PENGERTIAN ROH DALAM AL-QURAN

Berikut pengertian roh dalam al-quran,sbb:

1)ROH ADALAH TENAGA AKTIF ALLAH YANG MELIPUTI ALAM SEMESTA,LANGIT DAN BUMI

Roh Allah BUKAN  berarti Allah itu berupa roh murni.Roh Allah adalah berarti tenaga aktif Allah yang meliputi alam semesta,langit dan bumi.seperti aliran listrik yang menyalakan dan menggerak kan sesuatu.contohnya peran roh(tenaga aktif Allah dalam penciptaan nabi Adam as.

idz qaala rabbuka lilmalaa-ikati innii khaaliqun basyaran min thiin

[38:71] (Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah”.

fa-idzaa sawwaytuhu wanafakhtu fiihi min ruuhii faqa’uu lahu saajidiin

[38:72] Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya”.

pada ayat di atas dapat kita jelaskan dalam 2 aspek:

A) Adam di bentuk dari tanah,lalu di sempurnakan kejadian nya,lalu Allah tiupkan roh Allah kepada Adam hingga hidup.maksudnya Allah tiupkan tenaga aktif Allah yg maha mencipta segalanya untuk menghidupkan jasad tanah adam.roh(tenaga kekuasaan Allah )itu sangat luar biasa,adam yang tadinya tanah maka kini berbentuk daging,darah dengan milyaran sel2 tubuhnya,berikut pikiran,perasaan,intelegensia,dst.

B)Adam di bentuk dari tanah,lalu di sempurnakan kejadian nya,lalu Allah tiupkan roh ciptaan Allah ke jasad tanah adam hingga ia hidup.maka pengertian nya serupa dengan tenaga aktif Allah,yakni dengan kuasa Allah terciptalah roh itu.

kedua pengertian di atas sama2 benarnya.

setelah Adam meninggal,milyaran keturunan nya waktu di kandung menjadi bayi,Allah menghidupkan janin itu juga melalui tiupan roh Allah,tiupan tenaga aktif dan kekuasaan Allah.

alladzii ahsana kulla syay-in khalaqahu wabada-a khalqa l-insaani min thiin

[32:7] Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

tsumma ja’ala naslahu min sulaalatin min maa-in mahiin

[32:8] Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.

tsumma sawwaahu wanafakha fiihi min ruuhihi waja’ala lakumu ssam’a wal-abshaara wal-af-idata qaliilan maa tasykuruun

[32:9] Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

Ayat di atas juga ada 2 aspek analisa yang sama2 benar dan sejalan dengan seperti di atas:

A) saripati air hina/mani masuk ke rahim,lalu Allah meniupkan “roh Allah” ke janin itu hingga janin itu menjadi manusia yang hidup.roh Allah itu adalah tenaga aktif Allah dalam kekuasaan -Nya menghidupkan janin yang dulu nya benda mati,lalu menjadi hidup.

B) mani masuk ke rahim menjadi janin,lalu Allah dengan tenaga kuasa _nya yang sangat aktif menciptakan roh yg di tiupkan ke janin manusia hingga janin itu menjadi hidup.jadi pengertian nya sama dan sejalan dengan point 2 di atas…….jadi roh Allah ialah:tenaga maha dahsyat Allah,kuasa Alla,tenaga aktif Allah dst hingga dapat menghidupkan tanah,janin,dst.roh Allah juga berarti roh ciptaan Allah dari tenaga kuasa Allah.semua pengertian itu sama dan sejalan.

ROH ADALAH TENAGA AKTIF PENCIPATAAN ALLAH YANG MENJADIKAN MALAIKAT JIBRIL

Jadi,malaikat jibril adalah Ruhul kudus,artinya ialah:malaikat jibril adalah tenaga aktif Allah yang berupa utusan.jadi roh Allah(tenaga aktif Allah)di taruh pada malaikat jibril sehingga malaikat jibril di beri gelar ruhul kudus dan juga ruhul amin.

tenaga aktif Allah(roh Allah)dapat menciptakan macam2 hal seperti:

a)roh Allah membuat tanah menjadi benda hidup berupa manusia.(38:71-72)

b)roh Allah membuat janin dari saripati mani yg tadinya benda mati menjadi benda hidup sepert manusia(32:7-9)

c)roh Allah membuat/menciptakan malaikat jibril.maka jibril di sebut ruhul kudus,artinya:mahluk yg tercipta dar roh Allah(tenaga kekuasaan Allah).

qul nazzalahu ruuhu lqudusi min rabbika bilhaqqi liyutsabbitalladziina aamanuu wahudan wabusyraa lilmuslimiin

[16:102] Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.

malaikat jibril di sebut ruhul kudus karena ia di ciptakan dari tenaga aktif(roh)Allah.gelar ini nampaknya khusus di berikan kepada malaikat jibril dalam quran,jika berbentuk mahluk yg bernama malaikat.dan roh Allah atau juga sama di sebut sebagai ruhul kudus adalah secara umum semua kuasa dan tenaga aktif Allah di alam raya semesta ini.malaikat jibril adalah penjelmaan roh/ruhul kudus(tenaga aktif)Allah.karena malaikat jibril di bentuk dan di ciptakan dengan kuasa Allah.

fattakhadzat min duunihim hijaaban fa-arsalnaa ilayhaa ruuhanaa fatamatstsala lahaa basyaran sawiyyaa

[19:17] maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami901 kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

jibril di sebut roh kami(Allah)karena ia tercipta dari roh Allah(tenaga aktif atau kuasa penciptaan Allah).tampak di situ,jibril di sebut roh,juga rohul kudus.jibril adalah roh(penjelmaan tenaga aktif/ciptaan Allah)yang bergelar ruhul kudus,gelar selain itu dalah ruhul amin(26:193)

wamaryama ibnata ‘imraanallatii ahsanat farjahaa fanafakhnaa fiihi min ruuhinaa washaddaqat bikalimaati rabbihaa wakutubihi wakaanat mina lqaanitiin

[66:12] dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang ta’at.

malaikat jibril adalah ruhul kudus,dengan kuasa Allah,roh kudus itu(malaikat jibril) membawa roh ciptaan Allah yg kelak akan menjadi nabi isa alaihis salam.maka roh kudus meniupkan roh ciptaan Allah itu ke dalam rahim maryam,jadilah isa tampa ayah hanya karena peran roh dari Allah.

yaa ahla lkitaabi laa taghluu fii diinikum walaa taquuluu ‘alaallaahi illaa lhaqqa innamaa lmasiihu ‘iisaa ibnu maryama rasuulullaahi wakalimatuhu lqaahaa ilaa maryama waruuhun minhu faaaminuu bilaahi warusulihi walaa taquuluu tsalaatsatun intahuu khayran lakum innamaallaahu ilaahun waahidun subhaanahu an yakuuna lahu waladun lahu maa fii ssamaawaati wamaa fii l-ardhi wakafaa bilaahi wakiilaa

[4:171] Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu383, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, ‘Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya384 yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya385. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan : “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.

nabi isa itu di ciptakan dari kalimat Allah:KUN(JADILAH),sesuatu mustahil pun terrjadi.dan isa bin maryam di ciptakan dari ROH DARI-NYA(ROH ALLAH),artinya nabi isa di ciptakan langsung dari tenaga aktif Allah(roh Allah),tenaga aktif Allah(roh Allah)menciptakan roh yg akan di kirim ke rahim maryam,di bawa oleh roh kudus(malaikat jibril).

ROH ADALAH TENAGA AKTIF ALLAH DAN MALAIKAT JIBRIL YANG MENYERTAI NABI ISA AS

walaqad aataynaa muusaa lkitaaba waqaffaynaa min ba’dihi birrusuli waaataynaa ‘iisaa ibna maryama lbayyinaati wa-ayyadnaahu biruuhi lqudusi afakullamaa jaa-akum rasuulun bimaa laa tahwaa anfusukumu istakbartum fafariiqan kadzdzabtum wafariiqan taqtuluun

[2:87] Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mu’jizat) kepada Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus69. Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu menyombong; maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?

tilka rrusulu fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin minhum man kallamallaahu warafa’a ba’dhahum darajaatin waaataynaa ‘iisaa ibna maryama lbayyinaati wa-ayyadnaahu biruuhi lqudusi walaw syaa-allaahu maa iqtatalalladziina min ba’dihim min ba’di maa jaa-at-humu lbayyinaatu walaakini ikhtalafuu faminhum man aamana waminhum man kafara walaw syaa-allaahu maa iqtataluu walaakinnallaaha yaf’alu maa yuriid

[2:253] Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya158 beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada ‘Isa putera Maryam beberapa mu’jizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus159. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada diantara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.

idz qaalallaahu yaa ‘iisaa ibna maryama udzkur ni’matii ‘alayka wa’alaa waalidatika idz ayyadtuka biruuhi lqudusi tukallimu nnaasa fii lmahdi wakahlan wa-idz ‘allamtuka lkitaaba walhikmata wattawraata wal-injiila wa-idz takhluqu mina ththhiini kahay-ati ththhayri bi-idznii fatanfukhu fiihaa fatakuunu thayran bi-idznii watubri-u l-akmaha wal-abrasha bi-idznii wa-idz tukhriju lmawtaa bi-idznii wa-idz kafaftu banii israa-iila ‘anka idz ji/tahum bilbayyinaati faqaalalladziina kafaruu minhum in haadzaa illaa sihrun mubiin

[5:110] (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai ‘Isa putra Maryam, ingatlah ni’mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata”.

penguatan nabi isa dengan roh kudus artinya ialah:

A)waktu penciptaan di rahim,nabi isa di datangi roh kudus(jibril) yg membawa roh ciptaan Allah,lalu oleh malaikta jibril roh itu di tiupkan ke rahim maryam.

B)sepanjang hidup isa,malaikat jibril dan tenaga aktif/kuasa Allah mendampingi nabi isa dalam menolong dan melakukan mukjizat2,dst.

ROH ADALAH NYAWA MANUSIA YANG BER SATU DENGA BADAN

roh juga berarti nyawa manusia yg bersatu dsengan badan.roh Allah(tenaga aktif Allah,tenaga cipta dan kuasa Allah)menciptakan lagi beberapa roh,antara lain nyawa manusia.

wa-idzaa nnufuusu zuwwijat

[81:7] dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh)

roh Allah(tenaga aktif,tenaga cipta dan kuasa Allah) menciptakan lagi beberapa roh(tenaga2 aktif,kuasa Allah yg memecah kecil2 di seluruh penjuru alam semesta)

a)roh nabi adam(32:9)

b)roh manusia(32:7-9)

c)roh kudus/malaikat jibril

d)roh nabi isa

semua itu tenaga aktif/kuasa Allah yg menyebar pada mahluk2-Nya.

ROH ADALAH CIPTAAN ALLAH YANG KELAK BERDIRI BER-SHAF-SHAF PADA HARI KIAMAT

yawma yaquumu rruuhu walmalaa-ikatu shaffan laa yatakallamuuna illaa man adzina lahu rrahmaanu waqaala shawaabaa

[78:38] Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.

roh yg berdiri itu ada beberapa penafsiran,yakni roh kudus/malaikat jibril atau bisa juga roh para manusia.semua itu di ciptakan dari roh Allah.

About these ads