Gambar

KODIFIKASI QURAN MASA RASULULLAH.

FAKTA KE 1=Rasulullah mempunyai sahabat2 pencatat wahyu.diantaranya ialah:abu bakar,muawiyah,zaid bin tsabit,khalid bin walid,ubay bin kaab dan tsabit bin qais.beliau menyuruh mencatat setiap wahyu yg turun

.FAKTA KE 2=seorang orentialis,BlACHERE mengumpulkan nama2 pencatat wahyu sebanyak 40 orang.jumlah sebanyak itu didapat dari penelitian orentialis SCHAWALL,BEHL DAN CASSANOVA.yg mengumpulkan nama2 pencatat wahyu dari nash2 hadist yg tercantum didalam thabaqat ibn saad,tulisan2 thabari,nawawi,sirah halabiah,dst.

FAKTA KE 3=zaid bin tsabit,salah satu pencatat wahyu berkata:”di kediaman rasul,kami dahulu menyusun ayat2 quran yg tercatat pada riqa”(hr hakim dalam mustadrak,isnadnya menurut bukhari dan muslim,juga al itqan volume 1 hal 99,dan al burhan vol 1 hal 237).riqa adalah jamak dari ruq ‘ah,yakni lembaran2 kulit,lembaran2 daun,ataupun lembaran2 kain.media2 lain adalah permukaan batu,pelepah kurma,tulang2 unta dan kambing yg telah kering,dia atas pelana kuda dan lembaran kulit.

FAKTA KE 4=yg dimaksud hadis diatas,menyusun ayat2 quran ialah surah dan ayat2nya atas petunjuk rasul.

FAKTA KE 5=waktu usman bin affan menyusun mushaf,beliau amat berhati hati dan tidak berani mengobah dan menambah sesuatu apapun dari quran.ibnu zubair pernah berkata kepada usman bin affan:”telah ku katakan kepada usman,waktu usman menyusun mushaf:bahwa ayat orang2 yg meninggal dunia diantara kalian dan ia meninggakkan istri2nya..(baqarah 234)telah di nasakh oleh ayat lain.kenapa engkau tetap membiarkannya termaktub dalam mushaf,padahal engkau mengetahui ayat tersebut mansukh oleh ayat lain?usman menjawab:hai anak saudaraku,aku tidak mengubah sesuatu dari tempatnya(sahih bukhari vol 6 hal 29,al itqan vol 1 hal 105).lihatlah kritik2 sahabat2 besar dan pengawasan sahabat2 besar atas proyek penyusunan mushaf usmany.amat jujur,teliti apa yg dilakukan usman,amat ketat pengawasan proyek itu oleh ribuan sahabat,maka pemalsuan mushaf dgn cara membakar adalah cuma dongeng orang2 kafir.

FAKTA KE 6=al qadhi abu muhammad bin athiyyah al andalusy(w 807h)penghafal quran kenamaan berkata:”semasa hidup rasulullah,banyak surah yg sudah di ketahui susunan dan urutannya,seperti 7 surat yg panjang2,surat2 berawalan ha mim,dan surat2 mufashhal.

FAKTA KE 7=ibn abbas pernah bertanya kepada usman bin affan,mengapa surah at taubah(sesudah surah al anfal)tak dicantumkan bismillah?usman menjawab:sampai rasul wafat,tidak dijelaskan apakah al anfal dan at taubah berdampingan atau terpisah.lalu usman berkata:”aku mengira surat at taubah itu merupakan bagian surah al anfal.karenanya dua surah itu ku tempatkan berdampingan.(lihat musnad imam ahmad vol 1 hal 331,hadis no 399).nah,lihat,betapa ketat pengawasan sahabat2 besar atas penyusunan mushaf usman,dan usman sendiri manusia jujur pilihan.maka betapa murninya penyusunan itu.belum lagi pengawasan dari mushaf hafsah dan hapalan2 kaum muslimin.

FAKTA KE 8=semasa rasul saw,quran belum lagi dikumpulkan dalam satu mushaf.hanya tersebar pada riqa,hapalan2.zarkasyi mengatakan:”pada masa rasul,quran tidak tertulis dalam satu mushaf untuk mencegah kemungkinan terjadinya perobahan pada satu waktu.karena itulah penulisannya ditangguhkan hingga quran turun selengkapnya,pada sbt rasul saw pulang ke rahmatullah(burhan vol 1 hal 262).

FAKTA KE 9=setiap ayat yg dicatat disimpan dirumah rasulullah.lalu sahabat2 dan orang2 menyalin masing2 untuk diri mereka,disamping hapalan2.mushaf2 ini yg kelak dibakar usman setelah menyusun mushaf dari patokan mushaf hafsah,untuk MEMPERSATUKAN MUSHAF secara bahan2 murni dari wahyu rasul-kodifikasi abu bakar-mushaf hafsah(kodifikasi abu bakar)…NAH,WAFATLAH RASULULLAH DI GANTI ERA ABU BAKAR SHIDDIQ.maka kini kita memasuki fakta2 KODIFIKASI QURAN MASA ABU BAKAR.

FAKTA KE 1=quran telah rampung ditulis di masa rasul saw.hanya saja ayat2,surah2nya,masih terpisah.orang pertama yg menghimpun quran sesuai kehendak rasul ialah abu bakar.

FAKTA KE 2=abu abdullah al muhasibi(w 243,bahgdad)berkata dalam buku fahmu sunan:”penulisan quran bukan soal baru,karena rasulullah sendiri telah memerintahkan penulisannya.tetapi ketika itu masih tercecer pada berbagai lembaran kulit,dan daun,tulang2 unta dan kambing yg kering,atau pada pelepah2 kurma.kemudian abu bakar shidiq memerintah kan pengumpulannya menjadi sebuah naskah.juga naskah quran yg tertulis pada lembaran2 kulit,yg terdapat dalam rumah rasulujah saat itu masih dalam keadaan terpisah pisah.kemudian dikumpulkan oleh seorang sahabat,lalu di ikatnya dgn tali agar tidak ada yg hilang”.(lihat pula burhal vol 1 hal 238,al itqan vol 1 hal 101)…

FAKTA KE 3=abu bakar shidiq mengkodifikasi quran selepas perang yamamah.dimana 70 penghafal quran dari kalangan sahabat gugur dalam perang itu.umar untuk melestarikan kemurnian quran semurni murninya mengusulkan pengkodifikasian quran menjadi satu naskah.

FAKTA KE 4=perihal dialogh antara abu bakar dan umar soal ini,ada dalam hadis kesaksian zaid bin tsabit riwayat bukhari.hadis ini tercantum di sahih bukhari,juga kitab fadhailul quran bab 3 dan 4,juga di ahkam bab 37,juga musnad imam ahmad vol 1 hal 13,juga thabaqat ibn saad vol 3 bagian 1 hal 201).

FAKTA KE 5=isi hadist itu intinya ketika perang yamamah bertambah sengit.penghafal2 quran banyak yg syahid.umar melihat hal ini mengkhawatirkan buat kemurnian quran kelak.maka umar usul mengkodifikasi quran dalam satu naskah rapi.mula2 abu bakar ragu,lalu akhirnya menerima usulan umar.tugas ini dilaksanakan zaid bin tsabit.

FAKTA KE 6=lalu zaid bin tsabit merasa ini amanah dan tanggung jawab yg besar,lebih berat dari memikul sebuah gunung.maka ia kerjakan amat hati2 dan jujur serta amanah.zaid lalu berkata:”MULAILAH AKU BEKERJA MENELUSURI AYAT2 DAN KU HIMPUN DARI CATATAN2 PELEPAH KURMA,BATU2 DAN DI DALAM DADA PARA PENGHAFAL QURAN.AKHIR SURAT AT TAUBAH KU TEMUKAN PADA ABU KHUZAIMAH AL ANSHARI ,TIDAK ADA PADA ORANG LAIN.YAITU FIRMAN ALLAH…(AT TAUBAH 128-129).LEMBARAN2 ITU BERADA PADA ABU BAKAR HINGGA SAAT WAFATNYA.KEMUDIAN PINDAH KE TANGAN UMAR.DAN SETELAH UMAR WAFAT,SELURUH LEMBARAN ITU DI SIMPAN HAFSAH BINTI UMAR.”.

FAKTA KE 7=pencarian zaid bin tsabit atas akhir surat at taubah maknanya ialah ia ingin memperkuat penyusunan dari sumber tertulis disamping sumber hapalan.zaid bin tsabit adalah juga penghafal quran,dan tahu dan hafal akhir surat at taubah itu.ia begitu teliti hingga mau memurnikan kodifikasi quran selain dgn sumber2 hapalan,juga sumber2 tulisan.pencarian itu buat mencocokkan saja.kodifikasi zaid selesai dalam waktu satu tahun.

FAKTA KE 8=Ali bin abi thalib,salah satu saksi berkata:”semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada abu bakar,orang pertama yg menghimpun kitabullah diantara 2 lauh/yakni lauh mahfuz dan mushaf.(burhan vol 1 hal 239,al mashahif hal 5 karya ibn abi dawud).

FAKTA KE 9=setelah quran rampung dan sempurna dgn kodifikasi cermat dan teliti oleh zaid,abu bakar memerintahkan mencarikan nama naskah ini.di usulkan namanya sifr,tapi abu bakar menolak,karena nama itu biasa dipakai orang2 yahudi.lalu di namakan mushaf,abu bakar setuju.(al itqan vol 1 hal 89)….NAH,ABU BAKAR WAFAT,DI GANTI UMAR,UMAR DI GANTI USMAN.sekarang kita bicarakan FAKTA2 KODIFIKASI QURAN MASA USMAN BIN AFFAN.

FAKTA KE 1)bukhari dalam sahihnya menceritakan dgn isnad ibn syihab dari anas.pasukan islam masa usman sudah sampai di syam dan irak,juga armenia dan azerbayzan.huzaifah al yamani menghadap khalifah usman mengutarakan kekhawatiran tentang perbedaan cara bacaan quran dikalangan kaum muslimin.huzaifah berkata:”ya amirul mukminin,persatukanlah segera umat ini sebelum mereka berselisih mengenai kitabujah sebagaimana yg terjadi dikalangan yahudi dan nasrani.

”FAKTA KE 2=kemudian usman mengirim sepucuk surat kepada hafsah binti umar berisi permintaan agar hafsah mengirim mushaf yg di simpannya AGAR DI SALIN BEBERAPA NASKAH.setelah itu mushaf dikembalikan lagi.lalu hafshah mengirimnya.lalu KHALIFAH USMAN MENUGASKAN ZAID BIN TSABIT(PELAKSANA KODIFIKASI MUSHAF MASA ABU BAKAR,YG KINI IA PEGANG LAGI UNTUK MENYALIN QURAN.),ABDULLAH BIN ZUBAIR,SAID BIN AL ASH DAN ABDURRAHMAN BIN HARIST BIN HISYAM AGAR MENYALIN QURAN MENJADI BEBERAPA NASKAH.nah,lihat donk,begitu banyak saksi2 dan pelaku kodifikasi quran,maka betapa murninya quran sebagai wahyu terjaga.pengerjaan penuh teliti dan cermat.

FAKTA KE 3=usman berpesan pada panitia atau komisi itu.”kalau terjadi perbedaan antara kalian dan zaid bin tsabit mengenai sesuatu tentang quran(mengenai dialekh bacaan,qiraat),maka tulislah menurut dialekh quraisy.karena quran diturunkan dalam bahasa mereka.”lalu mushaf disalin beberapa naskah,lalu mushaf asli dikembalikan ke hafsah.sedang salinannya dikirim ke berbagai wilayah islam.FAKTA KE 4=salah satu sebab usman menyalin penyatuan mushaf adalah perbedaan cara membaca quran

.FAKTA KE 5=komisi yg bertugas menyalin mushaf adalah sahabat2 jujur terpercaya.ORENTIALIS BLACHERE BERKATA:”TAK SEORANG PUN DAPAT MERAGUKAN BETAPA DALAM RASA TANGGUNG JAWAB ANGGOTA2 KOMISI ITU.SEKALIPUN MEREKA BELUM MENGENAL METODA PENELITIAN…NAMUN MEREKA ORANG2 YG SANGAT BERHATI HATI DAN SALEH.”(intr au coran hal 61)…

sejarah kodifikasi quran begitu jelas,bandingkan dengan sejarah kodifikasai perjanjian baru yg gelap dari segi sejarah:

#

PENELITIAN DR DAVID FRIEDRICH STRAUB MENGENAI INJIL2

Dr friedrich straub adalah peneliti injil2 di jaman kebebasan berfikir mulai sedikit ta,pak di eropa.apa penyelidikan beliu mengenai kondisi injil2?simak.dr david friedrich straub berkata:

“apabila kita selidiki penyaksian paling tua tentang munculnya injil2 dan keaslian injil yg kita pakai sekarang,maka amayt nyata bahwa injil2 kita sekarang ini tidaklah di kenal sampai akhir abad ke 2 masehi.dan nanti di sitir oleh bapa2 gereja iranaeus,clement,tertulianus di kartago sebagai karangan2 berjudulkan nama2 apostel dan murid2 mereka.namun pada masa itu amat banyak injil2 seperti injil ibrani,injil mesir,injil petrus,injil bartolomeus,injil thomas,injil matias,injil 12 rasul,dsb.yg bukan saja di pakai oleh keluarga atau perkumpulan2 yang mempercayai bidat,tetapi juga di pergunakan oleh jemaat gereja yg saleh2.namun yg di akui sebagai dasar kepercayaan kristen saat ini hanya 4.injil markus,matius,lukas dan yohanes.KITA BERTANYA:”MENGAPA HARUS 4,TIDAK LEBIH DAN TIDAK KURANG??.IRANAEUS MENJAWAB PERTANYAAN KITA:INJIL ADALAH FONDASI GEREJA,DAN GEREJA TELAH TERSEBAR KE SELURUH DUNIA.SEDANG DUNIA TERDIRI DARI 4 BENUA.MAKA PATUTLAH JIKA DI AMBIL 4 INJIL.KEMUDIAN INJIL ADALAH NAPAS KEHIDUPAN ILAHI,ATAU NAPAS MANUSIA.JIKA DI DUNIA TERDIRI DARI 4 MATA ANGIN,MAKA DENGAN DEMIKIAN INJIL JUGA HARUSLAH 4.ATAU KALAM(LOGOS,FIRMAN)PENCIPTA DUNIA MEMPUNYAI THERUBIM,THERUBIM MEMPUNYAI 4 TUBUH.MAKA LOGOS ITU JUGA MEMBERIKAN KEPADA KITA 4 BUAH INJIL……DEMIKIAN LAH KEPUTUSAN IRANAEUS YANG TIDAK BERDASARKAN AKAL SEHAT DAN TIDAK PULA BERDASARKAN WAHYU ILAHI.BUKANKAH MUNGKIN SAJA TERDAPAT KEBENARAN DALAM INJIL2 LAIN ITU??.PEMBUKTIAN ANEH INI YANG MENJADI DASAR MENGAPA IRANAEUS MENGAMBIL 4 JILID SAJA,TIDAK LEBIH TIDAK KURANG AMATLAH SULIT DI MENGERTI.
(Dr David friedrich strauB,dalam das leben jesu,germany)

KOMENTAR:

jelas kodifikasi injil2 kanonik sekarang atas pemilihan asal2an iranaeus demi kebingungan melihat banyaknya injil2 misterius bertebaran.yesus di selamatkan Allah tahun 29 masehi,lalu orang2 berlomba menulis bermcam2 injil.saya yakin ada sari2 asli injil,tetapi sudah tertutup kabut gelap pemalsuan.keadaan tidak pasti ini berlanjut hingga akhir abad ke 2 masehi.ternyata injil2 pilihan iranaeus penuh kontradiksi satu sama lain.dan penelitian modern menunjukkan bahwa injil matius dan yohanes bukanlah di tulis oleh murid2 yesus.

TERNYATA INJIL MATIUS YANG ASLI LEBIH TIPIS DI SEKITAR ABAD KE 2 MASEHI.

DR DAVID FRIEDRICH SRRAUB BERKATA LAGI:

kita harus meninjau dokumen2 yang paling tua tentang asal usul injil.untuk injil yg pertama yakni injil matius,kita mendapat keterangan dari seorang penulis sejarah gereja yg bernama eusebius yg hidup pada jaman kaisar kostantinus(273-337).eusebius berkata,bahwa papias yg menjadi uskup hierapolis sekitar tahun 161-180 yg mendapatkan cerita dari bapa2 gerja yg tertua tentang murid2 yesus mengatakan:MATIUS TELAH MENULIS AMSAL2(PERKATAAN) DARI YESUS DAN MENTERJEMAHKAN SEDIKIT MENURUT KESANGGUPANNYA.bahwa matius telah menulis dalam bahasa ibrani.atau lebih tepat lagi,bahasa daerah aramea yg ada pada masa itu.di buktikan dengan petikan2 yg di buat oleh bapa2 gerja kemudian,dengan catatan matius telah menulisnya di palestina dan eusebius mengatakan bahwa matius melakukannya karena ia hendak pindah dari negri yahudi.HIERONYMUS MENAMBAHKAN,SIAPA YG KEMUDIAN MENTERJEMAHKAN INJIL DARI BAHASA IBRANI INI KE BAHASA YUNANI ORANG TIDAK TAHU MENAHU.NAMUN UMUM MENGANGAP,BAHWA INJIL MATIUS YG DI KATAKAN PAPIAS ITU SEBAGAI INJIL MATIUS YG ASLI…INJIL MATIUS SEKARANG INI ASAL TERJEMAHAN KE DALAM BAHASA YUNANI.TETAPI YG SANGAT MENGHERANKAN IALAH, PAPIAS MENGATAKAN BAHWA YANG DI TULIS OLEH MATIUS HANYALAH AMSAL.JADI SESUAI DENGAN APA YG DI KATAKAN OLEH SCHLEIRMACHER(KRISTOLOG JERMAN)MAKA TULISAN2 MATIUS DALAM BAHASA IBRANI ITU BUKANLAH MERUPAKAN INJIL YG LENGKAP SEPERTI YG ADA SEKARANG.
(das leben jesu)

KOMENTAR:

ini bukti telak lagi pemalsuan injil.dalam hal ini mengambil sampel injil matius.ternyata injil asli matius berbahsa ibrani lebih tipis menurut penyaksian papias.maka dalam perjalanan waktu menjadi bertambah tebal oleh karena penambahan2 atau pemalsuan2 oleh pihak gereja paulin tuk memenangkan faham mereka.penelitian modern menolak injil matus karangan rasul matius.TRAGISNYA,INJIL MATIUS ASLI BERBAHASA IBRANI HILANG LENYAP DARI MUKA BUMI,SEHINGGA PEMALSU MAKIN LELUASA KETIKA KITAB MASTERNYA TELAH HILANG.