Para pengkritik quran menyatakan quran telah salah dari segi sains dengan berkata bumi di ciptakan terlebih dahulu di banding langit.mereka mendasar kan pada ayat quran bahwa bumi di ciptakan Allah terlebih dulu baru kemudian langit.padahal usia langit lebih tua dari usia bumi menurut katanya penelitian sains.benarkah analisa mereka?sayang,analisa mereka terlalu dangkal.mana yang sesungguh nya di ciptakan lebih dahulu?langit atau bumi?coba saya ketengahkan beberapa pendapat sbb:

1)Bumi lebih dulu di ciptakan 4 masa,baru kemudian langit di ciptakan 2 masa.

2)atau di ciptakan dulu langit baru bumi?atau cuma Allah yang maha tahu atas segala peristiwa penciptaan langit dan bumi.saya akan menunjuk kan bahwa quran sesungguh nya bebas dari pertentangan sains.

berikut saya copas dulu ayat-ayat nya:

1)Baqarah(2)29.

Al-Baqarah:29

هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَ لَكُم مَّا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًۭا ثُمَّ ٱسْتَوَىٰٓ إِلَى ٱلسَّمَآءِ فَسَوَّىٰهُنَّ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍۢ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۭ

Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

2)Surat Fussilat(41)9-12.

Al-Fushshilat:9

۞ قُلْ أَئِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ بِٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَرْضَ فِى يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُونَ لَهُۥٓ أَندَادًۭا ۚ ذَٰلِكَ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”.

وَجَعَلَ فِيهَا رَوَٰسِىَ مِن فَوْقِهَا وَبَٰرَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَآ أَقْوَٰتَهَا فِىٓ أَرْبَعَةِ أَيَّامٍۢ سَوَآءًۭ لِّلسَّآئِلِينَ

Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

ثُمَّ ٱسْتَوَىٰٓ إِلَى ٱلسَّمَآءِ وَهِىَ دُخَانٌۭ فَقَالَ لَهَا وَلِلْأَرْضِ ٱئْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًۭا قَالَتَآ أَتَيْنَا طَآئِعِينَ

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.

فَقَضَىٰهُنَّ سَبْعَ سَمَٰوَاتٍۢ فِى يَوْمَيْنِ وَأَوْحَىٰ فِى كُلِّ سَمَآءٍ أَمْرَهَا ۚ وَزَيَّنَّا ٱلسَّمَآءَ ٱلدُّنْيَا بِمَصَٰبِيحَ وَحِفْظًۭا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Perhatikan ayat di atas:sebelum langit 7 lapis belum di ciptakan dan di bentuk,telah ada materi asap sebelum itu.itu berarti sebelum 7 lapis langit belum di ciptakan dan di bentuk selama 2 masa,sudah ada materi lain sebelumnya.ini membuat kita bisa menuju ke penafsiran bahwa usia alam raya lebih tua dari usia bulatan bumi menurut quran.

Alam raya lama yang berupa materi asap,yg mungkin tak terikat ruang dan waktu,langit yang belum terbentuk(di ciptakan) 7 lapisan=))di ciptakan bumi(4 masa)=))dari lingkup materi

alam raya lama berupa asap,di ciptakan/di bentuk 7 lapis langit selama 2 masa.

maka,kenyataan nya,quran tak secara tegas menyatakan bumi di cipta lebih dulu,baru langit di cipta kemudian.cuma Allah yang maha tahu di antara dua itu mana yang di ciptakan terlebih dahulu.perhatikan baik-baik potongan ayat ini:

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa.

Perhatikan bold biru menunjukkan sebelum langit di ciptakan(dalam arti di bentuk 7 lapis),sesungguhnya materi langit telah ada lebih dulu,namun belum lagi berbentuk lapisan 7 petala langit.maka penciptaan langit berati membentuk langit menjadi 7 lapisan.sebelum itu belum lagi tercipta seperti itu.langit dan bumi di ciptakan 6 masa,4 masa bumi,2 masa 7 petala langit.materi sebelum bumi dan 7 lapis langit adalah materi asap atau materi langit yang belum lagi terbentuk menjadi 7 lapisan langit.darui penjabaran ini quran tak dapat di tafsirkan mentah-mentah bahwa usia bumi lebih tua dari langit.maka,kesalahan sains yang di tuduh kan pada quran terbantah.kedangkalan menafsir makna2 quran yang tersembunyi membuat kesalahan para penuduh.

Akhirnya,cuma Allah yang maha tahu sebenar nya berapa usia langit,bumi dan apa yang terjadi saat penciptaan.suatu teori sains tak lah kekal,maka itu tak layak menggugat quran secara eksakta 100%.akhirnya,tulisan saya ini cuma langkah  awal menggali rahasia quran mengenai penciptaan langit dan bumi.

 

Jika kristen mengkritik tentang quran dan sains,harusnya mereka lebih tahu diri,sebab,kesalahan bible tentang penciptaan amat telak dan memalukan.alasan kesalahan itu karena kesalahan penulis alkitab terbantah dengan kenyataan bahwa semua narasi itu yang berkata-kata adalah FIRMAN ALLAH.

About these ads