut dukungan ayat2 lain:

(6) Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.(Yohanes 17:6)
 

jelas lah murid2 hanya menuruti firman Allah,karena cuma Allah yg berkuasa berfirman.

(8) Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku(Yohanes 17:8).
 

BANTAHAN KE EMPAT

yesus berkata hanya Allah lah satu2 nya Tuhan yang benar dan esa.dan yesus hanya manusia biasa utusan Allah….maka Allah pencipta yesus dan abraham sebelum langit dan bumi terjadi…perbedaan nya,abraham JADI duluan(lahir duluan ) ke dunia sebelum yesus lahir….maka wajar yesus berkata bahwa dirinya sudah ada sebelum abraham jadi/lahir.

YESUS BERKATA: BAPA ADALAH SATU2NYA ALLAH YANG BENAR…..DAN YESUS HANYA UTUSAN ALLAH,PENYAMPAI FIRMAN ALLAH,BUKAN ALLAH DAN TUHAN.

(3) Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
 

BANTAHAN KE LIMA

jelas sekali,bahwa sekali kali yesus tak pernah mengaku jadi tuhan,malah berkata bahwa Allah adalah satu2 nya tuhan yang esa……maka dari itu,keberadaan yesus sebelum abraham jadi adalah makhluk ciptaan,bukan tuhan,sama seperti nabi yeremia yg telah di kenal Allah sebelum jadi janin.

(4) Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:(5) Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.(Yeremia 1:4-5)

nah jelas,yeremia telah di tetapkan jadi manusia dan nabi kelak sebelum abraham jadi(lahir ke dunia)masalahnya abraham lahir terlebih dahulu dari yeremia,namun takdir yeremia menjadi nabi berikut namanya telah ada sebelum abraham lahir/jadi ke dunia….jelas sekali,di jaman azaly,nama2 para nabi dan milyaran manusia yg akan hidup kelak telah ada.baik yesus,yeremia,muhammad,yahya,zakharia,ds… yeremia,ia telah di kenal Allah sebelum jadi janin….begitu juga yesus sebelum jadi janin telah di kenal Allah….sama seperti milyaran manusia lainnya yg akan kelak hidup.maka ketika abraham lahir duluan ke dunia,nama dan ketetapan yesus kelak jadi nabi Allah sudah ada,sama seperti yeremia.maka wajar yesus berkata:

sesungguhnya sebelum Abraham jadi,  Aku telah ada.

nah,bukan berati yesus adalah tuhan ketika yesus ada sebelum abraham lahir ke dunia…yesus cuma ciptaan Allah,sama seperti nabi2 lainnya dan milyaran manusia lainnya yg telah di tetapkan nama2 dan takdir2 mereka akan lahir ke dunia kelak

BANTAHAN KE ENAM

untuk mendukung trinitas yang memposisikan yesus sebagai alpha dan omega,pihak pagan trinitas tak malu2 membuat ayat palsu alpha dan omega:karena ke frustasian mereka tak di temukannya pendukung trinitas di keseluruhan alkitab.

http://lintasagama.muslim-menjawab.com/2008/12/kepalsuan-revelation.html

BANTAHAN KE TUJUH 

solomo pu mengalami kejadian pra eksistensi sebelum langit dan bumi ada.

(23) Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.(24) Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.(25) Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;(26) sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.(27) Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,(Amsal 8:23-27)

jadi jika solomo ada di jaman yesus,wajar juga ia berkata sebelum abraham lahir aku sudah ada.jadi bantahan ini mementahkan ayat andalan kaum trinitas